| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Tanda-Tanda Anda Siap Menjadikan Hobi Anda Sebagai Bisnis

PELAKU UKM - Hobi. Anda sangat enjoy dengan hobi Anda, apakah itu hobi memasak, menjahit pakaian bayi, membuat miniatur dari bahan kayu atau bahkan sekedar membuat lukisan. Dan mungkin Anda sudah mulai mendapatkan sedikit uang dengan menjual barang-barang tersebut. Lalu, kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk membawa hobi Anda ke tingkat berikutnya dan membangun suatu bisnis yang nyata?

tips bisnis, ide usaha

Bisnis yang berasal dari hobi tentunya akan menjadi suatu bisnis sampingan yang menjanjikan. Kenapa? Karena Anda menjalaninya sepenuh hati. Setiap orang pasti merasa enjoy jika sedang menjalani hobinya. Dan ketika sebuah hobi berubah menjadi sebuah bisnis, Anda tidak sedang bekerja, tapi hanya menjalani hobi, namun dibayar. Menyenangkan bukan?

Berikut adalah 5 tanda-tanda bahwa sudah waktunya untuk menjadikan hobi Anda sebagai sebuah bisnis yang menyenangkan.

Anda semakin sibuk memenuhi pesanan

Awalnya Anda mungkin hanya membuat produk untuk teman-teman dan keluarga, tapi sekarang Anda semakin sibuk menerima pesanan dan mulai kesulitan memenuhi permintaan. Jika hobi Anda mulai mengambil alih dunia Anda, mungkin sudah saatnya untuk mulai fokus pada hobi tersebut dan menjadikannya sebagai bisnis.

Penghasilan dari hobi mengalahkan penghasilan dari pekerjaan Anda

Ini adalah pertanda yang fantastis bahwa Anda siap untuk suatu kepemilikan bisnis. Jika keuntungan dari hobi Anda ternyata lebih besar dari gaji Anda, mungkin sudah saatnya untuk menjadikan hobi sebagai pekerjaan Anda dan mulai fokus pada pengembangan bisnis baru Anda.



Anda berinvestasi cukup besar pada hobi Anda

Jika Anda sudah menghabiskan banyak bahan dan perlengkapan untuk hobi Anda, itu merupakan investasi biaya yang Anda keluarkan seperti jika Anda sedang membangun sebuah bisnis. Selalu catat pengeluaran yang Anda buat, karena akan berguna setelah Anda memulai bisnis Anda.

Anda memasangnya di pasar online

Jangan mengobral hobi Anda hanya karena Anda menjualnya di OLX misalnya. Ada ratusan ribu penjual yang menjual melalui OLX. Meskipun omsetnya bervariasi dari satu penjual dengan penjual yang lain, OLX (juga Berniaga dan Tokopedia) adalah tempat yang bagus untuk tes pasar bagi bisnis Anda.

Anda punya pola pikir bisnis

Anda berpikir seperti seorang entrepreneur. Anda terus-menerus menciptakan ide-ide baru pada produk Anda. Jika itu  ada pada diri Anda, maka Anda siap untuk memiliki bisnis sendiri. Tidak ada yang menghentikan diri Anda kecuali diri Anda sendiri.

Setelah itu semua sudah Anda miliki, lalu apa-apa saja yang harus Anda siapkan?

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat suatu pergeseran mental untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis. Sekarang Anda punya lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, seperti :

Pertama, mencari informasi untuk melihat apa sudah ada orang lain yang menggunakan nama yang Anda inginkan. Jika ternyata belum ada, Anda bisa mengajukan DBA atas nama yang Anda inginkan.
Selanjutnya, menentukan bentuk usaha Anda. Umumnya "CV" merupakan pilihan yang populer bagi pebisnis pemula
Kemudian, mengurus NPWP. Ini gratis.
Setelah itu, membuka rekening giro bisnis. Hal ini akan menjaga keuangan Anda tetap terpisah dengan rekening pribadi Anda.
Selanjutnya, mengurus semua izin usaha yang Anda butuhkan.
Kemudian, buat rencana bisnis Anda. Termasuk bagaimana Anda akan memasarkan bisnis Anda dan apa yang Anda butuhkan untuk melakukan itu.

Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment