| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Bagaimana Membuat Logo Bisnis Yang Baik

tips bisnis, logo bisnis
PELAKU UKM - Logo Bisnis. Seberapa penting logo bagi sebuah bisnis? 

Sebuah logo dengan berbagai desainnya sekarang ini benar-benar menjadi salah satu penilaian sekarang ini dan oleh banyak pelaku bisnis juga dianggap sebagai komponen paling penting pada sebuah bisnis di luar sana, meskipun ada juga dari mereka ini yang tidak sepenuhnya memahami pentingnya logo bagi bisnis mereka.

Apa itu logo? Logo adalah desain yang unik atau gambar visual supaya bisa dikenali, mencipta ketertarikan, kepercayaan, loyalitas dan sebuah kesan bahwa bisnis Anda yang memegang pasar. Logo masing-masing perusahaan berbeda dari yang lain dalam hal warna, bentuk, font dan gambar juga karakteristik merek serta strategi pemasaran mereka. 

Melihat semua aspek penting yang terkait dengan logo tersebut, memang sangat mengherankan jika ternyata masih banyak orang yang hanya membuat desain logo secara asal-asalan atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk bisa mendapatkan logo yang kuat. 

Mengetahui audiens Anda 

Ini adalah langkah pertama dalam merancang sebuah logo. Siapa yang ingin Anda buat tertarik pada logo Anda? Anak-anak? Perempuan? Pria? Apakah brand Anda mewakilkan pasar global atau hanya lingkup lokal saja? Apakah brand Anda diperuntukkan bagi usia tertentu? Semua pertanyaan ini akan membantu Anda dalam menentukan lebih banyak fitur yang akan Anda akan memiliki, seperti warna, font, desain dll 

Lakukan penelitian terhadap audiens Anda, apa yang mereka suka dan tidak suka, kemudian Anda mulai mengaplikasikannya pada desain logo. Sebagai contoh, Anda mungkin pasti tidak ingin menggunakan efek berkilau pada logo Anda jika target audiens Anda adalah kalangan lansia. Demikian pula, sebuah perusahaan yang target audiens adalah anak-anak tidak akan pernah menggunakan desain yang rumit. 

Visualisasi ganda 

Beberapa logo yang sangat terkenal dan sukses di dunia juga menggunakan teknik ini dan berhasil. Sebenarnya teknik ini adalah menggabungkan dua gambar atau ide menjadi satu untuk membuat suatu desain yang menakjubkan dan genius yang menafsirkan konsep pintar di belakangnya. Cobalah mencari inspirasi pada apa yang Anda lakukan, setelah menemukan beberapa ide, Anda menggabungkan beberapa ide tersebut dalam satu gambar. The Spartan Golf Club di bawah ini sangat cocok untuk menjelaskan hal ini.

contoh logo kreatif

Anda dapat melihat dengan jelas dua gambar yang dipadukan menjadi satu, seseorang dengan tongkat golf dan seorang pria Spartan. Bukankah itu ide yang jenius? 

Warna sangatlah penting 

Beberapa logo terbaik di dunia menggunakan komposisi satu sampai tiga warna. Seperti Apple misalnya, hanya ada gambar buah apel dengan bekas gigitan atau Coca-Cola misalnya, yang hanya menggunakan dua warna. Oleh karena itu cobalah untuk tidak membuat logo Anda menyerupai buku mewarnai anak, karena hal itu akan menyebabkan logo Anda akan sulit untuk dikenal. Menggunakan tiga warna atau kurang adalah pilihan terbaik untuk membuat logo yang jelas, sederhana, menonjol dan mudah dikenali oleh audiens. Selalu mempertimbangkan kemungkinan karies menggunakan logo Anda dan apakah versi itu akan terlihat baik di bawah setiap keadaan atau tidak. 

Jangan meniru logo yang sudah ada

Mungkin akan lebih mudah dan praktis untuk menciptakan sesuatu dari apa yang Anda sukai atau apa yang sudah ada tapi Anda ingat, dengan melakukan itu tidak akan membuat logo Anda menjadi unik, dan orang akan segera mengenali sumber plagiarisme Anda (jika Anda menyalin dari merek terkenal) dan ini bisa mengakibatkan bencana bagi Anda karena akan menyampaikan pesan Anda menjadi malas, tidak original dan berkomitmen atas apa yang Anda lakukan. Ketika Anda melihat logo pesaing Anda, tanyakan pada diri Anda, kira-kira apa yang membuat mereka menonjol, dan apa yang dapat Anda ambil sebagai pelajaran untuk membuat Anda bisa lebih baik dari mereka. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat sketsa. Ambil kertas dan pensil lalu tuangkan sketsa ide Anda.

Keep it Simple 

Menjadi seorang desainer tidak berarti Anda harus menjadi ilustrator mengagumkan dan pergi manuntut ilmu ke luar negeri untuk bisa merancang logo. Bahkan jika Anda bukan seorang desainer profesional, Anda tidak perlu khawatir. Buatlah logo Anda sesederhana mungkin dan coba unuk memberikan keunggulan unik agar mudah dikenali. Logo yang sederhana dalam industri bisnis sudah teruji oleh waktu untuk membuatnya dikenal luas dan telah menjadi salah satu logo yang paling kuat di dunia saat ini seperti Apple. Gambar sebuah apel memang terkesan membosankan, tapi adanya bekas gigitan-lah yang membawanya ke tingkat berikutnya (komputer dan byte dari plesetan kata "bite" yang artinya: gigit).

logo kreatif

Perbaikan

Sebuah logo selalu berevolusi. Anda juga boleh untuk melakukan berbagai perbaikan pada logo Anda supaya bisa tampak lebih menarik. Silahkan Anda bayangkan bagaimana logo Anda akan terlihat setelah 5 atau 10 tahun dari sekarang.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment