| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Anda HARUS Mempunyai Online Store

online store
PELAKU UKM - Online Store. Memiliki lokasi toko secara fisik sekarang ini sudah tidak lagi cukup untuk bersaing di tengah persaingan yang semakin ketat. Tahun lalu saja, 41,3% pengguna Internet global melakukan pembelian produk secara online. Anda bisa bayangkan, dengan mengabaikan eCommerce, Anda mungkin akan kehilangan 41,3% dari pelanggan potensial. 

Sejak internet mulai memasyarakat, internet telah membawa dampak yang luar biasa pada budaya kita dan secara drastis mengubah cara konsumen membeli dan juga bagaimana sebuah bisnis berjalan. Bahkan sebuah survey tang dlakukan oleh Neilsen menunjukkan bahwa 61% konsumen menghabiskan banyak waktu untuk meneliti produk secara online sebelum membeli.

Sebuah penawaran yang menarik dan menguntungkan memang selalu menjadi incaran para pembeli yang cerdas. Sebelumnya, konsumen harus mengunjungi beberapa toko yang berbeda untuk mencari penawaran dan kualitas terbaik sebelum melakukan pembelian. Tapi sekarang, konsumen tidak hanya beralih ke internet untuk melihat situs online store, tetapi saat ini juga sudah banyak berbagai aplikasi dan situs web yang berisi perbandingan produk juga berbagai review lainnya mengenai produk tertentu, sehingga konsumen bisa langsung bisa menentukan pilihannya.

Konsumen selalu ingin teliti dalam melakukan perbandingan produk sejenis, memeriksa spesifikasinya, dan membaca ulasan mengenai produk yang mereka cari. Sebanyak 71% konsumen lebih suka membaca ulasan produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Sebuah situs online store tentunya bisa memenuhi kebutuhan ini dengan berbagai katalog produk, lengkap dengan perbandingan antar produk, berberapa kemudahan dalam transaksi.

Dalam urusan pembelian, tidak peduli seberapa besar atau kecil, biasanya konsumen bergantung pada konsumen lain sebagai referensi dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak. Dengan menggunakan peringkat bintang atau umpan balik terbuka pada platform publik terhadap suatu produk yang ditawarkan dapat membantu konsumen dalam mengambil keputusan. Jika peringkat bintang suatu produk mendapatkan peringkat tinggi, bukankah itu artinya produk tersebut mendapat pengakuan positif dari konsumen lainnya?

Namun, Anda juga tidak boleh melupakan hal lain selain dampak penjualan yang dihasilkan dari aktifitas online store, yakni SEO (Search Engin Optimization). Seach Engine populer seperti Google menyukai konten yang baru dan asli. Karenanya Google lebih sering menempatkan situs dengan karakteristik tersebut pada posisi lebih tinggi pada halaman search engine. Dengan meminta review produk pada pelanggan bisa membantu online store Anda mendapatkan page rank terbaik bagi bisnis Anda.

Lalu, jika kita lihat mengenai bagaimana pelanggan mempertimbangkan niat mereka untuk membeli, jumlah persentase pelanggan yang memilih untuk bertransaksi secara online bervariasi, tergantung pada kategori produk. Seperti yang dilansir dari Neilsen, bahwa melakukan belanja secara online ternyata dinilai menarik berdasarkan kriteria usia yang berbeda. Sebuah contoh, sebagai generasi yang dibesarkan di era digital (usia 21-34) yang paling besar peluang untuk melakukan pembelian online dengan 53%, menurut data yang diperoleh oleh Nielsen. Tidak peduli bentuk produknya, apakah itu tiket acara, elektronik, tiket penerbangan, atau bahan makanan, kelompok usia ini bergantung pada kenyamanan web untuk sebagian besar pembelian yang mereka lakukan. 

Untuk kategori usia lainnya bisa Anda lihat di bawah ini :
  • Usia dibawah 20 tahun 5 - 9%
  • Usia 20 - 34 tahun 52 - 63%
  • Usia 35 - 49 tahun 25 - 30%
  • Usia 50 - 64 tahun 6 - 13%
  • Usia diatas 65 tahun 1 -3%

Statistik ini membuktikan pentingnya memiliki online store untuk setiap pelaku usaha dagang. Dengan jumlah pesaing yang terus meningkat, Anda tidak bisa terus berada di belakang pesaing Anda. Walaupun mungkin tampak seperti sebuah strategi yang lumayan sulit bagi beberapa pemilik usaha yang masih awam dengan dunia internet atau yang hanya memiliki anggaran terbatas, ada solusi yang bisa Anda tempuh dengan cepat dan sederhana. Seperti mulai membangun blog menggunakan platform gratisan misalnya.

Yang terpenting adalah, Anda harus segera membuat bisnis yang Anda jalankan bisa terjangkau lebih luas melalui internet.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment