| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Melatih Entrepreneurship (Kewirausahaan) Pada Anak

melatih bisnis anak
PELAKU UKM - Entrepreneur. Apakah Anda memiliki buah hati? Apakah Anda berkeinginan anak-anak Anda kelak bisa memulai bisnis mereka sendiri satu hari nanti atau mungkin bahkan mampu mengubah dunia dengan inovasi yang bisa mengubah kehidupan orang banyak?

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari 40% anak usia SD-SMP mempunyai keinginan untuk menjadi pengusaha (43%) atau menciptakan sesuatu yang dapat mengubah dunia (42%). 

Ada beberapa indikasi yang cukup menggembirakan yang menunjukkan bahwa kemungkinan cita-cita mereka ini lebih mungkin untuk menjadi kenyataan daripada beberapa tahun lalu. Sekarang ini, hampir 6 dari 10 siswa yang disurvei mengatakan bahwa sekolah mereka memberi dukungan serta memberikan fasilitas pada mereka untuk mengambil kelas-kelas yang mendukung upaya untuk memulai dan menjalankan bisnis di masa yang akan datang. Meski belum semua sekolah, namun ini tetap merupakan suatu indikasi positif.

Tapi kondisi tersebut ternyata juga sulit. Kesulitan tersebut justru datang dari kondisi lingkungan sehari-hari anak-anak tersebut. Pengalaman pada kehidupan sehari-hari anak-anak sekarang ini justru yang sangat berpotensi menghambat cita-cita mereka. Hanya 22% anak-anak yang memiliki pengalaman aktual dalam dunia bisnis atau kewirausahaan.



Memiliki pengalaman dalam dunia bisnis dan kewirausahaan merupakan faktor penentu apakah seseorang kemudian akan mulai bisnisnya sendiri kelak. Karenanya, hampir sebagian besar perusahaan biasanya dikelola oleh sebuah keluarga, karena mereka saling menularkan pengalaman dalam berbisnis. Teori ini juga lahir dari temuan yang didapat dari studi yang dilakukan pada orang-orang yang orangtuanya memiliki bisnis ternyata lebih cenderung ingin menjadi pengusaha.

Lalu apa kaitannya semua itu dengan Anda? Jika kita ingin menghasilkan pengusaha-pengusaha generasi berikutnya, apakah itu putra atau putri Anda, keponakan atau mungkin cucu-cucu Anda, kita harus berani mengambil tanggung jawab untuk membantu mereka belajar tentang bisnis. Dengan mempekerjakan orang muda yang ingin memulai bisnis suatu hari nanti tentu akan memberikan keuntungan bagi Anda berdua. Anda mendapatkan karyawan yang penasaran dan termotivasi untuk belajar, di mana Anda bisa menjelaskan sudut pandang Anda dan mengapa Anda melakukan hal-hal yang Anda lakukan dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Mereka mendapatkan pengalaman langsung dan juga kesempatan untuk membuat sebuah perbedaan dalam bisnis di usia muda.

Apakah Anda mengenali sosok muda ingin memulai bisnis seperti itu? Perhatikan apakah mereka tertarik untuk belajar dari diri Anda. Apakah Anda ingin mempekerjakannya? Carilah karyawan atau tenaga magang dari kalangan anak-anak sekolah atau perguruan tinggi untuk mengambil keuntungan dari energi dan antusiasme para karyawan muda ini...

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment