| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

3 Teknik Marketing Cepat, Simpel dan Murah

marketing murah cepat simple, tips marketing

PELAKU UKM - Marketing. Perusahaan-perusahaan di semua sektor dan dari semua ukuran perlu mencurahkan waktu dan sumber dayanya untuk memasarkan brand mereka jika mereka ingin membangun basis konsumen yang setia. Tapi usaha kecil khususnya mungkin khawatir karena mereka tidak selalu memiliki sumber daya yang cukup untuk mempromosikan diri sebanyak yang mereka inginkan.

Namun, ada banyak metode pemasaran sederhana yang tidak perlu biaya mahal, namun masih sama efektifnya dalam meningkatkan profil perusahaan dengan biaya lebih besar.

Jadi cara pemasaran apa yang murah dan mudah yang bisa ditawarkan bagi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan sangat mungkin untuk memberikan hasil terbaik bagi perusahaannya?



Merchandise gratis

Perusahaan-perusahaan bisa mendapatkan hasil yang terbaik atas investasi mereka dalam pemasaran jika mereka menggunakan pendekatan yang memiliki dampak jangka panjang, tanpa biaya yang tinggi tentunya.

Memberikan barang-barang promosi bisa menjadi pilihan yang baik, karena hanya memerlukan satu kali investasi  dapat menyebabkan nama merek terlihat dari hari ke hari oleh banyak orang.

Barang-barang seperti pensil berlogo perusahaan, buku harian, mouse-pad, mug dan gantungan kunci adalah benda-benda yang benar-benar berguna, sehingga si penerima barang promosi ini kemungkinan besar akan menggunakannya baik di rumah maupun di tempat kerja.

Anda juga bisa mencoba menggunakan media sticker. Simpel, namun cukup efektif. Tentu Anda sudah cukup mengenal situs KAPANLAGI.COM bukan? Mereka adalah contoh nyata sebuah keberhasilan dari penggunaan sticker sebagai media promosi.

Akibatnya, orang-orang ini pada dasarnya akan menampilkan nama perusahaan dan logo perusahaan secara otomatis.

Ini berarti Anda telah melakukan promosi dengan biaya jauh lebih hemat daripada berinvestasi pada sesuatu yang bisa dilupakan hanya dalam sekejap, seperti iklan TV, radio atau di koran misalnya.

Sosial media

Banyak perusahaan telah menggunakan situs seperti Facebook dan Twitter sebagai alat promosi, karena situs-situs ini adalah cara yang bagus untuk membagikan berbagai informasi mengenai brand juga sekaligus produk kepada basis konsumen mereka dan target mereka melalui konten yang menarik yang relevan.

Tapi mungkin salah satu aspek yang paling menonjol dari situs ini adalah bahwa situs-situs ini tidak perlu biaya alias gratis, sehingga pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan anggaran pemasaran yang besar untuk membuat account dan menggunakannya untuk mempromosikan merek mereka.

Tentu saja, mereka harus menghabiskan waktu untuk memantau halaman mereka dan melibatkan para pengikut mereka sehingga mereka bisa menanggapi komentar, keluhan dan umpan balik langsung, serta mengirimkan status dan juga konten yang menarik untuk melibatkan viewer mereka.

Investasi pada sosial media marketing bisa mendatangkan timbal balik yang cukup besar dan perusahaan dapat menemukan bahwa media sosial memang sangat efektif dan - yang terpenting - merupakan cara yang sangat terjangkau untuk menyebarkan kabar berita kepada pelanggan.

Video online

Situs seperti YouTube dan Vimeo memungkinkan orang untuk meng-upload konten video ke internet. Pelaku bisnis bisa menggunakan kedua platform ini sebagai cara untuk meningkatkan profil mereka dan mendatangkan "perbincangan" di kalangan komunitas online. Cara ini terbukti sangat sukses dalam menaikkan brand perusahaan Anda.

Lagi pula, video tersebut tidak harus berupa iklan langsung. Pelaku bisnis harus bisa sekreatif yang mereka suka dalam memproduksi konten video, sehingga mereka dapat memproyeksikan brand image mereka dengan cara baru dan imajinatif.

Video ini kemudian dapat dilihat oleh khalayak luas jika mereka membagikannya di media sosial seperti Facebook, di mana video mereka mungkin bisa menyebar dan disebarkan kembali oleh sejumlah besar orang. Contoh sederhana, Anda tentu sangat kenal dengan iklan dari BERNIAGA.COM bukan? Sebuah iklan yang memiliki lagu menarik dan sangat catchy, dan tentu saja brilian. Sekarang ini banyak orang yang secara viral juga membuat iklan yang sama dengan versi mereka sendiri. Sebuah penyebaran iklan secara gratis yang cerdas..

Mengenali dan mengetahui viewer, lalu ditambahkan dengan sedikit imajinasi ternyata bisa memberikan dampak jauh lebih penting daripada mengeluarkan banyak uang dalam menentukan keberhasilan kampanye pemasaran, sehingga perusahaan yang lebih kecil tidak terus mengalami kerugian besar jika mereka memang memiliki anggaran terbatas.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment