| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Apakah Restoran Adalah Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Anda Beli?

PELAKU UKM - Bisnis Restoran. Membeli sebuah restoran bisa sangat menguntungkan. Kuncinya adalah Anda harus memiliki kesabaran dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Di bawah ini adalah beberapa indikator apakah sebuah restoran merupakan bisnis yang sangat baik untuk Anda beli atau tidak.


Kenapa membeli restoran yang sudah ada?

Anda bisa memulai bisnis restoran dari awal, menggunakan kreativitas Anda untuk membangun sebuah konsep yang besar. Jadi kenapa harus membeli yang sudah ada? Karena jika itu adalah sebuah restoran yang sudah bagus, maka itu artinya akan menghemat banyak pekerjaan Anda. Anda masih bisa menambahkan ide-ide kreatif Anda jika Anda merasa hal itu bisa meningkatkan basis pelanggan restoran dan juga melakukan beberapa perubahan menyangkut layanan pelanggan dan operasional jika perubahan tersebut bisa membawa ke arah yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa membeli sebuah restoran yang ada bisa mempermudah pekerjaan Anda:

Brand awareness dan basis pelanggan. Jika restoran itu memiliki reputasi baik, maka besar kemungkinan sudah cukup banyak orang yang mengenalnya. Jika Anda ingin menarik lebih banyak pelanggan lagi, Anda sudah memiliki reputasi yang cukup sebagai modal uama, juga basis pelanggan yang puas
.
Cash flow langsung. Anda tidak harus dipusingkan mengenai masalah untuk branding, merancang interior dan membeli peralatan, atau merekrut karyawan. Itu semua sudah ada, dan Anda sudah siap untuk berbisnis.

Supplier. Jika Anda ingin memastikan restoran Anda menggunakan supplier terbaik dan juga dengan penawaran terbaik, kemungkinan Anda tidak perlu melakukan perombakan total, karena semuanya sudah ada.
Pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan memang perlu dilakukan secara terus menerus, tetapi Anda tidak harus memulainya dari awal.

Sistem dan operasional. Menerapkan sebuah sistem dan juga tata cara operasional tentunya akan memakan waktu. Itu tidak tidak perlu Anda pikirkan lagi tentunya, karena seistem dan operasional sudah siap dan sudah berjalan sebelumnya.

Perijinan. Jika ijin usaha sudah ada, maka Anda tidak harus melalui kerumitan dan waktu yang lama untuk mengurusnya.

Kenapa tidak membeli sebuah restoran yang ada?

Ada beberapa alasan bagi Anda untuk tidak membeli sebuah restoran yang ada. Salah satunya mungkin adalah keinginan Anda untuk lebih memiliki kebebasan dalam menuangkan semua ide-ide kreatif yang Anda miliki, karena akan ada beberapa hal dari sebuah restoran yang ada yang jika Anda melakukan perubahan terlalu banyak mungkin justru akan mengakibatkan hilangnya basis pelanggan dan bahkan juga karyawan yang sudah ada. Jika Anda yakin dengan keputusan Anda untuk membeli sebuah restoran yang sudah ada, maka ada hal-hal tertentu yang harus Anda perhatikan. Kecuali pemilik restoran sebelumnya memamng memilih untuk pensiun, ingin pindah ke luar negeri, atau benar-benar ingin melakukan sesuatu yang lain, dan bukan karena suatu alasan yang negatif. Pastikan Anda melakukan riset dengan benar dan berkonsultasi dengan kerabat, teman atau konsultan ahli sebelum memutuskan untuk membeli. Anda juga bisa mengirim beberapa "pembeli misterius" untuk mengevaluasi layanan dan kualitas makanan di restoran tersebut.

Reputasi yang buruk

Misalnya, Anda berjalan ke sebuah restoran A di Bandung dan melihat banyak orang yang makan di sana. Anda mungkin berpikir bahwa Anda hanya perlu beberapa hal kecil  untuk mengubah tempat itu menjadi sangat sukses, tapi Anda salah. Restoran tersebut buka pada pukul 9.00, dan tutup pada pukul 21.00. Ternyata restoran itu jam ramainya adalah pukul 17.00 hingga menjelang tutup. Mengapa? Karena penduduk setempat tahu bahwa restoran sebelah (restoran B) menyajikan menu yang lebih baik dan menawarkan layanan yang lebih baik, hanya saja restoran B sedang dalam pembangunan bangunan baru, sehingga mungkin pelanggan mereka beralih pada restoran A yang Anda kunjungi itu, dan begitu restoran B selesai dibangun, mereka dengan segera berpindah ke restoran B tersebut.

Disarankan Anda bertanya-tanya dahulu sebelum Anda membeli sebuah restoran untuk mengenal sejarahnya.


Ketidakpuasan Pelanggan - Pelayanan dan Kualitas Makanan

Mungkin restoran beroperasi seperti biasanya, tetapi belakangan telah terjadi banyak keluhan karena karyawan tampaknya telah memberikan pelayanan yang buruk. Pemilik restoran mungkin tidak akan mengungkapkan hal ini pada Anda, tapi dalam dua bulan terakhir telah terjadi pengurangan jumlah pelanggan karena keluhan-keluhan tersebut. Masalahnya adalah bahwa pada saat Anda masuk, pelanggan mungkin telah memutuskan untuk beralih ke tempat lain. Anda harus mengganti atau melatih karyawan-karyawan baru, dan ini tentu saja memakan waktu dan uang.

Pastikan Anda Mengetahui semua informasi itu secara lengkap.

Masalah karyawan

Masalah yang ada pada karyawan tidak selalu bisa terlihat dengan segera, dan jika tidak terlihat ada sesuatu pada mereka atau diantara mereka bukan berarti tidak ada keluhan dari pihak mereka, dan itu tidak berarti bahwa hal tersebut tidak akan menyebabkan banyak masalah pada bisnis Anda. Misalnya, Anda harus memastikan karyawan tidak menyalahgunakan zat apapun pada menu, datang terlambat terus-terusan, atau memiliki keluhan internal. Tidak jarang pada sebuah restoran hanya ada dua dari sepuluh karyawan yang benar-benar bekerja dan delapan lainnya hanya menonton mereka.

Demikian juga dengan tim manajemen yang mungkin juga bisa menyebabkan masalah. Mungkin mereka terus-menerus mengacaukan pemesanan pasokan barang, atau tidak memberikan pelatihan karyawan yang cukup, atau juga mereka tidak membuat bisnis menjadi lebih efisien. Atau lebih buruk lagi, mereka mungkin mencuri.

Hutang

Jika ada tagihan atau pajak yang belum terbayar dari pemilik sebelumnya, Anda perlu tahu tentang hal itu dan kemudian mengurangi dari harga beli restoran yang akan Anda bayarkan. Anda juga perlu memastikan bahwa supplier Anda masih senang bekerja dengan Anda.

Kurang pemeliharaan

Bagaimana penampilan furnitur Anda? Peralatan lainnya? Bagaimana kondisi restoran itu? Apakah ada kebocoran? Apakah oven yang digunakan sudah sangat tua? Adalah semua peralatan dalam kondisi OK, tetapi perlu diganti dalam satu atau dua tahun ke depan? Hal-hal seperti ini akan membutuhkan biaya. Anda harus cermat dalam hal ini.

Perijinan sudah kadaluarsa atau Pelanggaran aturan kesehatan.

Restoran yang Anda beli mungkin telah melalui pemeriksaan kesehatan dan keselamatan setahun yang lalu, tetapi apakah itu masih berlaku dan standar prosedur yang digunakan masih sama? Jika ada perubahan manajer, kemungkinan prosedurnya juga berubah. Jika Anda perlu memperbarui ijin usahanya, bayar semua denda pelanggarannya, lalu ubah sistem kerjanya lebih simpel dan memudahkan Anda untuk melakukan pemeriksaan lagi.

Lokasi

Anda mungkin menemukan sebuah restoran yang nampaknya berada di lokasi yang bagus, dengan banyak orang yang lalu lalang di depannya. Namun itu belum bisa dikategorikan sebagai lokasi yang bagus untuk bisnis restoran. Apakah ada area parkir bagi pelanggan yang datang dengan menggunakan mobil? Apakah oang-orang juga datang ketika malam dan mereka sengaja datang untuk makan malam?

Berapa banyak perubahan yang dibutuhkan

Hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika membeli sebuah restoran adalah berapa nilai keuntungan dan berapa banyak perubahan yang dibutuhkan. Buatlah daftar rinci mengena apa-apa saja serta berapa banyak pekerjaan yang diperlukan sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau baik.

Apakah restoran tersebut memiliki jaringan website?
Apakah Anda melayani pembelian dan juga resevasi secara online?
Apakah menu yang ada membutuhkan perombakan total?
Apakah layanan yang diberikan sudah maksimal?
Berapa banyak perbaikan yang diperlukan?
Apakah Anda perlu mengubah menu / kualitas produk yang digunakan untuk menu terbaru?
Peralatan apa saja yang perlu diganti?
Berapa banyak supplier yang perlu diganti?

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment