| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Bagaimana Cara Kerja Social Media Marketing

internet marketing - social media marketing
PELAKU UKM - Internet Marketing. Apa yang terjadi jika bisnis Anda tanpa memanfaatkan media sosial? Gambaran yang mungkin mirip adalah seperti sebuah gurun pasir di pedalaman Afrika. Kering, sepi, dan menjelang mati. Pada lingkungan bsnis sekarang ini, social media marketing sekarang ini tidak hanya vital, namun bisa dibilang sangat menentukan kelangsungan sebuah bisnis.

Memang untuk melakukannya akan membutuhkan usaha dan upaya yang tidak sedikit untuk memasarkan bisnis Anda melalui sosial media, namun begitulah adanya. Nilai positifnya adalah, bahwa sosial media mampu menciptakan sebuah peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya, bukan begitu? Dulu, jika Anda tidak memiliki uang, otak, koneksi, strategi pemasaran yang brilian, dan produk yang benar-benar inovatif, sangat mustahil bisa membuat bisnis Anda bisa berjalan. Tapi sekarang, dengan semua fasilitas online, strategi internet marketing, informasi online, dan jaringan internet, membangun sebuah bisnis yang sukses tidak lagi milik beberapa kalangan saja.

Apa itu social media marketing

Social media marketing adalah salah satu bentuk internet marketing yang mempergunakan media sosial untuk mempromosikan sebuah bisnis. Seperti strategi marketing lainnya, internet marketing menggunakan media sosial adalah untuk membangun brand serta menumbuhkan usaha Anda. Website media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, Tumblr, Twitter, dan Pinterest digunakan oleh jutaan orang setiap harinya di seluruh dunia. Jika hari ini mereka menggunakan media sosial untuk berhubungan dan berkomnikasi, besok meeka bisa menjadi pelanggan Anda.

Sosial media marketing bertujuan untuk menjalin hubungan melalui media sosial sehingga mendatangkan traffic ke website utama Anda, dengan begitu akan meningkatkan bisnis Anda baik dari segi brand maupun penjualan.

Menjangkau pelanggan melalui media sosial memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda, memperoleh feedback, tetimonial, bahkan juga referral. Dengan terus memantau dan melakukan update, juga secara konstan mejaga komunikasi dengan pelanggan Anda, maka secara otomatis brand bisnis Anda akan meningkat di mata pelanggan lama, juga di mata calon pelanggan.

Apa fungsinya

Membangun konsumen melalui media sosial adalah hal yang paling trend saai ini. Jika Anda belum menggunakan media sosial dalam usaha Anda membangun bran dan mengembangkan bisnis Anda, maka Anda tela melewatkan sebuah alat usaha di mana para konsumen berada dan mencari produk dan informasi yang mereka cari.

Dulu, media pemasaran yang dikenal adalah media televisi, radio, brosur, dan informasi mulut ke mulut. Diantara semua itu, yang termurah dan efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Media sosial kurang lebih berfungsi sama seperti pemasaran dari mulut ke mulut, namun dengan metode yang jauh lebih menyenangkan, karena Anda bisa menyertakan gambar, bahkan video.

Semua itu pada akhirnya bisa mengundang traffic pada website bisnis Anda.

Apa artinya?

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu menyertakan media sosial ke dalam bisnis Anda, dan keuntungan yang Anda dapat juga sangat besar. Pertama, untuk membangun sebuah bisnis yang sukses, tentu Anda membutuhkan konsumen. Itu artinya, Anda perlu mepromosikan bisnis Anda. Sekarang ini, media promosi yang paling berpengaruh dan paling efektif, tidak diragukan lagi, adalah internet. Hampir semua orang sekarang ini merupakan pengguna internet. Miliaran orang setiap hari menggunakan internet untuk berkomunikasi, melakukan riset, bekerja dan bersosialisasi. Ada miliaran pelaku bisnis, yang mungkin kebanyakan adalah para pesaing Anda, tengah berusaha membangun brand mereka terhadap orang-orang ini. Hal ini berarti persaingan akan semakin ketat, dan Anda perlu memanfaatkan semua amunisi pemasaran Anda untuk menarik semua calon konsumen tersebut secepatnya.

Sejak lebih banyak orang menggunakan media sosial, itu membuat media sosial merupakan media iklan paling besar saat ini. Jika sekarang ini Anda merupakan pengguna media sosial raksasa seperti Facebook, Google+, Twitter, juga Instagram, maka itu artinya jutaan orang juga melihat bisnis Anda setiap harinya. Pendek kata, media sosial itu seperti pemasaran dari mulut ke mulut ala internet.

Pemanfaatan media sosial yang efektif memungkinkan Anda untuk mendapatkan cakupan yang lebih luas dalam promosi jauh melebihi apa yang dihasilkan dengan menggunakan promosi konvensional. Tentu saja, semakin banyak pengunjung yang terarahkan dari aktifitas promosi melalui media sosial ke website akan meningkatkan jumlah referrel, dan otomatis meningkatkan profit Anda.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..



0 komentar:

Post a Comment