| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Bagaimana Menentukan Harga Produk/Jasa Usaha Kecil Anda

tips isnis, trik usaha

TIPS BISNIS - Menentukan Harga. Menentukan harga untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan memang cukup sulit dan tidak mudah dilakukan, tapi itu sangat perlu dalam bisnis, karena dari situlah Anda mendapatkan profit. Misalnya berapa harga mobil bekas yang Anda jual, berapa harga Hp terbaru yang Anda tawarkan. Caranya adalah dengan menemukan nominal yang tepat di mana Anda dapat profit, tetapi pelanggan Anda tetap bersedia untuk membayar.

Menutup biaya produksi Anda

Langkah pertama untuk menetapkan harga dalam bisnis kecil Anda adalah memastikan bahwa harga jual yang Anda buat dapat menutupi biaya produksi Anda. Dalam hal ini Anda perlu sangat detail dalam membuat rincian biaya yang telah Anda keluarkan.


Beberapa pertimbangan dalam pengaturan harga untuk menutupi biaya produksi Anda meliputi:

Bahan atau produk: Jika Anda memproduksi sesuatu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya bahan. Jika Anda hanya menjual kembali, Anda perlu mendasarkan harga yang Anda buat pada berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk membeli item tersebut.
Biaya tenaga kerja: Jika Anda memiliki karyawan yang bekerja untuk memproduksi suatu produk untuk Anda, maka Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya tersebut. Biaya-biaya pengeluaran seperti membayar gaji, pajak, serta asuransi dan biaya lain yang berhubungan dengan tenaga kerja.
Biaya tak terduga: Menjalankan bisnis tentunya akan memiliki biaya-biaya yang tak terduga. Jika Anda harus menutupi biaya sewa atau membeli ruang kantor, serta semua utilitas yang terlibat, maka Anda tentunya perlu untuk menetapkan harga jual anda sedikit lebih tinggi atas produk atau jasa yang Anda tawarkan..

Mungkin ada biaya-biaya lain yang Anda keluarkan sebelum produk atau jasa yang Anda tawarkan akhirnya ada di pasaran, dan tentunya Anda perlu memastikan bahwa semua biaya-biaya tersebut tertutup jika Anda ingin  menciptakan profit. Semakin banyak biaya yang bisa Anda kurangi, maka akan semakin baik bagi bisnis Anda.

Pasar, dan kompetisi Anda

Ketika Anda menyiapkan harga untuk produk atau jasa Anda, hal ini juga sekaligus membantu Anda untuk memahami pesaing Anda. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang memasang harga yang tinggi untuk produk mereka. Ini bisa mereka lakukan karena mereka memiliki target pasar yang spesifik. Jika Anda ingin memasang harga tinggi, maka Anda perlu menargetkan produk atau jasa Anda pada segmen pasar yang lebih spesifik. Semakin lebar target pasar Anda, maka semakin rendah harga yang bisa Anda tawarkan, dan juga daya saing Anda.

Memahami siapa-siapa pesaing Anda juga sangat penting. Dalam banyak kasus, umumnya Anda sebagai pelaku bisnis pemula mendasarkan harga yang Anda tawakan pada  harga yang ditawarkan pesaing Anda. Jika kebanyakan pesaing Anda memasang harga Rp.1 juta - misalnya - maka Anda bisa memasang harga lebih mahal jika Anda memiliki produk yang lebih spesifik dengan terget pasar yang juga lebih sempit.

Jika Anda memiliki produk atau layanan di mana Anda tidak yakin berapa harga harga yang akan Anda tetapkan, Anda bisa mendapat gambaran dengan mengidentifikasi target pasar Anda, juga siapa pesaing Anda. Anda bisa mendapat gambaran dari informasi itu.

Buat atau gunakan harga yang dinamis

Salah satu tren terbaru belakangan ini adalah munculnya harga yang dinamis. Dengan harga yang dinamis, Anda dapat mengatur perubahan harga produk atau jasa Anda berdasarkan permintaan, persaingan, musim, dan faktor lainnya. Hal ini mungkin akan membuat Anda pada awalnya akan menebak-nebak untuk menetapkan harga bagi bisnis kecil Anda. Perusahaan besar juga pada awalnya seperti itu, sampai akhirnya mereka menemukan solusi harga dinamis yang sesuai dengan bisnis mereka, sehingga mereka dapat memonitor dan menganalisa tren pasar, dan kemudian mengatur kembali harga produk ritel mereka secara real time. Ini berarti bahwa Anda dapat memiliki secara otomatis me-reset harga yang Anda buat sebelumnya, berdasarkan parameter yang Anda temukan di arena pasar.

Menetapkan harga untuk bisnis kecil Anda memang tidaklah mudah. Namun, dengan sedikit riset, Anda pasti bisa memberikan harga dengan penawaran terbaik bagi target pasar Anda.

Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment