| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

5 Elemen Penting dalam Membangun Identitas Merek

tips bisnis
PELAKU UKM - Identitas Brand. Perusahaan yang paling sukses saat ini belum tentu orang-orang yang memiliki produk terbaik atau harga terendah. Dengan pasokan melebihi permintaan di hampir setiap industri, ada 10 perusahaan yang ada dalam antrian untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan berikutnya. Dan apa yang dilakukan konsumen ketika mereka sedang kewalahan menentukan pilihan? Mereka akan mencari merek yang dapat mereka percayai, perusahaan yang berbicara dengan bahasa mereka, dan memiliki pandangan yang sama dengan mereka. Inilah sebabnya mengapa menciptakan identitas merek yang kuat sangat penting. Di bawah ini adalah garis besar dari lima elemen yang paling signifikan bagi Anda untuk menciptakan identitas merek yang kuat. 

1. Penelitian: Mencari Identitas yang Tepat 

Membangun identitas merek yang luar biasa tanpa melakukan penelitian terlebih dahulu akan seperti bermain tenis di ruangan gelap; Anda hanya akan mencetak poin jika Anda memang sedang beruntung dan Anda justru mungkin malah menarik perhatian dari orang-orang yang tidak inginkan. Sebuah studi cepat mengenai siapa target pasar Anda, seperti apa kehidupan keseharian mereka, dan pandangan dan juga bahasa yang menarik bagi mereka akan membuat identitas merek Anda menjadi salah satu tempat dimana mereka dengan senang hati akan mengasosiasikan diri mereka dengan merek Anda. 

2. Logo: Representasi Grafik Terhadap Kepribadian Merek Anda

Jika Anda berpikir grafis yang baik di samping nama perusahaan Anda dengan font yang mewah akan membuat logo yang layak bagi merek Anda, maka Anda harus memikirkan pendapat tersebut kembali. Logo yang fantastis adalah yang mampu bercerita kepada orang banyak tentang perusahaan Anda hanya dalam ruang yang terbatas. Tampaknya hal-hal sederhana seperti warna, tipografi, dan bentuk, bila digunakan dengan benar, dapat membentuk ikon yang familiar dan mampu mengarahkan pelanggan ketika mereka harus memilih produk, seperti sebuah simbol sebuah produk merek Anda. Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk memiliki logo yang dibuat oleh seorang desainer grafis atau agensi kreatif.

3. Materi Pemasaran : Konsistensi Imej

Setelah identitas merek Anda sudah siap dan Anda memiliki logo yang cocok, Anda perlu memastikan bahwa materi pemasaran Anda (semua itu) mempertahankan imej dan karakter merek Anda. Hal ini penting untuk membantu dalam pengenalan antara produk dan jasa yang Anda tawarkan, yang kemudian akan mengarahkan pelanggan untuk memilih merek Anda lagi dan lagi, karena pada setiap item yang berhubungan dengan Anda mengingatkan mereka tentang pengalaman positif mereka dengan perusahaan Anda. Pendekatan dengan cara menjaga konsistensi ini harus diterapkan pada segala hal, baik online maupun offline, termasuk situs web Anda, iklan, media sosial, dan kemasan produk. 

4. Cerita: Menggunakan masa lalu Anda untuk Bentuk Identitas Anda 

Hampir setiap perusahaan yang sukses memiliki cerita masing-masing, entah itu mengenai bagaimana pendirinya mendapatkan inspirasi atau bagaimana sekelompok kecil orang yang penuh gairah kemudian merubah mimpi mereka menjadi sebuah bisnis. Apakah cerita Anda sendiri sudah menarik atau membutuhkan sedikit perhiasan, pastikan untuk menceritakannya dan pastikan juga cerita itu cocok dengan imej merek yang Anda ingin buat. 

5. Misi: Gambaran Besar Merek Anda

Untuk menjadi masalah besar, Anda harus berpikir dalam skala besar. Umumnya, menetapkan sebuah tujuan yang ambisius untuk mengubah dunia dalam beberapa cara kecil merupakan metode yang bagus dalam mengungkapkan apa yang menurut merek Anda sebagai isu penting. Jika Anda mengikuti nomor 1 (di atas) dengan benar, Anda akan memiliki keuntungan dalam mengetahui hal-hal yang menjadi perhatian target audiens Anda , dan Anda bisat memposisikan merek Anda dengan mereka yang memiliki minat yang sama. 

Produk yang menakjubkan, layanan besar, dan nilai uang merupakan hal yang layak dikejar. Namun, identitas merek Anda adalah perekat yang menyatukan itu semua dan yang akan membuat perusahaan Anda lebih menonjol dari kompetitor Anda. Berinvestasi dalam hal membangun identitas meek Anda.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...

.

0 komentar:

Post a Comment