| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Cara Meningkatkan CPC (BPK) Adsense

tips adsense

PELAKU UKM - Adsense. Jika Anda seorang blogger dan menjadikan Adsense sebagai sumber pendapatan utama dari kegiatan blogging Anda, makaAnda tidak bisa mengabaikan pentingnya optimasi Adsense. Jika kita bicara mengenai optimasi Adsense, maka ada banyak sekali aspek yang terkait, tapi yang paling utama adalah dengan meningkatkan eCPM dan CPC (BPK - Biaya Per Klik). Karena jika CPM dan CPC Anda tidak maksimal, Anda tidak akan menghasilkan eraning yang Anda inginkan, meskipun CTR Adsense Anda cukup bagus. Ini biasanya dialami oleh blog-blog non-bahasa Inggris.

Jika Anda termasuk publisher adsense, yang memiliki traffic tinggi tapi earning Adsense masih rendah, Anda harus memahami poin-poin berikut ini dan semoga bisa membantu meningkatkan CPC dan  juga earning Anda.



Apa itu CPC Adsense?

Mari kita mulai dengan menjawab pertanyaan dasar pertama dan kemudian pada bagaimana cara untuk meningkatkan CPC adsense. CPC singkatan dari Cost Per Click, atau BPK (Biaya per klik), adalah besaran komisi yang Anda terima setiap seseorang meng-klik iklan adsense yang anda pasang. Sekarang ini lebih banyak publisher Adsense yang berbicara tentang CTR ketimbang CPC. Jika Anda benar-benar serius ingin meningkatkan earning Adsense Anda, Anda harus lebih berkonsentrasi menggarap CPC ketimbang CTR. Mendapatkan ribuan tayangan iklan pada blog Anda tidak akan banyak membantu. Namun sebuah blog dengan CPC yang baik dan juga CTR yang sepadan tentunya akan membuat sebuah perbedaan besar. CPC tidak berhubungan secara langsung dengan traffic Anda, karena pada banyak kasus,blog dengan traffic rendah ternyata menghasilkan earning yang lumayan dari Adsense. Alasannya sederhana dan itu adalah eCPM  blog tersebut sangat tinggi sehingga CPC Anda juga meningkat dan kemudian ada faktor-faktor lain seperti kompetisi iklan, keyword dan banyak lagi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi CPC Adsense:

Niche

Hal pertama dan yang paling utama adalah memilih niche yang tepat untuk blog atau website Anda. Cost Per Click atau CPC sebuah iklan tergantung pada topik blog yang Anda buat. Satu hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memilih niche adalah pilihlah niche yang memiliki CPC tinggi. Ya! Berikut adalah daftar niche yang memiliki CPC tinggi.
  • Domain 
  • Gadget
  • Google
  • Microsoft
  • Perbankan
  • Otomotif
  • Kesehatan
  • Properti
  • Kredit
  • Lowongan pekerjaan
  • Dating
Konten

Hal kedua adalah konten, Anda harus memiliki konten yang bisa menjawab kebutuhan pembaca Anda. Jadi sebelum menulis blog, coba temukan apa yang dicari oleh pembaca Anda di Internet dan kemudian tawarkanlah sebuah solusi.

Ingat, Anda harus bisa selalu langsung terlibat dengan pembaca Anda. Konten Anda harus sesuai dengan niche Anda sehingga semakin banyak pembaca yang membaca blog Anda. Konten yang baik tentu akan menghasilkan CPC Adsense yang lebih tinggi. Terlebih lagi, search engine sangat menyukai konten yang baik, konten yang baik tentunya maka akan mendatangkan lebih banyak klik pada iklan Adsense Anda.

Pusat Peninjauan Iklan

Anda akan menemukan Ad Review Center pada akun Google Adsense Anda. Di situ Anda bisa melihat sendiri besaran komisi yang ditawarkan oleh masing-masing kategori iklan. Jika menurut Anda suatu kategori iklan tidak membayar sesuai standar Anda, maka Anda tidak perlu ragu untuk memblokir kategori iklan itu.

Blokirlah kategori-kategori iklan yang sama sekali tidak relevan dengan isi atau niche blog Anda. Misalkan blog adalah tentang teknologi, maka blok kategori iklan dating, politik, agama dll. Hal ini akan meningkatkan CPC dan earning Adsense Anda.

