| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Video Usaha Pembuatan Onde-Onde

Mungkin tidak semua dari Anda mengenal onde-onde. Sebuah pangan tradisional yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Bentuknya bulat dengan butiran-butiran wijen dibagian luar dan berisi kacang hijau di bagian dalam.

kue onde-onde

Onde-onde yang terbuat dari tepung terigu ini juga populer hingga ke luar negeri. Onde-onde ini diolah dengan cara digoreng atau direbus. Berbagai macam variasi onde-onde dikenal. Yang paling populer adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dijenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.
Tahukah Anda, kalau onde-onde ini dibuat pada zaman dinasti Tang, dimana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui (碌堆). Makanan ini kemudian dibawa oleh pendatang sana menuju ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia timur dan tenggara.
Di Cina kue onde-onde dikenal dengan sebutan matuan dan Hainan disebut jen dai. Jin deui terkadang dapat disebut sebagai zhimaqiu (芝麻球) yang diartikan sebagai bola wijen dalam bahasa Inggris. Di Hong Kong, makanan ini dapat ditemui di hampir seluruh toko kue.
Lalu di malaysia, onde-onde disebut sebagai kuih bom. Kuih bom diisi denganparutan kelapa manis atau kacang, namun ada juga yang diisi dengan pasta kacang merah. Sedangkan di Vietnam, makanan ini dikenal sebagai bánh cam di daerah Vietnam selatan dan bánh rán di daerah Vietnam utara. Bánh rán diberi pengharum bunga melati. Isinya biasanya lebih kering dari onde-onde pada umumnya berupa pasta kacang hijau manis. Selain itu, bisa juga diisi dengan daging cincang, bihun dan ubi, jamur, dan berbagai bahan makan khas Vietnam lainnya. Penganan ini biasa dihidangkan bersama sayuran dan saus celup.
Silahkan simak video berikut ini :

Sumber artikel dari www.infojajan.com

0 komentar:

Post a Comment