| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Ilmu Usaha Yang Bisa Didapat Dari YouTube #2

PELAKU UKM. Menyambung artikel yang kami posting sebelumnya mengenai ilmu usaha yang bisa Anda pelajari langsung dari YouTube beberapa waktu lalu, kali ini kami mengangkat tema usaha baru.

Anda pasti pernah mendengar mengenai usaha minuman yoghurt. Minumanyang dibuat dari fermentasi susu ini memang sudah lama dikenal oleh masyarakat, namun baru sekarang ini mulai digemari. Kali ini kami rekomendasikan bisnis yoghurt sebagai salah satu bisnis yang ilmu usahanya bisa Anda peroleh dari YouTube.

2. Minuman Yoghurt

Yoghurt sudah dikenal oleh manusia sejak ratusan tahun silam. Dulu, yoghurt ditemukan secara tidak sengaja. Pada waktu itu, orang-orang belum mengenal botol minuman seperti sekarang. Orang-orang membawa persediaan minuman menggunakan kantong-kantong air yang umumnya terbuat dari usus binatang. Secara tidak sengaja, susu yang mereka tempatkan di wadah yang terbuat dari usus tersebut berubah menjadi yoghurt karena proses fermentasi alami yang terjadi karena adanya sisa-sisa bakteri yang terdapat di dalam usus yang digunakan sebagai kantung minuman tersebut.

minuman yoghurt

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, proses fermentasi yoghurt sekarang ini bisa direkayasa sedemikian rupa, sehingga proses fermentasi bisa lebih cepat sehingga bisa diproduksi dalam bentuk industri, baik skala kecil maupun besar.

Industri minuman yoghurt sekarang ini mulai banyak digemari masyarakat dari segala usia. Tentunya ini membuka peluang bagi Anda yang tertarik untuk menggarap usaha kuliner. Mulai dari masyarakat tingkat atas hingga menengah kebawah, yoghurt memiliki pangsa pasar tersendiri. Tergantung kelas mana yang anda bidik nantinya.

Secara teknis, cara pembuatan yoghurt cukup sederhana. Berikut ini caranya :

Bahan

1. 1 liter susu murni
2. Bibit yoghurt sebanyak 5-10% dari banyaknya susu murni.

Pembuatan

1. Panaskan susu murni selama kurang lebih 30 menit sambil terus diaduk. Fungsinya untuk mengurangi kadar air dala susu. Jangan sampai mendidih, karena akan merusak kandungan protein susu.
2. Diamkan sampai suhunya turun menjadi sekitar 40C, lalu campur dengan bibiy yoghurt, aduk hingga merata.
3. Simpan pada toples, lalu tutup rapat untuk proses fermentasi yang sempurna.
4. Letakkan pada ruangan dengan suhu kurang lebih 40C. Ini bisa Anda ciptakan dengan menyalakan lampu ruangan dengan lampu bohlam. Atau juga bisa dengan menggunakan box yang kemudian diberi lampu bohlam untuk menaikkan suhu.
5. Jaga suhu ruangan jangan sampai terlalu panas. Usahakan berada pada kisaran 40C saja.
6. Yoghurt siap saji setelah 10-24 jam, tergantung selera. Semakin lama, maka yoghurt yang dihasilkan akan semakin kental dan asam.

Anda bisa mempelajari dari banyak sekali tips pembuatan yoghurt juga berbagai olahan minuman menggunakan bahan dasar yoghurt ini dari YouTube.

Pemasaran

Sekarang ini banyak berdiri kedai-kedai minuman yang menjual berbagai jenis minuman. Anda bisa juga membuka kedai minuman dengan konsep khusus, artinya hanya menyediakan minuman yoghurt dengan berbagai varian rasa dan olahan.

Salah satu brand ternama yang menjadikan yoghurt sebagai menu utama mereka adalah Sour Sally. Anda bisa coba datang ke salah satu gerainya dan mempelajari mengenai menu apa saja yang mereka sajikan, kemudian Anda coba terapkan di tempat Anda,

Anda bisa membangun brand Anda dengan membuat website dan menggunakan beberapa akun media sosial yang cocok dengan Anda. Cara ini berguna selain sebagai media promosi juga bisa membangun komunitas pelanggan. Silahkan gunakan kreatifitas Anda. Facebook, Twitter, Google+, dan Instagram sekarang ini masih jadi pilihan banyak orang. Anda bisa mulai dari situ.

Menghitung keuntungan

Harga jual yoghurt bila dijual secara literan sekarang ini berkisar antara Rp.18.000 - 24.000/liter. Dengan estimasi modal bahan pembuatan yoghurt sekarang ini yang hanya berkisar antara Rp.12.000 - 15.000/liter, Anda bisa memperoleh profit Rp.3.000 - 9.000/liter. Cukup menggiurkan bukan untuk bisnis sekelas rumahan?

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment