| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

7 Penyebab Kegagalan Pebisnis Pemula

7 Penyebab Kegagalan Pebisnis Pemula
PELAKU UKM - Pebisnis Pemula. Sebuah perusahaan yang baru berdiri, yang masih dalam tahapa awal memang masih sangat rentan untuk gagal. Banyak faktor penyebab yang menjadi permasalahan, seperti masalah modal, produksi, pemasaran, SDM, dll.

Secara umum, ada beberapa hal yang menyebabkan perusahaan-perusahaan baru ini mengalami kegagalan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Jiwa entrepreuneur mereka mati

Pengusaha pemula memang cenderung untuk menjadi sangat terfokus dan begitu sibuk dengan visi mereka sendiri, sehingga mereka sering kali kehilangan perspektif. Padahal sebenarnya perspektif adalah salah satu faktor kunci untuk mencari modal ventura dari perusahaan-perusahaan yang tahu target pasar Anda: merekalah yang akan memberikan umpan balik dan memvalidasi strategi Anda, dan pada akhirnya akan membantu dalam pengembangan perusahaan Anda.

Gagasan mereka tidak cukup unik memecahkan masalah besar

Dunia selalu berubah dari waktu ke waktu, begitu juga dengan persoalan dalam bisnis. Semakin banyak masalah yang harus diselesaikan. Untuk bisa menghadapi masalah besar, harus Anda selalu menyiapkan cara dan solusi yang jaug lebih baik daripada berbagai masalah yang akan datang dari luar sana. 

Mereka kehabisan uang tunai

Untuk setiap pemula yang mengelola sebuah perusahaan baru, ada puluhan, mungkin ratusan pelaku usaha yang kehabisan uang tunai dengan berbagai alasan: mereka tidak mau menjual sebagian asetnya, mereka tidak mengelola anggaran dengan benar, mereka tidak memperkirakan kapan akan mencapai BEP, tingkat pengeluaran mereka terlalu tinggi, atau mungkin kombinasi dari beberapa penyebab itu. 

Mereka lebih menciptakan konsep, bukan sebuah produk yang lengkap

Ide-ide dan penemuan memang selalu menarik, tapi konsumen dan pebisnis pada umumnya membeli produk yang lengkap dan benar-benar dapat digunakan.

Tim kerja tidak memiliki manajemen

Beberapa pelaku bisnis memang sulit untuk memahami bahwa setiap perusahaan pasti membutuhkan sebuah manajemen. Banyak dari mereka yang tumbang ketika strategi awal gagal. Ada juga yang menghasilkan uang dengan cepat namun tidak berkomitmen untuk bekerja siang dan malam dalam jangka panjang. Semua kembali ke masalah manajemen. Bahkan setiap VC pasti akan berinvestasi lebih untuk membangun sebuah tim manajemen.  

Perubahan pasar yang tak terduga

Pasar adalah fenomena yang kompleks yang sulit diprediksi. Sayangnya, beberapa pengusaha tidak berpikir ke depan.

Mereka mendapat nasihat buruk dari orang yang salah

Dengan semua topik pembicaraan mengenai kewirausahaan, kuantitas informasi memang mengalami peningkatan, namun secara kualitas justru turun. Itu artinya, banyak pengusaha mendapatkan banyak nasihat yang buruk dari sumber yang tidak memenuhi syarat.

Mungkin saran yang paling penting adalah, jika usaha Anda gagal, mungkin Anda harus menyempatkan waktu untuk memahami apa dan di mana letak kesalahannya. Itulah satu-satunya cara Anda akan meningkatkan peluang untuk memulai kembali. Mudah-mudahan daftar ini akan membantu Anda.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment