| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Ilmu Usaha Yang Bisa Didapat Dari YouTube #1

ide bisnis
PELAKU UKM. Banyak ilmu usaha yang sebenarnya bisa dengan mudah kita peroleh secara gratis tanpa perlu membayar biaya apapun, karena yang dibutuhkan hanyalah kemauan untuk menyimak dan belajar. Anda bisa memperolehnya dari YouTube.

YouTube adalah sebuah situs video blogging paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di dunia sekarang ini. Tentu Anda bisa memperoleh banyak hal dari sekedar menyimak video-video yang ada di dalamnya.

Pada sesi kali ini kami ingin mencoba memberikan sedikit pencerahan bagi Anda untuk memilih beberapa usaha yang bisa Anda pelajari langsung hanya dengan menyimak video-video di YouTube, dan Anda bisa langsung mempraktekkannya dan mulai merintis usaha kecil Anda

1. Terapi Pijat

Anda mungkin tidak tahu bahwa potensi usaha terapi pijat ternyata memiliki nilai bisnis yang cukup tinggi. Pijat memang sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat, terlebih karena citra pijat memang selama ini cukup kental dengan bisnis nafsu, alias prostitusi terselubung. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Tidak semua orang mencari layanan pijat untuk hal semacam itu.

terapi pijat
Terapi pijat sekarang ini terbilang merupakan bisnis jasa yang tanpa modal, karena Anda yang ingin memulai bisnis ini cukup memiliki modal pengetahuan mengenai teknik memijat, dan Anda siap untuk memulai usaha ini.

Jika Anda mengira bahwa untuk menguasai ilmu memijat ini Anda harus kursus atau berguru pada sebuah lembaga pendidikan, itu adalah pilihan Anda. Anda boleh melakukannya, jika Anda memang memiliki budget untuk mmbayar biaya kursus pijat, sebab memang sekarang ini lembaga pendidikan pijat sudah cukup mudah ditemukan. Tapi jika Anda ingin menempuh cara yang lebih mudah dan murah, Anda bisa mempelajari berbagai ilmu pijat ini di YouTube.

Setelah Anda memasukkan kata kunci yang Anda pilih untuk melajar mengenai teknik pijat, maka akan ada banyak teknik pijat yang bisa Anda simak dan Anda pelajari. Untuk teknik pijat tradisional Indonesia, Anda bisa memasukkan kata kunci "Pijat tradisional", atau untuk hasil yang lebih beragam dari seluruh dunia, Anda bisa memasukkan kata kunci "massage technique" atau "massage theraphy".

Mempelajari beberapa macam teknik pijat dari YouTube memang menyenangkan, sekaligus bisa memperkaya wawasan Anda mengenai berbagai teknik pijatan, karena nantinya pasien Anda tentu akan mengajukan berbagai macam permintaan pijatan.

Uji kemampuan Anda

Semua jenis usaha memiliki tujuan yang sama : Kepuasan konsumen. Itu akan menjadi fokus utama Anda dalam menjalankan usaha. Karena konsumen yang tidak puas akan sangat kecil kemungkinan untuk menjadi pelanggan Anda.

Anda adalah pemain baru dalam bisnis ini. Ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Anda uji dulu kemampuan yang Anda dapat dari mempelajari berbagai teknik pijatan tersebut, apakah sudah pas, apakah tenaga yang Anda berikan terlalu pelan, terlalu keras, atau sudah cukup. Anda bisa melakukan uji coba tersebut pada keluarga Anda dahulu sebelum pada orang lain.

Pemasaran
  • Spanduk/Banner
Anda bisa memasang spanduk atau banner di depan rumah Anda agar bisnis Anda diketahui orang, minimal oleh para tetangga, atau orang-orang yang lewat di depan rumah Anda.
  • Selebaran
Meskipun terbilang agak mahal dari segi biaya, promosi lewat selebaran bisa Anda coba untuk hari-hari tertentu, seperti misalnya pada momen car free day, karena umumnya orang-orang berkumpul melakukan olahraga. Waktu ang tepat untuk mempromosikan usaha Anda.
  • Internet
Tidak bisa dipungkiri lagi, internet merupakan sebuah tool yang harus dimiliki oleh hampir semua jenis usaha, termasuk bisnis terapi pijat yang sedang Anda rintis. Anda bisa mempelajari berbagai tips pemasaran lewat internet di banyak situs marketing.

Memperluas wawasan

Bisnis terapi pijat merupakan salah satu cabang usaha jasa yang mengharuskan Anda untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, baik dalam ekonomi, pendidikan, pekerjaan, juga minat. Untuk mnciptakan suasana yang nyaman, Anda harus memperkaya wawasan Anda. Jadikan hal tersebut sebagai salah satu pelayanan Anda. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika sedang memijat, pasien Anda mengajak Anda mengobrol soal suatu tema dan Anda tidak bisa mengimbangi, bukankah sepanjang sesi pemijatan itu akan terasa membosankan bagi pasien Anda bukan?

Perluas wawasan Anda. Percayalah, bahwa dengan sekedar menguasai tema obrolan, Anda juga bisa memenangkan hati konsumen, dan bukan tidak mungkin akan segera berubah menjadi pelanggan stia Anda.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin...


0 komentar:

Post a Comment