| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Baru Memulai Bisnis? Hindari 4 Kesalahan Ini

PELAKU UKM - Memulai Bisnis. Kita semua berada di jaman yang serba cepat, di mana usaha kecil tampaknya akan bermunculan dari kiri, kanan, dan (sangat cepat) secara online. Jika Anda sudah merasa siap untuk memulai bisnis kecil Anda, selamat! Anda akan memulai salah satu petualangan yang paling menarik tentunya. Untuk memastikan bahwa hal itu akan menjadi sebuah petualangan yang bagus dan bukan menjadi sekadar cerita horor, maka penting bagi Anda untuk menghindari empat kesalahan yang biasa dilakukan oleh pelaku usaha kecil berikut ini.

tips usaha, trik bisnis
Gagal dalam memahami keuangan bisnis

Banyak orang memulai bisnis karena mereka siap untuk bekerja untuk diri mereka sendiri dan mereka didorong oleh suatu keinginan yang kuat. Dan itu adalah hal yang baik! Tapi ada lebih banyak lagi yang dibutuhkan dari sekedar semangat untuk menjalankan bisnis yang sukses, dan salah satunya adalah pemahaman mengenai keuangan bisnis. Dua dari lima perangkap yang sering membuat pemilik usaha kecil terperangkap itu melibatkan kurangnya pemahaman yang tepat mengenai keuangan bisnis: kegagalan dalam mengembangkan rencana bisnis serta anggaran, dan perhitungan akuntansi yang kurang memadai.

Sebuah pemahaman mengenai dasar keuangan bisnis dimulai dengan mengetahui cara membaca laporan keuangan bisnis umum, seperti laporan cash flow misalnya. Kenyataannya 95% dari pemilik usaha kecil ternyata tidak tahu bagaimana membaca laporan cash flow, yang mengarah ke masalah yang di mana kebanyakan orang terlalu berfokus pada penjualan dan keuntungan, dan cenderung melupakan cash flow.

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli keuangan, tetapi Anda harus cukup tahu tentang keuangan bisnis untuk dapat membaca laporan Anda dan menilai posisi keuangan Anda.



Tidak melakukan penelitian

Seberapa jauh Anda benar-benar tahu mengenai target pasar Anda? Apakah Anda tahu siapa pelanggan Anda? Apakah Anda tahu siapa pesaing Anda? Anda mungkin memiliki ide bagus untuk sebuah kedai kopi baru, tetapi jika sudah ada tiga kedai kopi di lingkungan Anda, mungkin tidak ada orang yang aka datang pada kedai keempat. Bagi banyak bisnis, persaingan juga dapat mencakup perusahaan online dari berbagai belahan dunia serta perusahaan-perusahaan yang menawarkan alternatif produk. Dengan melakukan penelitian yang memadai akan memberi dampak positif yang sangat penting sebelum Anda berkomitmen atas waktu pribadi Anda dan juga uang Anda untuk memulai bisnis.

tips bisnis, trik usaha
Tidak mencatat segala sesuatu secara tertulis

Akan lebih baik jika kita bisa saling percaya hanya berdasarkan kata-kata dan jabat tangan, tapi sayangnya semua itu tidak mungkin terjadi, terutama dalam dunia bisnis. Ketika Anda berada dalam suatu perjanjian, kemitraan, dan kontrak, atau bahkan dengan orang yang Anda kenal lama, pastikan untuk mencatat segala sesuatu secara tertulis. Ini mungkin akan menimbulkan kesan tidak percaya jika harus meminta teman-teman dan kenalan Anda untuk menandatangani perjanjian secara formal, tetapi sebagai pemilik usaha kecil, Anda akan kehilangan banyak hal jika terjadi kesalahan di tengah perjalanan nanti. Lebih baik memilih jalan aman daripada menyesal kemudian, bukan?

Tidak menyediakan waktu untuk kegiatan non-bisnis

Sebagai pemilik (dan mungkin juga satu-satunya karyawan) dari sebuah bisnis kecil yang baru, Anda pasti tidak atau belum mempunyai suatu hal yang mengganggu dalam menjalankan bisnis Anda. Anda mungkin bisa bekerja selama 24 jam sehari dan masih bisa melakukan hal lainnya. Tapi tentunya Anda tidak bisa bekerja 24 jam sehari secara full. Dedikasikanlah waktu dan energi untuk memastikan bisnis Anda tumbuh dan berhasil, tetapi bukan seluruh hidup Anda. Jika Anda melakukannya, Anda tidak akan pernah merasa cukup. Latihan, makan sehat, dan sisakan waktu untuk kegiatan keluarga dan juga liburan. Pekerjaan Anda akan lebih efektif jika Anda meluangkan waktu sesekali untuk membersihkan kepala Anda.

Tidak ada jaminan bahwa bisnis kecil Anda akan berhasil, tapi dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum di atas setidaknya akan menempatkan Anda pada jalur yang benar.

Semoga bermanfaat.
Amin..



0 komentar:

Post a Comment