| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Yang Harus Anda Pertimbangan Ketika Berinvestasi Pada Bisnis Franchise

memulai bisnis, tips, franchise makanan, franchise minuman
SERBA SERBI - Bisnis Franchise. Memulai bisnis baru memang penuh dengan ketidakpastian, terutama ketika bisnis yang dijalankan merupakan bisnis yang masih baru. Bagi banyak pelaku usaha, mereka menginginkan investasi yang mereka keluarkan itu aman dan menghasilkan tentunya. Untuk masalah ini, bisnis franchise adalah strategi cerdas untuk memulai sebuah bisnis, sekaligus menghindari dari kerugian dalam berinvestasi. Karena bisnis franchise umumnya sudah memiliki pijakan yang kuat pada pasar, maka para investor tinggal menjalankan aturan main dan mendulang keuntungan. Namun, ada faktor-faktor tertentu untuk mengevaluasi sebelum terjun ke dunia waralaba.

Investasi awal

Meski mudah, bisnis franchise ternyata tidak bisa dimiliki oleh setiap orang, karena memulai bicnis ini membutuhkan baik kekayaan aset pribadi dan juga dana cair. Untuk beberapa franchise unggulan ada yang membutuhkan modal awal hingga Rp.1 miliar, bahkan banyak juga yang lebih dari nominal itu adalah jumlah aset likuid minimal yang harus Anda miliki hanya untuk memenuhi syarat untuk memiliki bisnis franchise. Cari sebanyak mungkin informasi mengenai perusahaan franchise yang Anda inginkan secara menyeluruh supaya Anda bisa memahami ketentuan investasi mereka. Beberapa perusahaan ada yang lebih terbuka pada calon investor daripada yang lain. Manfaatkan jaringan Anda untuk mencari tahu mengenai hal ini, karena tentunya Anda akan memilih investasi Rp.500 uta daripada Rp.1 miliar bukan? Karena jika Anda memiiki dana Rp.1 miliar, maka Anda bisa membeli 2 franchise.

Basis pelanggan

Apa yang menjadi perhatian utama para investor ketika memilih sebuah bisnis franchise adalah basis pelanggan yang cukup. Jutaan orang mungkin sudah mencoba dan menjadi pelanggan setia pada sebuah restoran atau toko ritel, misalnya. Jika brand restoran atau toko ritel tersebut belum ada di daerah Anda, mungkin ini sebuah peluang bagi Anda untuk berinvestasi pada bisnis franchise makanan mereka. Pada kota-kota atau daerah-daerah yang baru biasanya akan menyambut kehadiran bisnis franchise dengan tangan terbuka.



Standard Operational Procedure (SOP)

Anda mungkin memiliki beberapa ide besar untuk menambahkan beberapa produk atau mengubah tata letak bangunan setelah memulai bisnis franchise makanan, bisnis franchise minuman, ataupun bisnis franchise baju. Tapi Anda juga harus paham mengenai SOP (Standard Operational Procedure) bisnis franchise yang Anda jalani. Bisnis franchise menetapkan sebuah standar khusus mengenai tata letak serta penampilan di semua franchiser mereka. Baca seluruh aturan operasional mereka untuk memahami batasan-batasan Anda. Skema warna, seragam dan bahkan peralatan harus dibeli dan diimplementasikan seperti tercantum dalam peraturan korporasi. Mungkin ada sedikit ruang bagi Anda untuk menambahkan konsep ide Anda sendiri.

Biaya iklan rendah

Memasarkan sebuah bisnis adalah pekerjaan yang selalu full-time, dan memerlukan investasi yang tidak sedikit, terlebih untuk bisnis baru. Perusahaan franchise memiliki anggaran yang sangat besar untuk mengiklankan brand mereka. Sebagian dari investasi Anda juga digunakan untuk kampanye ini. Anda tidak ikut serta dalam mengurusi masalah ini, begitu juga dengan alokasi anggran, Anda tidak perlu memikirkan hal itu. Namun, diluar semua kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan franchise, jika Anda memiliki inisiatif pemasaran yang cukup cerdas, maka akan lebih banyak pelanggan bagi bisnis franchise Anda.

Persentase keuntungan

Bukan hanya investasi awal yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah bisnis franchise. Anda juga harus membaca semua isi kontrak ketika Anda mendaftar ke perusahaan franchise, karena Anda juga harus membagi persentase keuntungan penjualan untuk korporasi mereka. Angka ini bervariasi, jadi konsultasikan dengan seorang akuntan untuk urusan ini. Jika persentase bagi hasilnya cukup adil, maka Anda siap untuk memulai bisnis franchse Anda.

Membangun kekayaan melalui bisnis franchise terkenal memang merupakan sebuah batu loncatan bagi banyak investor. Namun, Anda, bagaimanapun juga diwajibkan untuk mengurus beberapa hal terkait dengan masalah keuangan.

Terlepas dari tanggung jawab keuangan, Anda juga harus dituntut untuk kerja keras meskipun Anda telah mengambil keputusan untuk berinvestasi pada bisnis franchise.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment