| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Bagaimana Anda Bisa Memasukkan Bisnis Anda ke Pasar Global

tips bisnis, trik usaha
PELAKU UKM. - Pasar Global. Masuk ke pasar global tidak sesulit yang Anda kira jika Anda juga bergerak di bisnis eCommerce. Jika Anda sudah memanfaatkan internet sebagai salah satu tool bisnis Anda, kemungkinan Anda sudah mengirimkan informasi mengenai semua produk di seluruh dunia, sehingga konsep ini tidak terlalu aneh lagi bagi Anda. Namun, ada perbedaan besar antara menjual produk Anda ke pasar global dengan memasuki pasar global.

Memperluas bisnis Anda untuk mencapai pasar luar negeri berarti Anda akan menghadapi pesaing asing. Kompetisi ini bukan satu-satunya hambatan yang harus Anda hadapi. Ada beberapa hal yang juga harus Anda pahami seperti kebiasaan orang-orang dan bagaimana Anda akan menangani pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan di negara asal Anda.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika masuk ke pasar global

Memahami aturan dasar, kebiasaan lokal, dan etiket

Masing-masing negara akan memiliki hukum yang berbeda, adat istiadat, dan etiket yang akan menentukan bagaimana Anda akan menangani bisnis Anda di pasar mereka.

Pertama-tama Anda harus memahami hukum perdagangan di negara itu untuk memastikan bahwa bisnis Anda bisa menyesuaikan diri (hal ini dapat dilakukan melalui pencarian online untuk negara tertentu). Kemudian Anda juga bisa belajar memahaminya melalui penelitian yang tepat. Penting bagi Anda untuk memahami keduanya, karena hal itu akan membantu Anda dalam membentuk website & iklan yang akan Anda buat sehingga bisa diterima oleh penduduk setempat.


Menghapus batasan bahasa

Bahasa merupakan faktor penghalang yang jelas untuk masuk ke global, dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan layanan penerjemah. Menggunakan layanan penerjemah bahasa untuk mengembangkan situs alternatif untuk daerah-daerah tertentu di dunia. Anda bisa menyewa orang lokal dari negara tertentu untuk memeriksa ejaannya.

Setelah website ini tersedia dalam bahasa alternatif pada negara tertentu, Anda akan memiliki akses yang lebih besar ke pasar di negara tersebut.

Penanganan logistik internasional

Proses logistik (pengiriman sebuah produk ke pelanggan) akan menghadapi berbagai kesulitan ketika Anda memperluas cakupan bisnis luar negara Anda. Provider besar (USPS, UPS, FedEx) memang melayani pengiriman internasional, tetapi akan sulit bagi Anda untuk meyakinkan dan membuat seseorang untuk membeli dari toko Anda jika harga pengiriman terlampau tinggi.

Namun, logistik internasional di seluruh dunia biasanya juga melayani pengiriman logistik melalui berbagai fasilitas logistik yang berbeda di seluruh dunia, sehingga Anda dapat mengirim ke lokasi pelanggan dengan lebih murah, dan tentunya juga bisa mengurangi biaya dan sekaligus mampu meningkatkan penawaran produk yang kompetitif di pasaran.

Meneliti pasar secara matang

Anda harus menyediakan lebih banyak waktu untuk meneliti pasar Anda ingin masuki.

Materi penelitian tersebut diantaranya termasuk:
  • Kejenuhan pasar
  • Keinginan & kebutuhan pasar
  • Demografi, dll
Mungkin cara terbaik untuk melakukan penelitian ini adalah dengan menghubungi konsultan bisnis lokal di daerah tersebut, sehingga Anda bisa memperoleh informasi yang akurat juga informasi nyata mengenai audiens Anda daripada hanya dari mengandalkan penelitian yang Anda lakukan secara online.

Setelah Anda membentuk basis pelanggan (dan bisnis Anda), Anda akan memiliki pemahaman yang lebih besar terhadap faktor-faktor penting, seperti penggunaan materi iklan yang akurat memperkenalkan merek Anda.

Menjajaki arena kompetisi

Cara terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar baru, Anda bisa melakuka penjajakan kompetisi dengan menggunakan penelitian dan pengembangan bisnis kompetitor Anda.

Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini:

  • Mekihat situs web mereka untuk mengetahui spesifikasi pasar mereka
  • Memantau tanggapan pelanggan mereka untuk memahami branding dan layanan mereka
  • Membaca posting blog mereka untuk menemukan arah bisnis mereka
  • Memahami venture dan asosiasi yang mereka miliki
  • Mengidentifikasi pemain utama dalam pasar dan siapa saja yang bekerja bersama mereka

Menjajaki arena kompetisi akan memberi Anda banyak informasi data dari praktek-praktek terbaik pada SEO lokal, juga berguna untuk memahami bagaimana Anda menangani masalah pelayanan pelanggan.

Demikian,
Semoga bermanfaat. Amin..



0 komentar:

Post a Comment