Competitive Ad Filter

Sama seperti Ad Review Center ada juga tool Adsense lainnya, yakni Competitive Ad Filter. Dengan tool ini Anda dapat memblokir iklan tertentu yang muncul pada halaman web Anda. Anda dapat memblokir iklan untuk seluruh domain atau hanya beberapa iklan tertentu dari situs web tersebut. Iklan yang Anda blokir mungkin adalah iklan dari pesaing Anda. Oleh karena itu Anda bisa meningkatkan CPC Anda dengan tidak menampilkan iklan tersebut.

Platform

Blog Anda bisa diakses dari platform yang berbeda-beda seperti desktop, laptop, ponsel dll. Meskipun CPC umumnya tidak terlalu terpengaruh oleh jenis platform tempat iklan itu ditampilkan tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menargetkan sebanyak pembaca dari berbagai platform berbeda. Hal ini dikarenakan Anda akan mendapati bahwa ternyata sebagian besar pembaca blog Anda dari desktop dan perangkat laptop.

Jika Anda mampu meningkatkan pembaca yang menggunakan perangkat genggam atau pembaca mobile maka CPC bisa ikut meningkat karena iklan yang ditampilkan di ponsel adalah iklan yang berkualitas tinggi. Jika Anda melakukan blogging pada platform WordPress, Anda bisa menggunakan plugin seperti Wp touch yang akan membuat mobile blog Anda lebih friendly dan server iklan adsense Anda bisa dioptimalkan untuk ukuran layar ponsel.

Negara

Salah satu faktor yang paling penting dalam meningkatkan CPC adalah negara yang Anda targetkan. Misalnya nominal komisi dari setiap klik pada iklan yang berasal dari Amerika Serikat bisa seharga $2-$3, namun klik iklan yang sama tapi berasal dari Indonesia hanya berharga 20 - 30 sen.

Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk selalu menyesuaikan konten blog Anda viewer di negara-negara berbahasa Inggris. Hal ini juga akan meningkatkan Page Rank situs Anda.

Format Teks & Gambar

Ini salah satu yang harus diketahui oleh para blogger pemula. Anda harus cerdik dalam memilih format iklan yang tepat untuk blog Anda. Anda bisa menempatkan banyak iklan di halaman-halaman blo Anda, namun disarakan Anda hanya memasang tiga iklan saja. Kemudian gunakan 2 iklan ukuran 336 X 280 dan 1 iklan ukuran 468 X 60 atau 728 X 90.

Format iklan harus teks karena iklan teks memiliki CTR yang lebih tinggi. Atau Anda juga bisa mencoba format iklan teks & gambar secara bersamaan karena memberikan CPC lebih. Iklan gambar biasanya kurang disukai format iklan ini kurang dalam rate CTR dan juga nilai CPC yang lebih rendah. Meskipun terkadang pada niche tertentu, iklan gambar tampil lebih baik dalam hal CTR, tetapi CPC iklan gambar tidak akan sebagus iklan teks.

Penempatan

Penempatan iklan pada halaman web berbanding lurus dengan pendapatan Adsense Anda. Jadi di mana penempatan iklan untuk memperoleh CPC secara maksimum? Jawaban sederhana. Tempatkan 2 iklan dalam posting blog Anda dan 1 di luar post.

1 iklan tepat di bagian atas artikel blog, di bawah judul. Lalu 1 di bagian tegah artikel. Dan terakhir berada di samping posting artikel Anda.

Namun itu semua bukanlah syarat wajib yang harus Anda lakukan, karena semua tergantung pada jenis niche yang Anda pilih. Sebagai contoh, jika Anda seorang blogger profesional dan pendapatan Anda tergantung pada earning dari Adsense, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengoptimalkan iklan dan menggunakan unit iklan semaksimal mungkin pada tiap halaman blog. Lain halnya jika Anda seorang yang memang blogger hobi atau blogging di blog pribadi Anda, target pertama Anda adalah memberikan kualitas konten dan tidak banyak menayangkan iklan, karena pembaca blog seperti ini membenci iklan yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari ketika membaca isi blog.

Satu yang pasti dan sudah terbukti adalah bahwa jumlah klik maksimum dan CPC yang lebih tinggi umumnya datang dari 2 iklan yang berada di dalam posting blog terutama di atas.

Semoga bermanfaat. Amin..

1 komentar:

Post a Comment