| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Mengatasi Masalah Modal Usaha #3 (selesai)

modal usaha
PELAKU UKM. Pada sesi akhir ini kami lanjutkan pembahasan mengenai beberapa cara yang bisa Anda tempuh dalam mengatasi masalah permodalan usaha bagi Anda pelaku usaha pemula maupun yang ingin melakukan pengembangan usaha.

Silahkan disimak :

Ketujuh, Koperasi simpan pinjam bisa menjadi alternatif yan baik untuk memperoleh modal. Caranya adalah dengan mendaftar sebagai anggota koperasi simpan pinjam. Setelah menjadi anggota, Anda bisa meminjam di koperasi tersebut dengan persyaratan yang ringan. Ada yang mensyaratkan jaminan tambahan, ada juga yang tidak.

Kedelapan, kredit tanpa agunan yang ditawarkan banyak bank bisa dimanfaatkan untuk memperoleh modal. Namun bank-bank tersebut umunya membidik karyawan yang memiliki pendapatan tetap atau gaji bulanan. Bila anda atau pasangan Anda juga seorang karyawan, tidak ada salahnya mencoba mengambil kredit tanpa agunan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan untuk memuai atau memperbesar usaha.

Kesembilan, bila usaha Anda sudah berjalan dengan baik, Anda dapat mendatangi beberapa bank seperti BRI, BAnk MAndiri, BNI, Bank danamon, BPR-BPR, dan bank-bank yang melayani kredit usaha mikro dan kecil. Bank-bank tersebut akan melayani jika kita telah memiliki usaha yang telah berjalan dengan baik. Mereka memiliki kredit usaha mikro dan kecil dengan dan tanpa agunan. Bila kredit di bawah 5 juta, umunya tanpa agunan tambahan.

Kesepuluh, bila usaha sudah berjalan dengan baik, untuk semakin memperkuat permodalan guna mengembangkan usaha, Anda bisa menghubungi BUMN seperti Pertamina, BRI, Bank MAndiri, Telkom, Jasa Marga, serta BUMD seperti Bank Jabar, BAnk Jateng, dll.

Mereka memiliki program kemitraan dan bina lingkungan. Mereka diwajibkan oleh pemerintah untuk membina dan membantu usaha mikro, kecil, dan menengah, baik aspek permodalan, pelatihan, sarana produksi maupun aspek teknis lainnya. Cobalah untuk menghubungi bagian PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) dari perusahaan BUMN maupun BUMD tersebut. Tanyakan syarat dan cara untuk memperleh bantuan dan binaan dari BUMN serta BUMD.

Kesebelas, bila ide usaha Anda inovatif, memiliki kandungan teknologi atau cara yang original dan memiliki potensi keuntungn yang cukup besar, Anda dapat menghubungi perusahaan modal ventura di kota-kota besar. Anda bisa search di internet mengenai dimana dan bagaimana menghubungi perusahaan-perusahaan ini.

Bila langkah-langkah yang telah kami utarakan sejak 2 sesi sebelumnya hingga sesi kali ini tidak menyelesaikan masalah permodalan Anda, ada kemungkinan bahwa ide bisnis Anda sebenarnya berada diluar kemampuan yang Anda miliki (dari segi permodalan). Ada baiknya Anda mencoba untuk mencari bisnis yang sesuai dengan sumber daya yang Anda miliki dan bisa Anda manfaatkan. Cari alternatif bisnis lain dan jangan putus asa karena sebenarnya setiap orang memiliki satu hal yang penting dalam berusaha, yakni keberanian untuk mengawali usaha. Tdak ada kamus "gagal" bagi yang berjiwa wirausaha sejati.


Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment