| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Bagaimana Bisnis Kecil Bisa Bersaing Dengan Kompetitor Besar

bersaing dengan kompetitor besar
PELAKU UKM. Setiap entrepreneur, pada suatu titik, pasti pernah memiliki mimpi bahwa mereka mempunyai sebuah ide usaha yang sama sekali baru dan belum terpikir oleh orang lain. Sebuah ide bisnis yang sama sekali baru dan bisa merubah kehidupan orang banyak serta bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Pada kenyataannya, seringkali ketika seseorang mempunyai sebuah ide bisnis dan kemudian mulai merintis ide itu menjadi sebuah usaha nyata, ternyata bisnis serupa sudah sangat banyak ditemukan dan dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang lebih mapan. Bersaing dengan kompetitor yang sudah mapan memang rasanya sangat sulit, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Berikut ini beberapa strategi untuk bisa bersaing di dalam pasar yang sudah terdapat banyak kompetitor yang lebih mapan.

Percaya diri

Setiap entrepreneur memulai suatu bisnis karena sebuah alasan, dan alasan itu sangat jarang dimiliki oleh setiap orang, dan alasan itu adalah sebuah kemudahan hidup. Para entrepreneur ini yakin bahwa mereka bisa memberikan sebuah pelayanan, dan mereka yakin mereka akan memperoleh kesuksesan dengan melakukan itu semua, meski harus dicapai melalui kerja keras.

Memang sangat penting bagi Anda untuk terus memelihara percaya diri itu. Mengingat terus apa yang menjadi motivasi utama Anda mendirikan suatu usaha akan mampu membuat Anda terus fokus pada pencapaian ketika sedang mengalami masa sulit. Lagipula, sebagai pelaku usaha kecil, selalu ada saja celah bisnis yang tidak bisa dilakukan oleh komptitor besar. Itu adalah sebuah keuntungan bagi Anda.

Beri perhatian pada hal sederhana

Hampir semua orang pasti pernah merasakan berada dalam daftar tunggu pada layanan pelanggan sebuah perusahaan besar. Meski pada mesin penjawab telepon mereka mngatakan bahwa keluhan pelanggan akan mendapat perhatian serius, rasanya banyak orang tidak begitu percaya lagi dengan ungkapan tersebut. Inilah kesempatan yang dimiliki oleh pelaku usaha kecil untuk bisa melampaui pelayanan dari kompetitor besar, dengan memberikan pelayanan terbaik secara lebih dekat dan personal. Ini bisa dicapai dengan lebih mudah oleh pelaku usaha kecil.

Hal ini menunjukkan bahwa untuk bisa bersaing dengan sebuah bisnis yang sudah memiliki pasar yang sibuk, sebuah perhatian pada hal-hal mendasar sangatlah penting. Hal tersebut bisa seperti menjawab telepon dan menanggapi keluhan pelanggan, kemudahan prosesn pemesanan serta pengiriman, dan berbagai kebutuhan mendasar lainnya. Jika Anda bisa mengakomodasi semua itu dengan baik, maka Anda akan mendapatkan pelanggan setia yang akan datang dan datang lagi untuk kembali brhubungan bisnis dengan Anda.

Menempatkan SDM yang tepat

Ada begitu banyak karyawan yang luar biasa yang bekerja pada berbagai bidang di banyak perusahaan di berbagai sektor juga skala usaha. Namun, pada usaha kecil yang sedang berkembang, terdapat atmosfer berbeda dan unik dalam hal pemanfaatan sumber daya manusia yang dimiliki.

Pada usaha yang baru merintis, semua orang seperti mempunyai peran dalam mencapai sukses atas bisnis yang tengah dirintis, dan itu terkadang bisa berdampak buruk. Pada kompetitor besar, hal ini sangat mungkin terjadi, karena pengawasan lebih sulit dilakukan, sehingga menimbulkan beberapa kelemahan.

Kuncinya adalah, bahwa semua orang mempunyai keahlian yang bebeda. Mengenali lalu kemudian menempatkan SDM yang sesuai dengan kapasitas dan pasion masing-masing bisa dengan lebih mudah dilakukan pada bisnis yang baru berkembang.

Public Relation

Sebagian besar peran dari public relation adalah menyampaikan cerita mengenai mengapa bisnis Anda melakukan apa yang tengah dilakukan saat ini. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan sesuatu hal lain yang bisa mendongkrak bisnis Anda melalui peran sebuah public relation dan menghabiskan banyak biaya untuk bidang ini.

Anda bisa melakukan public relation dengan bergabung ke komunitas bisnis misalnya, atau komunitas lainnya yang mempunyai relevansi dengan bisnis Anda. Intinya, Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda bisa dikenal oleh orang-orang yang tepat. Yang terpenting adalah membuat market Anda mengetahui berbagai hal baik yang bisa diberikan oleh bisnis Anda.

Proses ini sangat sempurna dalam membangun kredibilitas bisnis Anda. Public relation adalah sebuah cara untuk menyampaikan pada pasar potensial Anda, supplier, dan karyawan Anda mengenai apa yang membuat Anda begitu bersemangat terhadap bisnis Anda. Memberi tahu khalayak mengenai bisnis Anda yang sesungguhnya.

Membangun sebuah bisnis memang membutuhkan sebuah dedikasi. Namun dengan kerja tim yang tepat, kepercayaan diri akan kemampuan yang Anda miliki, dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen, bisnis Anda akan bis bertahan dan sangat mungkin untuk meraih sukses yang Anda inginkan.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment