| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

5 Tips Memulai Bisnis Online Anda

tips bisnis, trik usaha, online store
BISNIS ONLINE - Online store. Membangun jaringan online sudah menjadi perhatian utama bagi sebagian besar pemilik bisnis saat ini. Dengan semakin banyak orang belanja secara online membuat pertumbuhan bisnis online sangat masuk akal . Jika Anda berminat untuk memulai sebuah online store, baik itu fahion online store, baby shop online, atau bisnis online lainnya, maka berikut ini beberapa tips praktis mengenai bagaimana langkah-langkah memulai sebuah online store.

1. Pilih niche yang tepat

Sebelum Anda memulai sebuah online shop, pertama kali coba pikirkan tentang apa kira-kira jenis produk atau jasa yang sedang dicari oleh orang-orang, baru kemudian Anda membangun bisnis yang berkaitan dengan hal itu. Fokuslah pada satu produk tunggal akan membuat bisnis yang lebih baik lagi. Misalnya, membuat sebuah fashion online store yang menjual berbagai jenis kaus kaki untuk semua kelompok umur mungkin bisa menjadi niche yang sangat menguntungkan. Ide lain adalah gaun pengantin, karangan bunga, bahan makanan, makanan hijau, dll



Hal ini dapat diterapkan untuk bisnis layanan juga. Anda dapat menawarkan layanan asisten virtual, jasa, fotografi, menulis, menjual seni cetak, dll

Berfokus pada jenis bisnis yang berbeda akan membuat Anda menonjol, dan persaingannya juga tidak terlalu ketat. Luangkan waktu untuk melakukan penelitian dan memilih produk atau jasa yang orang-orang cari tapi belum banyak penjual / penyedia layanan menawarkan hal serupa.

2. Jelajahi marketplaces online

Anda mungkin belum mampu untuk menyiapkan sebuah website untuk menjual produk Anda dalam waktu dekat. Namun Anda bisa memasang penawaran bisnis Anda pada berbagai marketplace online seperti OLX, Berniaga, dll. Selain berfungsi sebagai langkah awal, ini juga bisa sekaligus sebagai perkenalan Anda dalam membaca situasi pasar dan jika Anda melakukannya dengan baik dan menurut Anda ternyata bisnis tersebut cukup layak secara finansial maka Anda dapat mengambil langkah persiapan yang lebih matang dalam menyiapkan website Anda nantinya.

Hal positif yang Anda dapatkan dengan memasang penawaran pada situs-situs tersebut adalah bahwa mereka juga memberi layanan dalam mengurus pembayaran dan banyak juga yang menawarkan dukungan pengiriman dengan harga miring.

3. Menyiapkan akun pembayaran

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jual-beli online sangat sarat dengan penipuan. Untuk menanggulangi masalah itu, pilihlah opsi seperti fitur bisnis PayPal atau akun "rekening bersama" untuk menerima dan membayar uang dengan mudah. Namun, untuk masalah ini Anda perlu membuat rekening di bank sehingga orang-orang bisa membayar dengan kartu kredit atau menerima transfer pembayaran. 

4. Gunakan social media untuk mempromosikan toko Anda

Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu di jaringan sosial. Anda perlu menggunakan Facebook, Twitter, YouTube, Pinterest dan Instagram atau sosial media lainnya untuk mempromosikan bisnis Anda, karena di situlah pembeli berada. Media sosial adalah alat penting untuk menghubungkan dan melibatkan pelanggan Anda.

Anda dapat menggunakan gambar dan kata-kata untuk membangun hype dan membuat orang tertarik pada produk dan jasa Anda. Viral marketing ini sangat mungkin dilakukan lewat media sosial dan jaringan sosial selain itu dengan biaya rendah.

5. Terakhir: Pertimbangkan Web Security

Web security sangat penting ketika Anda memutuskan untuk melakukan bisnis online. Bila Anda memilih untuk membuat sebuah toko web atau melakukan bisnis pada platform online, maka keamanan informasi dan transaksi tentunya  sangat penting.

Tahukah Anda bahwa ketika pelanggan Anda merasa aman, mereka lebih cenderung untuk membeli dari toko online Anda? Membeli sertifikat SSL dari penyedia sertifikat SSL akan membantu Anda mengamankan toko online Anda, serta meningkatkan "kepercayaan" pelanggan online Anda.

Membangun sebuah toko online adalah cara untuk mingkatkan level bisnis Anda. Jika Anda ingin merambah pasar tanpa harus berurusan dengan batas-batas geografis dan keterbatasan lainnya, sudah pasti online store adalah sebuah pilihan yang harus Anda ambil. Sebuah saran kecil, Anda hanya butuh beberapa penelitian dan persiapan yang baik  untuk berhasil.

Demikin.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment