| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

7 Elemen Inspirasi Dari Steve Jobs

7 Elemen Inspirasi Dari Steve Jobs

MOTIVASI BISNIS- Steve Jobs. Steve Jobs adalah salah satu sosok pengusaha sukses dunia yang secara universal banyak orang yang membenci, namun banyak juga yang mengidolakan dirinya. Tapi terlepas dari itu semua tidak ada orang yang meragukan kemampuannya dalam berinovasi di dunia produk teknologi selama bertahun-tahun. Dia berperan penting dalam menciptakan dan mendirikan Apple, yang kemudian tumbuh menjadi sebuah perusahaan yang selalu berhasil dalam mempelopori munculnya produk-produk baru yang menawan sekaligus canggih, bahkan melampaui Microsoft, dan menjadikannya menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia.


Carmine Gallo, dalam bukunya, "The Inovation Secret of Steve Jobs," menguraikan mengenai beberapa "prinsip-prinsip gila dan berbeda dalam membuat terobosan sukses" yang dimiliki oleh Steve Jobs. Carmine merangkumnya ke dalam tujuh prinsip, yang sangat bagus bagi setiap pengusaha sebagai  pembelajaran diri.
  • Lakukan apa yang Anda cintai. Berpikirlah secara berbeda terhadap karir Anda. Selama hidupnya, Steve Jobs selalu mengikuti kata hatinya, dan itulah yang membuat semua perbedaan yang dihasilkannya. Inovasi tidak dapat terjadi tanpa adanya gairah, karena tanpa adanya gairah Anda hanya memiliki sedikit harapan untuk bisa menciptakan ide-ide terobosan.
  • Buat sesuatu yang berbeda. Berpikirlah secara berbeda mengenai visi Anda. Jobs selalu tertarik terhadap orang-orang yang senang berbagi visi dan yang membantu upaya untuk mengubah ide-ide menjadi sebuah inovasi yang akan mengubah dunia.
  • Paksa terus kemampuan otak Anda. Berpikir secara berbeda adalah mengenai bagaimana Anda berpikir. Inovasi tidak akan ada tanpa kreativitas, dan bagi Steve Jobs, kreativitas adalah tindakan yang saling menghubungkan hal satu dengan lainnya. Jobs percaya bahwa satu set pengalaman yang luas akan mampu memperluas pemahaman tentang pengalaman manusia.
  • Menjual mimpi, bukan produk. Berpikir secara berbeda mengenai pelanggan Anda. Bagi Jobs, orang yang membeli produk Apple bukanlah seorang "konsumen." Mereka adalah orang-orang yang memiliki mimpi, harapan, dan ambisi. Jobs membangun suatu produk untuk membantu mereka mewujudkan impian mereka.
  • Katakan tidak untuk 1.000 hal. Berpikir secara berbeda terhadap desain. Menurut Jobs, kesederhanaan adalah kecanggihan tertinggi. Dari desain iPod ke iPhone, dari kemasan produk Apple hingga fungsi situs web Apple, inovasi berarti menghilangkan yang tidak perlu sehingga hanya yang diperlukan saja yang menunjukkan hasil akhirnya.
  • Menciptakan pengalaman-pengalaman besar yang gila. Berpikir secara berbeda terhadap pengalaman merek Anda. Jobs membuat Apple Store sebagai standar utama dalam pelayanan pelanggan. Apple store telah menjadi retailer terbaik di dunia dengan memperkenalkan inovasi sederhana yang memungkinkan bagi bisnis apapun untuk dapat mengadopsinya dan bisa membangun hubungan emosional secara mendalam dengan pelanggan mereka.
  • Menguasai pesan yang disampaikan. Berpikir secara berbeda mengenai cerita Anda. Jobs adalah sosok pendongeng besar, mengubah peluncuran produk menjadi sebuah bentuk seni. Anda dapat memiliki ide yang paling inovatif di dunia, tetapi jika Anda tidak bisa membuat orang antusias terhadap hal itu, semuanya percuma bukan?
Carmine menyarankan bahwa prinsip-prinsip ini merupakan inovasi terobosan hanya akan bekerja jika Anda melihat diri Anda sebagai merek, sebagai sebuah brand. Apakah Anda seorang pengusaha rumahan, atau pemilik usaha kecil yang masih mencari ide untuk meningkatkan bisnis Anda, Anda mewakili suatu brand, yakni diri Anda sendiri.

Bagaimana Anda berbicara, berjalan, dan bertindak mencerminkan pada merek, mencerminkan pada diri Anda, dan siapa Anda sebenarnya. Yang paling penting, bagaimana Anda menilai mengenai diri Anda dan bisnis Anda akan memiliki dampak terbesar pada penciptaan ide-ide baru yang akan mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan kehidupan para pelanggan Anda.

Dengan demikian Anda perlu melihat ke dalam diri Anda terlebih dahulu dan menilai potensi-potensi dasar Anda. Lalu, bayangkan apa yang bisa dicapai dalam bisnis dengan wawasan dan inspirasi yang Anda miliki. Bayangkan apa yang bisa Anda capai jika Steve Jobs ada di samping Anda membimbing keputusan Anda. Apa yang akan Steve Jobs lakukan? Dengan mengikuti prinsip-prinsip di atas mungkin Anda juga bisa seperti Steve Jobs.

Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment