| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Rahasia Sukses Dalam Bisnis - Menjaga Fokus Dalam Bisnis

tips, wirausaha, ide bisnis, fokus dalam berbisnis, fokusPELAKU UKM - Fokus Berbisnis. Bagi Anda yang tengah merintis sebuah bisnis, mungkin Anda mempunyai banyak sekali fokus yang Anda kejar dalam upaya Anda untuk membangun dan membuatnya bisa bertahan dan berkembang. Ada banyak hal memang yang diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Namun apa Anda tahu hal terpenting apa yang harus benar-benar Anda perhatikan?

Lalu apakah hal terpenting dalam dunia bisnis menurut Anda? Apakah modal uang, pemasaran yang hebat, kualitas produk atau layanan pelanggan yang memuaskan? Memang, tidak dipungkiri bahwa semua hal tersebut sangatlah penting. Tetapi bila kita berbicara mengenai bagaimana dalam meraih suksesnya sebuah bisnis maka jawabannya adalah fokus dalam berbisnis.

Banyak pelaku usaha menginginkan banyak hal untuk diraih saat menjalankan usahanya pertama kali. Namun tidak sedikit yang ujung-ujungnya justru berakhir dengan menutup dan menjual bisnisnya. Ini sering terjadi karena banyak pengusaha pemula yang melupakan hal utama, yakni FOKUS dalam menjalankan usahanya. Lalu bagaimana Anda yang masih tergolong pemula untuk bisa meningkatkan fokus dalam menjalankan usaha?

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

Menemukan Pokok Permasalahan

Setiap bisnis, apapun bentuk maupun skalanya pasti memiliki suatu masalah bagi pelakunya. Hal pertama yang selalu menjadi perhatian dari pelaku bisnis pemula maupun yang sudah lama adalah menemukan masalah tersebut lalu mencari solusi atas permasalahan tersebut. Masalah yang umum dialami biasanya berkaitan dengan masalah pemasaran, sedangkan dalam pelaksanaan pemasaran, tidak semua pelaku usaha mengetahui bagaimana solusinya.

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda pilih untuk menyelesaikan masalah dalam usaha yang Anda jalani. Namun dalam menemukan masalah yang Anda alami, Anda bisa lakukan sebuah riset pasar. Cara ini terbukti sangat berguna untuk menemukan berbagai informasi mengenai target pasar Anda. Terlebih lagi sekarang melakukan riset pasar bisa dilakukan menggunakan internet, atau Anda juga bisa memilih untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen Anda.

Dengan melakukan riset ini, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar atau konsumen Anda. Dengan berfokus pada hasil riset yang Anda lakukan tersebut, maka Anda akan lebih mudah mencapai keberhasilan.

Pelajari Pesaing Anda

Usaha yang Anda jalani tidak berjalan sendiri. Di luar sana ada banyak sekali pelaku usaha yang juga menawarkan produk ataupun jasa yang sama dengan apa yang Anda tawarkan. Mereka adalah para pesaing Anda. Dan, untuk bisa menjaga fokus dalam berbisnis, Anda juga harus tahu siapa dan seperti apa pesaing bisnis Anda. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui pola bisnis yang mereka jalankan.

Bila pola bisnis yang mereka jalankan ternyata sama dengan yang Anda jalankan, Anda tidak perlu khawatir. Karena dengan mempelajari pola bisnis mereka, Anda bisa mengetahui juga di mana letak kekurangan mereka. Ini bisa Anda gunakan sebagai cerminan, supaya Anda bisa memperbaiki pola bisnis Anda sendiri dan pada akhirnya Anda bisa memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik. Jika Anda berhasil dalam memperbaiki pola bisnis Anda, maka tentunya Anda akan bisa menarik lebih banyak konsumen.

Mempelajari Tahapan Bisnis Anda

Anda pelaku usaha pemula tentunya akan memikirkan model bisnis apa yang akan dipilih. Hal ini memang perlu dilakukan. Sebelum memulai sebuah usaha, memang Anda dituntut untuk lebih dulu mengetahui model bisnis yang akan Anda gunakan.

Setelah menemukan model bisnis yang cocok untuk Anda, maka Anda baru bisa melangkah pada tahap selanjutnya. Begitu juga setelah tahap selanjutnya selesai, Anda lanjut ke tahap selanjutnya secara bertahap dan sistematis.

Berkenaan mengenai fokus dalam berbisnis, adalah sangat pentng untuk bisa mempelajari tiap-tiap tahapan yang harus ditempuh dalam menjalankan bisnis. Dengan demikian, Anda bisa tahu tujuan yang ingin Anda ingin capai terlebih dahulu.
Pada dasarnya, fokus dalam berbisnis adalah sama dengan membuat daftar prioritas. Untuk bisa melakukannya, Anda harus benar-benar paham mengenai bisnis yang Anda jalani. Karena, dengan demikian Anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan langkah tepat untuk perusahaan Anda.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment