| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Peluang Bisnis Ternak Unggas

PELUANG BISNIS - Ternak Unggas. Bisnis ternak di Indonesia memiliki keragaman jenis yang tersebar di berbagai wilayah dari ujung barat hingga ujung timur negeri. Setiap wilayah memiliki usaha ternak andalan masing-masing, bergantung pada kondisi alam daerah tersebut. Namun secara umum, peternakan memiliki peluang bisnis yang tidak pernah kehabisan pangsa pasar.


Diantara berbagai jenis ternak tersebut, bisnis ternak unggas adalah salah satu primadona di kalangan para perternak. Peluang bisnis ternak unggas selalu bersinar sepanjang tahun, dan mencapai puncaknya pada hari-hari tertentu seperti hari raya keagamaan dan tahun baru.

Berikut ini peluang bisnis ternak unggas yang paling bersinar sekarang ini :

Ternak bebek hibrida

Usaha budidaya ternak bebek ini semakin ramai dibicarakan sejak 10 tahun terakhir ini. Meskipun komoditi daging bebek sudah lama dikenal oleh masyarakat, bebeklebih banyak diternakkan untuk diambil telurnya. Baru pada kurun waktu 10 tahun terakhir ini mulai banyak peternak unggas yang serius menggarap bisnis ternak bebek.

Hal ini dikarenakan oleh semakin meningkatnya permintaan dari masyarakat akan daging bebek. Sekarang ini restoran serta warung-warung nasi juga sudah banyak menawarkan berbagai menu masakan berbahan dasar daging bebek.

Tingginya permintaan pasokan daging bebek ini bahkan membuat para perternak bebek di berbagai daerah mengalami kesulitan untuk memenuhi pesanan. Hal ini masuk akal, karena bebek yang dijual sebagai bebek pedaging sebenarnya adalah bebek-bebek afkir, yakni bebek petelur yang sudah tidak produktif lagi, berusia sekitar 1,5 – 2 tahun. Inilah yang menyulitkan para peternak bebek. Bahkan tidak sedikit peternak bebek yang terpaksa menjual bebek-bebek yang masih usia produktif sebagai bebek pedaging.

Kondisi ini yang pada jangka panjang justru akan menyulitkan peternak untuk menjaga jumlah pasokan, karena dengan terus berkurangnya indukan-indukan bebek yang masih produktif tentunya berimbas pada pasokan bibit bebek.

Namun, sekarang ini pelaku budidaya ternak bebek tidak kehabisan akal. Dengan melakukan persilangan antara bebek peking dengan bebek lokal, maka dihasilkanlah anakan yang memiliki ciri dari kedua jenis indukannya. Bebek hsil persilangan (bebek hibrida) inilah yang kemudian sekarang ini menjadi alternatif bagi para pelaku bisnis ternak bebek. Selain fisiknya relatif lebih besar, volume daging yang banyak, namun memiliki rasa yang gurih seperti bebek lokal. Dan lagi yang menarik adalah, bebek hibrida ini tidak perlu menunggu hngga 2 tahun untuk siap jual, karena bebek hibrida ini memiliki masa panen yang jauh lebih singkat dari jenis bebek lainnya, yakni rata-rata 40 hari sejak menetas.

Sebuah peluang bisnis yang menarik bukan?

Peluang Bisnis Ternak Unggas
Ternak ayam kampung

Tidak bisa dipungkiri, ayam adalah komoditi unggas yang masih dan selalu jadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Namun, pamor ayam broiler sebagai komoditi utama selama ini nampaknya mulai mendapat persaingan ketat. Pamor ayam kampung sekarang ini mulai menunjukkan adanya peningkatan permintaan pasokan dari berbagai daerah.

Ayam kampung sebagai ayam ternak ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan ayam broiler, diantaranya, pemeliharaan yang tidak terlalu rumit, justru bisa dikatakan mudah.

Ada 2 peluang yang didapat dengan beternak ayam kampung ini, diantaranya keuntungan dari penjualan daging ayam kampung yang memang lebih mahal dari daging ayam broiler, juga dari penjualan telur ayam kampung. Sepeti yang kita tahu bahwa telur ayam kampung tidak dijual perkilo, namun telur ayam kampung ini dijual perbutir, sehingga keuntungannya jelas berlipat tentunya.

Peluang Bisnis Ternak Unggas
Ternak Ayam Jawa Super/Ayam Kampung Super (Ayam Kamper)

Selalu ada saja metode yang digunakan oleh peternak ayam untuk meningkatkan produktifitas ayam ternaknya. Salah satu hasil karya mereka adalah ayam jawa super atau ayam kampung super (ayam kamper).

Ayam jawa super ini adalah hasil kawin silang antara ayam kampung biasa dengan ayam bangkok, ada juga yang mengawinkannya dengan ayam pelung. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperoleh hasil anakan unggul sehngga mampu mendongkrak produktifitas. Hasil dari persilangan ini memang menghasilkan anakan yang unggul, karena memiliki volume daging yang lebih banyak, namun tidak mengurangi rasa daging ayam kampung yang khas.

Peluang bisnis peternakan ayam jawa super ini memang sangat menggiurkan.

Peluang Bisnis Ternak Unggas
Ternak burung puyuh

Burung puyuh memang tidak terlalu banyak dilirik oleh pelaku bisnis ternak unggas. Namun bukan berarti ternak burung puyuh ini kurang prospektif. Kenyataan dilapangan justru menunjukkan fakta yang sebaliknya.
Bisnis ternak puyuh ini termasuk sektor usaha yang menjanjikan dan bisa dimasukkan ke dalam kategori bisnis ternak yang bisa dilakukan di rumah, dengan komoditi utamanya adalah telur burung puyuh.
Bagaimana peluang bisnis telur puyuh ini?

Ternyata, pasokan telur puyuh sekarang ini defisit dengan jumlah yang cukup mencengangkan, yakni sekitar 8 juta butir perminggu. Artinya, peluang bisnis ternak burung puyuh ini masih sangat-sangat menjanjikan. Bahkan, menurut pengakuan salah seorang peternak burung puyuh, dirinya kebanjiran orderan hingga 8.000 butir perhari.

Tertarik dengan bisnis telur puyuh ini?

Peluang Bisnis Ternak Unggas
Peluang bisnis, baik itu bisnis rumahan, maupun bisnis dalam skala indutri menengah, bahkan industri besar selalu ada jika kita mau keli merespon kondisi sekitar kita. Begitu juga pada peluang bisnis peternakan, terutama bisnis ternak unggas. Satu yang perlu diperhatikan jika Anda berniat untuk memulai bisnis peternakan adalah masalah lingkungan. Selalu jaga kebersihannya supaya ternak yang Anda pelihara selalu sehat dan tahan terhadap penyakit.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment