| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Deskripsi Produk Yang Lengkap Bisa Membangun Kepercayaan Pelanggan

deskripsi produk, kepercayaan pelanggan
PELAKU UKM - Kepercayaan Pelanggan. E-commerce terbukti mampu memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan, meskipun tetap saja tidak dapat disamakan dengan pejualan produk di toko fisik, atau menyentuh dan merasakan barang dagangan secara langsung. Para pembeli bisa mengetahui dan merasakan berbagai informasi serta pengalaman indrawi ini secara online melalui deskripsi produk yang dibuat dengan baik. Dengan deskripsi produk secara lengkap, Anda bisa meyakinkan pengunjung website Anda bahwa produk Anda sangat sesuai dengan apa yang mereka cari. 

Gambar, gambar, dan gambar

Satu buah gambar dari sebuah produk tidaklah cukup, terutama untuk produk yang membutuhkan informasi rinci, seperti pakaian, mainan atau peralatan rumah tangga. Pastikan usaha Anda untuk selalu memberikan berbagai foto dari berbagai sudut secara detail. Ini akan membantu pelanggan untuk lebih memahami produk secara keseluruhan dan menggambarkan tingkat kualitas produk yang diminatinya sehingga mereka bisa percaya diri dalam keputusan pembelian mereka. 

Video

Jika produk Anda memerlukan sebuah demonstrasi atau mungkin akan terlihat lebih menarik dalam gambar bergerak, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan sebuah video untuk membantu Anda dalam menggambarkan produk Anda. Cara ini dapat memberi manfaat lebih untuk berbagai produk, terutama produk yang: 
  • Perlu dirakit seperti furnitur atau mainan. Hal ini dapat membantu dalam menampilkan betapa sederhana dan cepat proses perakitan sebuah produk bisa dilakukan. Pelanggan juga mendapat referensi video tersebut setelah mereka menerima produk yang mereka beli untuk membantu membimbing mereka proses perakitan tersebut sendiri di rumah mereka.
  • Perlu penjelasan visual. Menampilkan proses layanan suatu produk akan membantu pelanggan untuk lebih memahami mengenai pelayanan apa yang bisa Anda berikan dan juga hasil yang mereka harapkan. Hal ini juga bisa menjadi sebuah cara yang lebih baik dalam menjawab FAQ. 
  • Perlu membangun kegembiraan. Terkadang suatu produk yang terbaik hanya bisa disajikan melalui sebuah demonstrasi langsung ketimbang hanya melalui gambar diam untuk bisa benar-benar meningkatkan ketertarikan pelanggan. Zappos.com, misalnya, mereka melakukan pekerjaan yang besar dengan mendemonstrasikan sebagian besar produk, baik itu sepasang sepatu, peralatan masak, atau tempat tidur. Dengan membangkitkan minat dan kegembiraan pada produk Anda dengan secara langsung memberikan contoh mengenai bagaimana pelanggan kemudia bisa menggunakannya.
Perhatikan mengenai panjang dan format deskripsi

Memberi lebih tidak selalu lebih baik. Deskripsi produk yang terlalu panjang justru malah membuat konsumen pergi. Deskripsi produk antara 250-300 kata adalah yang paling efektif. Jika produk Anda memerlukan rincian lebih lanjut, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan daftar bullet untuk menggambarkan spesifikasi yang berbeda seperti dimensi, kategori produk, membuat / detail model, dll.

Membuat hal-hal yang menarik

Beberapa usaha kecil mungkin banyak dikenal karena memiliki kepribadian yang unik, baik itu lucu, ramah atau bahkan imut. Hal-hal seperti itulah yang tidak boleh hilang dalam sebuah deskripsi produk disamping sebuah rincian produk yang jelas. Sebagai contoh, misalnya Disney Store, mereka terus membakar imajinasi pelanggannya, tidak peduli kelompok usia pelanggan mereka. Mereka berhasil membawa kepribadian perusahaan ke dalam deskripsi produk-produknya. Namnun Anda juga harus perhatikan, jika bisnis Anda tidak memiliki sikap seperti itu, jangan mencoba untuk menggambarkan bisnis Anda melalui cara yang sama sekali tidak menggambarkan bisnis Anda. 

Jangan mengabaikan SEO

Berpikirlah dari sudut pandang pembeli Anda. Kata-kata apa yang kira-kira akan mereka gunakan saat mencari produk Anda? Anda, sebagai profesional industri mungkin bisa menggunakan istilah tertentu, namun konsumen umum mungkin tidak. Hindari penggunaan istilah-istilah yang sulit. Hal ini penting, karena search engine tidak hanya memindai konten berupa teks, tetapi juga gambar. Jika foto Anda tidak menyertakan tag alt atau nama file yang relevan, maka akan terlewat atau bahkan terabaikan oleh search engine seperti Google atau Bing. Pastikan untuk menggunakan banyak keyword di seluruh deskripsi produk termasuk keterangan, berita utama, sub judul, dan tag alt.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...



0 komentar:

Post a Comment