| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Tidak Punya Modal Untuk Memulai Usaha? Lakukan 3 Hal Berikut

memulai usaha sendiri
PELAKU UKM - Modal Usaha. Tidak sedikit di antara Anda mungkin yang tidak mempunyai modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha, atau mungkin malah tidak ada modal (uang) sama sekali., namun bukan berarti anda tidak mempunyai pilihan lagi. Memulai suatu bisnis dengan modal sedikit sangatlah mungkin jika Anda memiliki kombinasi skill, etos kerja, dan tahu mengenai ilmu pemasaran.

Dalam bukunya yang berjudul "The $100 Startup", Chris Guillebeau mengatakan "Untuk meraih sukses dalam sebuah proyek bisnis, terutama bidang bisnis yang Anda minati, akan berpengaruh besar, sebab dengan sendirinya Anda sudah memiliki skill dasar. Sehingga anda hanya tinggal mengkombinasikan dengan skill lainnya."

Jika Anda tidak memiliki modal besar atau bahkan mungkin tidak punya modal sama sekali (uang), Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Membuat kerajinan tangan sendiri

Dengan membuat sendiri, tentu ini akan meniadakan atau setidaknya mengurangi biaya kebutuhan persediaan barang. Meski demikian, tidak jarang produk seperti ini bisa mendatangkan keuntungan berkali lipat dari biaya produksi yang dikeluarkan. Apa yang akan Anda buat, itu sepenuhnya tergantung Anda sendiri.

Setelah Anda bisa menghasilkan karya Anda sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa platform online yang bisa menunjang bisnis yang Anda rintis. Satu hal yang cukup penting adalah usahakan untuk selalu melakukan update pada seluruh inventori Anda agar tidak membingungkan calon pelanggan Anda.

2. Menjadi broker

Jika Anda tidak ingin membuat atau memproduksi sesuatu (atau jika Anda merasa tidak memiliki kemamuan untuk memproduksi sesuatu), banyak pemilik usaha yang menjadi sukses hanya dengan menjual kembali produk-produk yang sudah ada.

Menjalin kerja sama dengan produsen. Cara ini bisa lebih dikenal dengan istilah "broker", dimana Anda berlaku sebagai penghubung antara produsen dengan end user atau konsumen, dan Anda mendapatkan profit dari selisih harga yang tentukan.

3. Menjual jasa

Salah satu cara untuk membangun sebuah bisnis dengan kapital biaya yang kecil selain menjual produk fisik adalah dengan menjual jasa. Ada banyak sekali peluang yang bisa Anda ciptakan, tergantung dengan kemampuan serta minat Anda.

Beberapa ungkin memerlukan sebuah keahlian khusus, seperti misalnya menjadi seorang akuntan publik. Namun ada juga yang hanya memerlukan ketelitian, seperti menjadi editor, dan masih banyak lagi.

Membangun sebuah bisnis memerlukan keuletan juga passion terhadap bisnis yang tengah dibangun. Jika Anda bisa merasa yaman dan enjoy dalam menjalaninya, maka hanya masalah waktu sebelum Anda akhirnya mencapai kesuksesan.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..



0 komentar:

Post a Comment