| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

5 Syarat Sukses Bekerja di Rumah

tips bisnis, bisnis rumahan

PELAKU UKM - Bekerja di Rumah. Banyak bisnis yang sukses dimulai sebagai bisnis rumahan. Bekerja dari rumah untuk pertama kalinya bisa sangat menguntungkan sekaligus menarik, juga menantang. Lalu, apakah Anda memiliki apa-apa yang diperlukan untuk bisa bekerja dari rumah? Berikut ini 5 syarat utama yang harus Anda penuhi :

1. Disiplin

Hal ini sangat jelas, tetapi sebagan besar orang lebih cepat kehilangan disiplin saat bekerja dari rumah. Tanpa ada atasan yang mengawasi Anda, tidak ada jadwal tetap yang membebani Anda ataupun syarat-syarat tertentu kontrol yang harus dipenuhi jika bekerja di lingkungan kantor, ANDA sendiri yang harus mengatur dan membangun struktur kerja Anda sendiri. Menentukan jam kerja, menyediakan ruang kerja, dan menyiapkan kinerja Anda serta bertanggung jawab pada tenggat waktu dan jadwal yang sudah Anda buat. Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda sama sekali tidak efektif dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

2. Fokus

Mari kita jujur pada diri kita sendiri, ketika sedang bekerja di rumah tidak jarang Anda akan mendapat banyak gangguan. Internet, TV, telepon, video game, keluarga, pekerjaan rumah tangga, dan banyak lagi, dan semua itu saling bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Tapi, Anda harus menciptakan lingkungan serta pola pikir di mana waktu kerja adalah WAKTU KERJA. Jika Anda membiarkan diri Anda teralihkan oleh pekerjaan harian rumah tangga lainnya pada jam kerja Anda, kurangnya fokus tentunya akan merugikan pekerjaan Anda. Tidak apa-apa untuk memiliki waktu istirahat, tapi Anda harus konsisten pada jadwal yang Anda buat, dan tidak membiarkan sebagian besar hari kerja Anda teralihkan pada hal-hal lain.

3. Akuntabilitas

Tidak peduli apakah Anda melaporkan hasil pekerjaan Anda pada diri sendiri, atau ke perusahaan tempat Anda bekerja, Anda harus memiliki tanggung jawab. Ini berarti laporan atau spreadsheet mengenai bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda, berkomunikasi rutin dengan bos, rekan kerja, dan / atau klien menunjukkan bahwa Anda menghabiskan waktu Anda secara bijak dan efektif. Jika Anda gagalan untuk melakukannya, maka tidak hanya akan menimbulkan masalah dengan orang-orang yang bekerjasama dengan Anda, tapi juga akan membuat orang-orang cenderung meremehkan hasil kerja Anda. Jaga tanggung jawab serta akuntabilitas Anda. Selalu.



4. Perencanaan

Seringkali ketika orang berencana untuk bekerja di rumah, mereka tidak benar-benar memiliki suatu rencana yang jelas dan pasti untuk melakukannya. Biasanya mereka ini berasumsi bahwa semuanya akan mudah dilakukan. Tidak ada keterikatan, tidak ada bos yang selalu mengawasi dan kenyamanan rumah akan membuat semua seakan sangat mudah. Namun kenyataannya tidaklah seperti yang dibayangkan.

Anda harus bisa mengatur sendiri jam kerja Anda, menyediakan tempat kerja yang akan Anda gunakan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, dan Anda juga harus membuat suatu perencanaan mengenai bagaimana Anda akan memanfaatkan, mengelola dan membuat laporan kerja Anda. Anda bisa memulainya dengan menulis semua struktur rencana kerja Anda, sekaligus menetapkan suatu komitmen pada diri sendiri untuk menjalankan semuanya secara struktural. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda berada pada jalur yang benar. Jelas, salah satu aspek yang menarik dari bekerja di rumah atau untuk diri sendiri adalah fleksibilitas, dan bila perlu, boleh-boleh saja Anda mengambil cuti untuk keluarga dan hal-hal pribadi lainnya.

5. Dukungan

Ketika Anda berencana untuk mulai bekerja dari rumah, maka sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan dukungan dari teman, keluarga, atau orang lain yang sering berinteraksi dengan Anda. Hal ini bahkan lebih penting lagi jika Anda sudah berkeluarga atau bahkan sudah memiliki buah hati. Anda harus berkomunikasi secara intens dengan orang-orang yang terdekat dengan Anda mengenai ekspektasi Anda, batasan-batasan pada diri Anda, dan mengapa dukungan dari mereka ini sangat penting untuk memastikan keberhasilan Anda. Anda perlu keluarga Anda untuk mendukung Anda. Menciptakan suatu harapan yang tepat akan memungkinkan Anda untuk sukses bekerja di rumah, dan juga memiliki hubungan yang kuat serta struktur dukungan yang solid dari orang-orang terdekat Anda.

Semoga bermanfaat. Amin

0 komentar:

Post a Comment