| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Merubah Bar atau Restoran Anda Menjadi "Hijau"

konsep hijau, go green
PELAKU UKM - Restoran. Konsumen saat ini ingin merasa nyaman berada di tempat-tempat yang mereka kunjungi. Jika tren ramah lingkungan membawa dampak yang positif untuk lingkungan, maka tntunya hal itu juga akan baik untuk bisnis restoran. Berikut adalah beberapa cara untuk merubah restoran atau Anda menjadi "hijau":

1. Perhatikan peralatan dan pencahayaan yang Anda gunakan. Ganti bola lampu Anda dengan bola lampu yang hemat energi yang efisien. Carilah simbol "Energy Star" ketika membeli peralatan seperti lemari es, sistem ventilasi, dan peralatan lain seperti griddles dan oven. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk "menghijaukan" peralatan kantor Anda seperti komputer, monitor dan telepon.

2. Menghemat air. Menurut Environmental Protection Agency (EPA), Amerika, plastik merupakan terbesar keempat dari kategori limbah rumah tangga. Daripada menggunakan botol air, akan jauh lebih ramah lingkungan jika menawarkan gelas air yang dapat digunakan kembali, atau menempatkan sebuah tempat minum yang "self serve"  lengkap dengan gelas yang dapat digunakan kembali. Juga berinvestasi dengan mengatur air dengan arus yang rendah pada toilet dan mengatur pembatasan aliran pada kran-kran toilet.

3. Daur ulang toner di kantor Anda. Anda bisa mengisi ulang sendiri atau membeli kartrid daur ulang, jadi tidak ada alasan untuk membuangnya ke tempat sampah. Anda juga dapat mengumpulkannya lalu menyumbangkannya ke depo daur ulang terdekat di lingkungan Anda, atau jika tidak ada, Anda bisa datangi pengepul sampah. Mereka akan tahu apa yang harus dilakukan pada kartrid bekas Anda.

4. Gunakan produk kertas biodegradable. Tinggalkan penggunaan Styrofoam dan mulai berinvestasi pada produk kertas daur ulang.


5. Menerapkan sistem pembuangan sampah seluruh restoran Anda. Jika Anda memiliki sebuah restoran cepat saji, Anda perlu membuat tempat sampah terpisah untuk sampah-sampah daur ulang dan pastikan tempat sampah tersebut ditandai dengan jelas. Pastikan karyawan tahu bagaimana memisahkan sampah daur ulang dengan sampah biasa.

6. Gunakan pengering tangan di kamar mandi. Cara ini jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan tissu toilet.

7. Beralih ke bahan organik. Anda dapat membeli bahan-bahan makanan organik atau memilih untuk menanam sendiri untuk mengurangi penggunaan resiko dampak dari pupuk pestisida sintetis yang beracun. Dan lagi, dengan menanam sendiri akan memotong angka polusi dari penggunaan bahan bakar yang diperlukan untuk transportasi jarak jauh.

8. Terlibat dalam kegiatan penghijauan. Buatlah diri Anda menjadi bagian dari komunitas hijau dengan tetap update pada bebagai isu-isu hijau. Menghadiri pameran dagang hijau atau meminta karyawan, teman-teman dan pelanggan untuk membantu Anda dalam menciptakan lingkungan yang hijau.

9. Promosikan. Jangan cuma menyimpan ide-ide hijau Anda. Pastikan pelanggan Anda tahu tentang ide-ide tersebut dengan mempromosikan kebijakan hijau Anda di website Anda dan melalui tulisan-tulisan atau papan informasi di bar atau restoran Anda.

Setiap orang pada dasarnya ingin terlibat ke dalam sesuatu yang positif. Jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini, maka bisa jadi Anda akan menjadi yang terdepan dalam gerakan cinta lingkungan. Bandung sudah mulai dengan upaya penghijauannya. Surabaya juga sedang berupaya. Bogor, Yogyakarta, Makasar, dan berbagai daerah lainnya.

Semoga bermanfaat. Amin

0 komentar:

Post a Comment