| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

5 Pertanda Anda Harus Mulai Menggunakan Barcode

barcode, tips, usaha kecil
PELAKU UKM - Barcode. Pemilik usaha kecil biasanya dihadapkan dengan banyak sekali tantangan setiap hari. Mereka perlu untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, melayani semua segmen pembeli, menarik calon pelanggan baru, mengelola barang, mengontrol persediaan barang dan memaksimalkan margin keuntungan mereka. Untungnya, berbagai penemuan penting dalam bidang bisnis sekarang ini mampu membuat pelaku bisnis untuk bisa menyederhanakan cara bagaimana kita menjalankan bisnis. 

Dapatkah Anda membayangkan industri ritel beberapa dekade yang lalu, ketika sistem barcode yang ternyata penting bagi bisnis kita hanya dianggap fantasi belaka? Orang harus bekerja ekstra untuk sekedar melacak barang dagangan dan catatan laporan penjualan mereka. Mereka juga menjaga akurasi dan mencegah kesalahan yang terkait dengan entri data manual. 

Jika saat ini Anda sedang berusaha untuk melakukan upgrade atau membuka usaha baru Anda, berikut adalah lima tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ini akan menjadi langkah yang cerdas dan sangat perlu Anda lakukan. 

1. Anda harus mempercepat siklus penjualan Anda 

Entri data secara manual bisa sangat merepotkan; belum lagi fakta bahwa cara ini sangat memungkinkan untuk sejumlah kesalahan yang dapat mempengaruhi pelayanan Anda dan juga reputasi Anda. Menurut WikiHow, membaca 12 digit UPC (Universal Product Code) adalah proses yang cukup rumit yang memerlukan pengetahuan, pengalaman dan pemahaman yang tepat tentang dasar-dasar bar code. Anda mungkin masih menggunakan cara lama ini untuk mengesankan teman-teman Anda, namun, membaca dan memasukkan data entri secara manual tentu bukan ide yang bagus untuk masa sekarang ini, terutama jika toko Anda penuh sesak dan pelanggan Anda sudah menunggu lama dalam antrean untuk membayar barang dagangan Anda. 

Jika Anda perlu untuk mempercepat siklus penjualan Anda, mempertimbangkan untuk menerapkan sistem barcode dan membeli kit hardware yang akan mendukung upgrade ini. 

2. Anda harus mencari jalan untuk mengurangi waktu pelatihan karyawan 

Mengajarkan karyawan baru bagaimana cara memasukkan data barcode secara manual bisa sangat melelahkan dan memakan waktu. Di sisi lain, jika Anda sudah menggunakan sistem barcode dan scanner yang tepat, beban tersebut akan langsung hilang. Anda menunjukkan pada karyawan baru Anda bagaimana menggunakan scanner genggam hanya dalam hitungan beberapa menit; ditambah lagi, karyawan baru tidak perlu khawatir mengenai bagaimana supaya bisa memahami prosedur penetapan harga secara keseluruhan atau menganalisis aspek-aspek lain yang terkait dengan fase checkout. Barcode memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi bisnis Anda dan meminimalkan waktu pelatihan dan juga biaya. 

3. Anda sangat memperhatikan tingkat akurasi entri data Anda

Menurut studi terbaru, dilaporkan bahwa satu kesalahan manusia terjadi untuk setiap 300 karakter yang dimasukkan secara manual. Di sisi lain, scanner barcode modern hampir bebas dari kesalahan dan memastikan sebuah tingkat akurasi tertinggi, mengurangi kerugian, reputasi bersih dan keuntungan yang lebih besar. 

4. Anda mencari metode termurah untuk mengelola barang Anda

Barcode itu mudah dibuat, di-scan dan didata. Unsur-unsur kecil ini sangat penting sekarang ini, karena hampir setiap jenis barang yang Anda terima memiliki barcode. Pada dasarnya, sistem barcode memungkinkan pengguna untuk mengelola barang dagangan mereka dengan cepat, terjangkau, dan mudah. Menurut Scholarpedia, penerapan sistem barcode telah memungkinkan perusahaan ritel dan pengiriman untuk semakin berkembang menjadi lebih murah, lebih cepat dan lebih akurat dalam urusan entri data. 

5. Kontrol inventaris Anda kacau

Apakah Anda tahu berapa banyak barang yang keluar dan masuk gudang Anda setiap hari? Apakah Anda khawatir bahwa dengan tidak adanya strategi pengendalian inventaris yang solid Anda berurusan dengan banyak barang yang hilang/kasus pencurian? Dari sudut pandang ini, sistem barcode merupakan jawaban untuk semua permasalahan Anda. 

Menurut Chron Small Business, barcode mendukung pengendalian persediaan sempurna dan memungkinkan Anda untuk bisa melacak barang Anda kapan saja dan di mana saja. Begitu paket Anda tiba di gudang, Anda bisa mengirim pekerja Anda untuk mengatur produk di rak-rak dan memindainya. Kemudian, mereka bisa membandingkan catatan mereka dengan yang daftar barcode yang telah dipindai pada register. 

Seluruh proses tersebut sangat mudah dan bebas stress. Siapa yang mengira bahwa scanner dapat membantu Anda menghemat begitu banyak waktu, uang dan usaha dan juga bisa menyederhanakan operasional sehari-hari Anda sejauh ini? 

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment