| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Perhatikan Hal Berikut Ketika Menentukan Harga Produk Anda

tips bisnis, trik usaha
PELAKU UKM - Harga Produk. Memang tidak ada rumus yang pasti ketika Anda harus menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa Anda. Bahkan pada perusahaan-perusahaan dalam industri yang sama, cara yang digunakan untuk satu perusahaan belum tentu akan berhasil diaplikasikan pada perusahaan lain. Sekarang ini, pencarian Google untuk kata kunci "memberi harga produk" menunjukkan sebanyak 3.500.000 hasil, hampir tujuh kali lipat hasil pencarian untuk frase, "membuat rencana bisnis" - sebuah proses dalam membangun bisnis yang memiliki formula tertentu, dan yang bisa dipelajari.

Menentukan harga produk dengan benar adalah dengan melakukan perbandingan, sebuah hasil seni dalam dunia bisnis. Hal ini membutuhkan kesadaran juga analisa pasar yang matang saat diputuskan, visi dan kemampuan untuk melihat pasar saat ini atau yang akan datang, dan juga logika untuk menutupi biaya produksi, kegiatan prmosi dan memaksimalkan penjualan.

Harga awal Anda akan mendefinisikan produk Anda

Pada tahun 1986, Pixar Animation Studios adalah perusahaan yang sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang. Ketika itu Pixar adalah perusahaan hardware yang fokus utamanya adalah pada penjualan Pixar Image Computer. Pada hari-hari awal mereka, para pendiri perusahaan-Steve Jobs, Alvy Ray Smith, John Lasseter dan Ed Catmull-senantiasa berjuang untuk mencari tahu bagaimana menjalankan jenis usaha yang baru saja mereka mulai. Bagi Ed, yang menjadi perhatian utama adalah mencari tahu berapa banyak biaya yang dikeluarkan  untuk mesin mereka:

"Saya diberitahu oleh presiden dari Sun dan Silicon Graphics untuk memulai dengan harga tinggi. Jika Anda mulai dengan harga tinggi, kata meeka, Anda bisa saja menurunkan harga; jika Anda memasang harga rendah dan kemudian Anda harus menaikkan harga, Anda hanya akan mengecewakan pelanggan Anda. Jadi berdasarkan margin keuntungan yang kami inginkan, kami memutuskan untuk menjual dengan harga $122.000 per unit. Kesalahan besar. Pixar Image Computer dengan cepat memperoleh reputasi sebagai produk yang sangat bagus tapi terlalu mahal. Ketika kemudian kami menurunkan harga, kami menemukan bahwa reputasi kami sebagai produk yang terlalu mahal masih melekat pada ingatan semua orang. Terlepas dari upaya kami untuk memperbaikinya, Pixar sudah terjebak dengan kesan pertama kami. "-. Ed Catmull, Kreativitas, Inc.

Ed Catmull mengakui bahwa untuk pertanyaan yang kompleks seperti harga, tidak ada jawaban yang sederhana. Sebaliknya, Anda harus lebih fokus pada pertanyaan-pertanyaan yang lebih besar: Bagaimana Anda akan memenuhi harapan pelanggan Anda? Bagaimana Anda akan berinvestasi dalam pengembangan lebih lanjut dari produk Anda? Dengan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang bisa menjaga fokus utama dalam pikiran Anda akan membantu Anda dalam menentukan harga yang paling sesuai untukproduk Anda.



Harga produk Anda menentukan posisi Anda di pasar

Jika Ed menyarankan "harga tinggi", Tim Berry, Pendiri Palo Alto Software, percaya bahwa resiko yang sesungguhnya adalah harga yang terlalu rendah.

"Tidak ada sebuah algoritma dalam menentukan harga. Sebagian besar hanya mengandalkan insting. Menutup biaya produksi sebagai harga dasar bukan sebuah metode yang akurat. Penentuan harga juga merupakan sebuah pesan pemasaran yang kuat dan para pengusaha pemula harus memulai dengan membuka harga tinggi, dan memposisikan diri sebagai produk premium dengan harga premium. Dan salah satu kekeliruan umum yang sering terjadi adalah bahwa peroduk baru seharusnya memasang harga di bawah kompetisitor. Salah. Lebih tinggi lebih baik. "-. Tim Berry, Pendiri Software Palo Alto
Tim dan Ed mungkin tidak setuju pada harga rendah dibandingkan dengan harga tinggi. Menurut Tim, Anda menetapkan harga Anda berdasarkan pada situasi Anda, strategi yang Anda gunakan, biaya produksi, pesaing Anda, cuaca, insting, atau apa pun yang paling penting bagi Anda pada saat itu. Dan karena tidak ada rumus yang tepat untuk menentukan harga, ada beberapa kesalahan yang bisa Anda hindari untuk bisa sampai ke tahap perencanaan:

Kesalahan 1: Berpikir bahwa memberi harga termurah adalah yang terbaik

Pendekatan ini dapat bekerja untuk bisnis yang menjual komoditas dibeda-bedakan, tetapi strategi yang berpusat pada menjadi "harga termurah" biasanya membutuhkan banyak investasi awal dan implementasi skala yang sangat besar.

Kesalahan 2: Lupa bahwa penawaran harga Anda juga "pesan pemasaran" produk Anda

Bagaimana caranya supaya Anda ingin dikenal secara luas? Harga yang terlalu rendah, kemungkinannya adalah opini terhadap produk Anda juga akan rendah atau Anda akan menarik pelanggan yang tidak Anda inginkan. Pastikan untuk selalu berhati-hati dalam mempertimbangkannya sebelum Anda menetapkan harga.

Kesalahan 3: Mengesampingkan biaya pokok pribadi Anda

Menentukan harga produk Anda hanya berdasarkan analisis margin kotor Anda sendiri adalah ide yang buruk. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya keseharian Anda -biaya sewa, gaji, biaya pemasaran, tagihan listrik, asuransi, biaya hardware dan software, instalasi telepon, karpet baru, dan biaya-biaya lainnya. Jika Anda tidak mengikutsertakan biaya-biaya ini ke dalam perhitungan Anda ketika menetapkan harga, Anda mungkin akan kehabisan uang

Harga yang Anda tetapkan akan mempengaruhi jalannya bisnis Anda

Selain risiko memberikan pesan yang salah, harga produk yang terlalu rendah dapat mengakibatkan suatu kondisi di mana Anda pada akhirnya mempunyai beban moral pada pelanggan sementara Anda memperjuangkan perusahaan untuk bisa terus berjalan walau dengan harga terendah. Seth Godin menyebut spiral ini sebagai "tirani harga termurah" dan memberikan sebuah contoh sempurna untuk membantu Anda melihat gambaran ini ke dalam perspektif Anda.

"Untuk memotong harga sebuah produk, artinya Anda juga memangkas beberapa hal-hal lainnya, standar pelayanan, dll. Anda harus siap menjadi kurang peduli atau lebih kejam daripada orang lain "-. Seth Godin, Penulis & Pengusaha
Solusinya? Anda harus bisa dikenal untuk sesuatu selain daripada harga. Apa yang produk Anda bisa berikan atau nilai apa yang Anda ingin sampaikan tentang perusahaan Anda?

Jika Anda memiliki beberapa produk, harga yang Anda berikan dapat mempengaruhi penjualan

Jika Anda menentukan harga untuk lebih beberapa produk, berhati-hatilah! Pada 2012, Yale School of Management menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa jika dua produk sejenis memiliki harga yang sama, kemungkinan konsumen untuk membeli salah satu produk akan jauh lebih kecil dibandingkan jika ada sedikit saja perbedaan dalam harga. Bahkan, studi ini menemukan bahwa ketika partisipan diberi pilihan untuk membeli dua merek yang berbeda dari permen karet dengan harga yang sama, hanya 46% melakukan pembelian. Sebaliknya, ketika dua bungkus permen karet diberi perbedaan harga hanya beberapa sen, 77% dari peserta membeli satu bungkus!

Namun ini bukan berarti Anda harus memberi harga setiap produk berbeda-beda, hanya saja Anda mungkin bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan ketika produk Anda sangat serupa dengan yang lain.

Semoga bermanfaat. Amin..


0 komentar:

Post a Comment