| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pebisnis di Facebook

Facebook Untuk Bisnis
PELAKU UKM. Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis dari semua tingkatan, mulai dari skala kecil hingga korporasi besar. Tapi Facebook sebagai media komunikasi dan marketing juga punya 2 kemungkinan, yakni gagal dan berhasil.

Bagaimana caranya Anda bisa berhasil dalam memanfaatkan Facebook sebagai salah satu media bisnis Anda? Ada 10 hal yang mulai sekarang harus Anda hentikan pada akun Facebook yang Anda miliki :

1. Menggunakan akun pribadi, bukan halaman bisnis

Sebagai pemilik bisnis, sangat penting bagi Anda untuk memiliki halaman bisnis, bukan akun pribadi. Halaman bisnis memberikan banyak kemudahan seperti berapa jumlah fan, analitik, dll.

2. Tidak mengisi keterangan profile dengan lengkap

Facebook menyediakan ruang di web untuk mempromosikan bisnis Anda dan membantu pelanggan Anda untuk lebih mengenal bisnis Anda. Untuk mengefektifkan peluang yang Anda miliki, Anda sebisa mungkin mengisi halaman bisnis Anda secara detail dan menarik sehingga nyaman untuk dikunjungi dan disimak. Cantumkan keterangan bisnis Anda, link URL, jam kerja, jenis layanan, dll.

3. Menggunakan Facbook sebagai media broadcast

Anda hanya menggunakan facebook untuk memposting link press release atau artikel terbaru dari blog Anda? Itu adalah cara yang salah dalam memanfaatkan Facebook. Media sosial memang bertujuan untuk menciptakan interaksi, dan Facebook adalah yang terbaik dalam hal ini. Untuk mendapatkan keuntungan lebih dari fitur ini, bisnis Anda harus bisa menciptakan interaksi dan memberi sebuah alasan kenapa pelanggan Anda perlu untuk terus berhubungan dengan bisnis Anda. Malah, begitu pentingnya sebuah percakapan ini, bahkan Facebook akan mengurangi frekuensi untuk menampilkan halaman Anda di news feed jika halaman bisnis Anda hanya berisi posting-posting yang sepi komentar dari fans Anda.

4. Menghiraukan komentar

Mengingat bahwa Facebook adalah mengenai jalinan, menghiraukan komentar atau pesan langsung pada halaman Anda adalah sesuatu yang buruk. Bukan karena alogaritma dari Facebook, tapi karena itu adalah pelanggan Anda! Bisnis Anda dibangun dari jalinan orang-orang. Dengan membangun interaksi, Anda akan mengerti apa kebutuhan dari pelanggan Anda. Dan pada akhirnya sebuah bisnis yang tumbuh dari interaksi akan lebih berpeluang untuk sukses.

5. Membiarkan spam di dinding halaman bisnis

Mungkin tidak semua komentar di dinding halaman Anda adalah spam. Tapi terkadang seseorang ada saja yang mengirimkan komentar berupa spam. Anda harus menyingkirkan spam ini. Anda harus tegas dalam menetapkan aturan dalam berkomentar pada halaman bisnis Anda. Harus Anda ingat bahwa halaman bisnis itu berhubungan langsung dengan brand bisnis Anda. Selayaknya Anda bertanggung jawab untuk memeliharanya.

6. Menggunakan hashtags

Hashtags adalah fitur untuk akun twitter. Dengan menggunakan fitur ini akan memberi kesan bahwa Anda tidak yakin pada platform apa yang ingin Anda gunakan.

7. Memberi tanda "suka" pada posting Anda sendiri

Posting itu adalah buatan Anda. Tentu saja anda menyukainya. Tapi Anda tidak perlu menambahkan "suka" pada postingan Anda. Itu memberi kesan bahwa Anda tidak memiliki banyak teman..

8. Menghiraukan fitur "Insight"

Ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis yag menggunakan Facebook. Padahal fitur ini bisa memberi informasi penting mengenai banyak hal, seperti berapa jumlah pengunjung halaman Anda, lokasi mereka, dll. Sebagai pelaku isnis, Anda memerlukan data ini untuk bisa lebih dekat dan memahami pelanggan Anda.

9. Menggunakan avatar yang buruk

Orang mengenali Anda melalui kesan pertama yang biasanya didapat dari news feed di beranda akun mereka. Jika Anda menggunakan avatar yang kurang menarik, maka Anda akan dengan mudah dilewatkan.

10. Tidak menggunakan foto cover yang unik.

Foto cover itu seperti sampul sebuah buku. Bagan foto cover ini yang pertama diliat oleh pengunjung saat pertama kali berkunjung ke halamn Anda. Ciptakan kecan pertama yang menarik.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment