| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Tingkatkan Penjualan Dengan Media Sosial

manfaat media sosial bisnis

SERBA SERBI - Media Sosial. Dulu, kita masih bisa menemukan ada tenaga penjualan yang menjual komputer secara door-to-door. Kondisi sekarang ini telah berbalik. Orang-orang kini justru menggunakan komputer untuk melakukan penjualan. Ada jutaan pelaku bisnis dan organisasi di seluruh dunia kini menjadi bagian dari Facebook. Banyak perusahaan juga memiliki akun Twitter. Dalam dunia usaha, akun-akun media sosial ini biasanya diikuti atau disukai oleh pelanggan dan karyawan mereka. Perusahaan dengan basis pelanggan yang besar dan ribuan karyawan mungkin memiliki jumlah "like" atau "follower" yang mengesankan, tapi umumnya, posting atau tweet yang mereka kirimkan terlalu stagnan, dan tidak terasa adanya interaksi nyata.

Salah satu tujuan utama dari banyak perusahaan untuk berbagi di berbagai media sosial adalah untuk memperluas jangkauan mereka pada semua lapisan masyarakat sebagai target bisnis. Saat ini, sebagian besar perusahaan hanya menggunakan akun media sosial mereka lebih sebagai alat layanan pelanggan daripada alat penjualan. Penjelasan untuk ini cukup sederhana. Media sosial pada intinya merupakan hubungan pada tingkat interpersonal. Menurut definisi, seseorang tidak dapat memiliki hubungan dengan akun media sosial perusahaan. Namun, pada tingkat korporat, posting dan tweet dikirim untuk berinteraksi langsung dengan kebutuhan tiap individu, sehingga media sosial kemudian berubah menjadi metode penjualan yang efektif.

Selain itu, banyak platform media sosial telah berevolusi selama beberapa tahun belakangan ini dan posting tidak lagi hanya tertarget pada kelompok mayarakat tertentu saja. Meskipun tidak sedikit perusahaan yang mungkin memiliki ribuan follower di akun media sosial mereka, namun hanya sebagian kecil dari followers tersebut yang benar-benar melihat posting mereka. Karena adanya pergeseran dinamis dan semakin banyaknya layanan posting berbayar, interaksi personal melalui media sosial menjadi lebih penting bagi perusahaan daripada sebelumnya. Terutama pada perusahaan yang memiliki keterbatasan budget iklan untuk berinvestasi pada media sosial.

Akun media sosial untuk sebuah bisnis memang tidak boleh diabaikan, tapi sekarang saatnya bagi para eksekutif di perusahaan-perusahaan untuk melakukan perubahan dan menciptakan hal-hal baru, pendekatan yang lebih efektif dalam penggunaan media sosial. Peran akun media sosial suatu perusahaan harus tetap bisa mengikuti perubahan zaman. Penggunaan Facebook atau Twitter dapat menjadi brand image dari perusahaan tersebut, namun tidak lagi digunakan untuk mendorong penjualan produk atau jasa baru. Sebuah akun perusahaan yang difungsikan untuk melakukan penjualan harus didorong dengan melakukan iklan untuk mencapai cukup pelanggan untuk membuat setiap posting menjadi alat penjualan yang efektif.

Di sisi lain, Anda bisa mendorong fungsi media sosial ke tingkat karyawan. Langkah ini dapat membuka interaksi personal antar karyawan dengan tempat mereka bekerja, sehngga mereka dapat merasakan kehadiran mereka diakui oleh perusahaannya. Para karyawan yang menjadi garda terdepan perusahaan inilah yang berhadapan langsung dengan pelanggan, dan karyawan yang memiliki ikatan dengan perusahaan adalah inti dari bisnis. Kepercayaan ini secara otomatis akan membuat karyawan dengan senang hati membangun interaksi positif dengan pelanggan mereka di media sosial dan.

Dalam strategi media sosial di tingkat karyawan, perusahaan dapat menjangkau pelanggan melalui saluran yang lebih efektif sekaligus dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dalam memlakukan promo produk dan layanan mereka pada waktu yang sama. Karyawan harus diberdayakan untuk ikut serta melakukan branding dan mengirim posting-posting positif mengenai perusahaan tempat mereka bekerja pada akun media sosial mereka. Posting yang kirim harus relevan, tidak memaksa, dapat dipercaya, dan memecahkan masalah pelanggan. Jika metode ini digunakan, bisnis Anda akan dapat menyentuh lebih banyak orang melalui media sosial, sekaligus akan memberikan pengalaman sukses yang lebih besar dalam menciptakan peluang penjualan.

Secara keseluruhan, perusahaan perlu menyesuaikan penjualan dan teknik pemasaran mereka agar bisa selaraskan dengan kondisi konsumen modern. Dengan membuat beberapa penyesuaian kegiatan promo saat ini dan memanfaatkan secara maksimal penggunaan akun media sosial perusahaan dapat secara signifikan meningkatkan penjualan perusahaan.

Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment