| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Rahasia Memiliki Prioritas Waktu

prioritas waktu
PELAKU UKM - Prioritas Waktu. Setiap orang tentu memiliki banyak sekali kegiatan dalam keseharian. Semua dengan tujuan yang sama : untuk mencapai target yang dibuat. Entah itu target jangka pendek aupun jangka panjang. Namun uniknya, tidak semua orang mampu untuk mencapai targetnya tersebut. Mengapa? 

Kami tidak berbicara mengenai konsep yang kompleks serta bisa menmbuat Anda fokus dan benar-benar membantu bisnis Anda. Kami bicara mengenai metodologi individual yang bisa memberikan peningkatan marjinal diri Anda secara maksimal.

Misalnya, Anda perlu belajar bagaimana cara Anda memprioritaskan pekerjaan Anda dan mengefektifkan waktu Anda. Ketimbang Anda menghabiskan berjam-jam mencoba memahami bagaimana orang-orang menghabiskan waktu mereka mencari cara untuk meningkatkan produktifitas mereka, semua itu hanya membuang-buang waktu. 

Carilah sebuah sistem logis yang cocok bagi Anda dan mulailah, baru kemudian Anda bisa kembali fokus pada bisnis Anda, seperti pengembangan dan pemasaran produk, melakukan pelayanan pada pelanggan, dan lain-lain.

Cara untuk memprioritaskan waktu sangatlah sederhana. Anda bisa membagi prioritas waktu Anda menjadi 3 bagian, diantaranya :

Prioritas A: Urusan yang bersifat kritis. Apapun yang harus Anda lakukan dengan segera atau sesuatu yang penting dan harus segera Anda selesaikan. 

Prioritas B: Urusan bersifat biasa. Segala sesuatu yang harus Anda lakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang. 

Prioritas C: Urusan lain yang bisa ditunda. Pengorganisasian, mengejar keinginan (bukan kebutuhan), dll.

Anda bisa menghabiskan waktu untuk Prioritas B jika Prioritas A sudah Anda tuntaskan, baru kemudian Anda menyelesaikan Prioritas C. Lakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat prioritasnya. Jangan pernah memulai kegiatan dari C jika semua pekerjaan B selesai Anda lakukan. Sayangnya, banyak orang justru memulai dari yang mudah (prioritas C, baru kemudian B, lalu A). Lakukan sesuai prioritasnya. Anda bisa mulai dengan membuat daftar prioritas itu sekarang, dan mulai mengaplikasikannya.

Itulah keindahan dari sistem prioritas ini. Anda benar-benar tidak pernah sampai ke Prioritas C. Bahkan, sistem ini membuat Anda bisa melihat dengan jelas pada tujuan Anda karena apa pun yang tidak memiliki peran penting dalam membantu Anda mencapai tujuan utama Anda akan terdorong ke dalam daftar C.

Dengan menggunakan sistem dasar ini, semua misi kerja utama Anda akan selesai tepat waktu. Tentu saja, bagi beberapa orang mungkin akan berbeda dalam masalah pengerjaannya, tergantung prioritas yang difokuskan. Lagipula, meski suatu prioritas tergolong prioritas A, bukan berarti harus selesai dalam sehari bukan? Yang terpenting, Anda mempunyai peta kerja dalam segi prioritas untuk menyelesaikannya. 

Anda tidak harus menghabiskan lebih dari 25% dari waktu Anda untuk Prioritas A Anda. Jika Anda melakukannya, itu berarti Anda tidak mengorganisir, mengelola atau merencanakannya secara efektif. Jangan membagi-bagi waktu Anda berdasarkan persentase. Lakukan saja sesuai prioritasnya, dan Anda akan mendapati semua pekerjaan dan permasalahan Anda akan selesai tepat waktu.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...



0 komentar:

Post a Comment