| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Lelah Kerja Keras? Sekarang Saatnya Kerja Cerdas!

kerja cerdas

SERBA SERBI - Kerja Cerdas. Tidak peduli apakah itu karena adanya dorongan ekonomi makro, dorongan pribadi, inspirasi atau memang hanya kebutuhan untuk memiliki jadwal yang fleksibel untuk merubah kehidupan keluarga, lanskap dunia bisnis kecil berubah karena orang-orang yang beralih menjadi pengusaha juga terus berkembang. Bagaimana mereka melakukannya?

Faktor kunci yang dilakukan oleh pelaku bisnis sukses untuk membuat bisnis mereka benar-benar bekerja adalah hanya dengan belajar untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda lakukan untuk bisa merubah pola kerja Anda dari sekedar bekerja keras menjadi bekerja cerdas:


Menerima bahwa tidak semuanya bisa sempurna. Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah "nobody is perfect" bukan? Begitu juga dengan bisnis. Banyak pelaku bisnis yang selalu berusaha untuk membuat bisnis mereka sempurna. Pada kenyataannya, terkadang cukup baik adalah cukup. Terus-menerus mencari kesempurnaan dapat memperlambat pengembangan bisnis, dan peluang anda akan direbut pesaing Anda. Sebenarnya, justru karena tidak ada yang sempurna, maka perbaikan terus-menerus harus menjadi bagian dari proses bisnis Anda.

Mengelola ekspektasi kewirausahaan Anda. Ide bisnis sangatlah berbeda dengan realitas menjalankan bisnis. Tidak sedikit pelaku bisnis pemula memulai bisnisnya dari nol dan dengan anggaran operasional yang kecil dan dengan satu atau beberapa orang saja yang menjalankan bisnis, yang berarti banyak tugas yang tidak jarang harus merangkap pekerjaan. Tetap jaga tujuan jangka panjang Anda dalam pikiran.

Tentukan bagaimana Anda memilih karyawan bisnis Anda. Karyawan adalah elemen yang berharga dalam sebuah bisnis. Sebuah rencana bisnis yang baik diantaranya adalah mengenai pemilihan staf bisnis. Anda perlu mengembangkan proses wawancara dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka pada para kandidat karyawan ini mengenai bagaimana mereka memikirkan sebuah solusi untuk masalah bisnis Anda hadapi. Manfaatkan referensi yang ada, atau dari sumber-sumber yang Anda percaya. Mempekerjakan terlalu cepat atau mempekerjakan orang yang salah bisa sangat fatal bagi Anda.

Carilah mentor untuk bertindak sebagai penasihat dan dapat membantu membimbing Anda membangun bisnis kecil Anda. Anda percaya bahwa tidak ada bisnis yang berdiri sendiri? Mungkin kini saatnya anda mempercayai hal itu. Jika ada pepatah yang mengatakan "dibalik suksesnya seorang laki-laki, ada perempuan hebat dibelakangnya", maka dalam bisnis juga berlaku hal serupa. Pasti ada seseorang atau beberapa orang yang berada di belakang pelaku bisnis tersebut. Carilah seorang mentor yang bisa membantu Anda, sebagai penasihat, dan bisa berbagi banyak hal untuk kemajuan bisnis Anda. Bergabunglah dengan kumpulan wirausaha, atau bergabung dengan klub-klub bisnis. Anda akan mendapatkan berbagai perspektif mengenai positif dan negatif bisnis yang Anda jalankan.

Memanfaatkan media digital untuk menjalankan bisnis Anda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dan Anda dapatkan di era digital seperti sekarang ini. Berbagai perangkat online memungkinkan para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi kerja dan sekaligus memangkas biaya operasional tentunya.

Mengembangkan skala rencana dan mengembangkan bisnis Anda. Plot target akhir Anda sekarang - dan ganggam dalam pikiran. Pengusaha pemula sering bermimpi untuk mengembangkan bisnisnya menjadi suatu perusahaan besar, tapi seperti itu cara kerjanya. Seringkali bisnis tumbuh, lalu kemudian menjadi datar-datar saja, tanpa perubahan apapun. Untuk bisa mengukur skala suatu bisnis, menjual solusi untuk pelanggan hanya sebagian kecil dari teka-teki yang lebih besar. Memberikan suatu solusi dan menaikkan angka permintaan sangatlah membutuhkan suatu perencanaan yang strategis. Pikirkan mengenai strategi pertumbuhan jangka panjang Anda.

Benar-benar fokus, mendengarkan dan belajar dari pelanggan Anda. Lakukan hal ini secara konsisten! Tentukan suatu mekanisme untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan Anda. Berbicaralah dengan pelanggan Anda. Jangan kehilangan kontak dengan mereka karena kebutuhan mereka akan berubah dari waktu ke waktu. Jika tidak, orang lain yang akan mendengarkan dan memberikan solusi baru. Dengar, belajar, berkembang.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment