| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Strategi Memilih Nama Domain

strategi memilih nama domain
PELAKU UKM - Nama Domain Internet. Tampaknya hampir semua orang punya nama domain sekarang ini, meski nama domain tersebut mereka menggunakan atau tidak. Tapi mungkin Anda ingin menggunakannya. Anda siap untuk memulai bisnis, dan Anda siap untuk serius dalam mencapai sukses. Dan Anda tahu betul bahwa dalam lingkungan bisnis saat ini, internet adalah alat penting yang tidak bisa Anda abaikan. Bahkan, internet bisa dibilang merupakan komponen integral dan mendasar untuk pertumbuhan bisnis Anda, dan itulah mengapa memilih nama domain yang bagus menjadi sangat penting. Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih nama domain. Anda ingin nama domain mudah diingat dan dikenali. Anda ingin tetap di kepala orang-orang, dan memang itu sangat penting supaya mereka tetap ingat tentang produk Anda. Para ahli SEO menyarankan beberapa strategi tertentu yang perlu dipertimbangkan ketika Anda akan memilih nama domain. Jadi bagaimana seharusnya Anda memilih nama domain yang tepat? Apa saja faktor yang harus diperhitungkan sebelum akhirnya membuat keputusan? 

Brand Vs Kata kunci (keyword)

Salah satu yang menjadi perhatian terbesar orang ketika mendaftarkan nama domain baru adalah harus mengandung kata kunci yang berhubungan dengan produk mereka, atau sesuatu yang benar-benar baru dan segar. Alasannya adalah bahwa mereka tidak ingin domain mereka "tersesat" di search engine, dan kata kunci (keyword) dapat menjadi faktor penentu posisi website Anda di jajaran kata kunci pada search engine. Memilih antara menggunakan nama produk Anda atau kata-kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda, atau memilih sesuatu yang sama sekali baru terkdang cukup menguras pikiran, karena masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. 

Sebagai contoh, katakanlah produk Anda adalah topi. Anda memiliki banyak sekali topi untuk Anda jual, dalam segala bentuk dan ukuran yang berbeda, dan Anda yakin produk topi Anda adalah yang terbaik. Sekarang Anda siap untuk mulai memasarkan topi Anda, lalu memilih nama domain. Tapi pilihan mana yang terbaik? Apa Anda harus menempatkan kata 'topi' dalam nama domain? lagi pula, jika orang mencari topi, domain Anda mungkin tidak akan ditemukan jika Anda tidak menempatkan kata 'topi' di suatu tempat pada website Anda. Pastinya sudah banyak sekali pemilik bisnis yang sangat sukses telah menggunakan domain yang benar-benar asli yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan apa yang mereka jual. Google, Twitter, dan Tumblr adalah contoh besar dari domain yang benar-benar tidak memiliki arti apa-apa, tapi hampir semua orang sekarang ini mengakui mereka atas keberhasilan mereka. Nama mereka sangat brandable karena  berhubungan dengan bisnis yang mereka wakili. Bahkan, dalam beberapa kasus, seperti misalnya Xerox, meski merupakan perusahaan lama, nama domain Xerox telah menjadi begitu brandable; bahkan kata "Xerox" sekarang digunakan sebagai kata kerja yang identik dengan brand itu. Google adalah salah satu contoh lain. Anda pasti pernah menggunakan kata "Googling" untuk mengganti kata kerja dalam mencari sesuatu di internet.

Menurut Matt Cutts, kepala tim Web spam di Google, menggunakan kata kunci dalam nama domain Anda tidak selalu memberikan hasil pecarian seperti yang diinginkan. Jika Anda menjual topi dan ada seratus situs lain yang juga menjual topi, Anda bisa dengan mudah tersesat dan tenggelam di page rank dan juga search engine. Namun, jika Anda mengacu pada nama bisnis, Anda bisa mendapatkan link ke website Anda bila Anda menggunakan nama bisnis sebagai kata kunci pada nama domain yang Anda gunakan. Pertimbangan utama adalah bahwa search engine memang lebih tertarik pada doamin yang mengandung kata kunci. Jika ini adalah apa yang Anda pikirkan, Cutts juga mengatakan bahwa Google memberikan perhatian lebih pada nama domain yang mengandung kata kunci sebagai pertimbangan pada sistem algoritmanya.

Apa yang harus dihindari 

Ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika memilih nama domain. Berikut adalah beberapa hal yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangkan yang bisa memberi pengaruh buruk pada peringkat halaman dan lalu lintas website Anda :
  • Ejaan yang aneh 
Tentu Anda ingin sebanyak mungkin orang yang datang mengunjungi situs Anda, dan Anda juga ingin mendapat peringkat halaman setinggi mungkin. Jadi, Anda menjual topi, lalu Anda memutuskan untuk menempatkan kata 'topi' ke dalam nama domain yang Anda gunakan.

Sekarang ini tentu saja banyak orang yang tahu bagaimana mengeja kata, tetapi Anda ingin kata kunci pada nama domain Anda lain dari yang lain. Jadi, Anda menggunakan kata 'topiku'. Itu berhasil, terutama karena banyak produk dan bisnis yang juga menempatkan kata tambahan pada nama domain yang mereka gunakan. Namun, Anda mungkin tidak akan menghasilkan lalu lintas yang besar, kecuali seseorang salah tulis. Bukan begitu?
  • Panjang dan rumit 
Anda pasti tidak ingin nama domain Anda terlalu rumit. Cobalah untuk tetap sederhana dan efektif. Jika nama bisnis Anda panjang ... One-Stop Shop Untuk Semua Kebutuhan Topi Anda ... Anda mungkin perlu merampingkannya, misalnya jagotopi.com (domain ini tersedia dan belum diambil). Masalah lainnya adalah tanda penghubung. Tanda hubung ini ternyata juga bisa membuat nama domain Anda terlihat berantakan. Orang-orang cenderung lupa untuk memasukkan tanda hubung saat mencari domain Anda, dan ini yang dapat menyebabkan mereka salah mengeja domain Anda, dan tentunya mereka akan mendapat arahan yang salah.

Ketika memilih nama domain, jelas Anda harus mempertimbangkan target audiens Anda, dan di sinilah letak kesultannya. Tapi bagaimanapun juga, nama domain terbaik untuk bisnis Anda adalah nama domain yang menurut Anda yang terbaik, dan Anda percaya nama domain itu akan membantu bisnis Anda akan berhasil. Anda akan menjadi identik dengan nama domain Anda selama Anda menjalankan bisnis Anda. Jika Anda tidak menyukainya, maka jangan terburu-buru untuk menggunakannya. Pastikan untuk memperhitungkan keuntungan dan kerugian dari nama brandable, dibandingkan dengan kata kunci dan apa yang harus dihindari.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment