| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Kembangkan Potensi Diri

potensi diriPELAKU UKM. Setiap orang yang dilahirkan ke dunia pasti memiliki potensi diri mereka masing-masing. Namun sayangnya, jarang yang menyadari hal tersebut dan bahkan banyak yang sering merasa rendah diri karena menganggap dirinya tidak mempunyai kemampuan lebih dibandingkan orang lain. Hal tersebut sungguh sangat disayangkan. Jarang kita sadari bahwa sebenarnya kendala terbesar manusia justru terletak pada pikiran kita masing-masing. Orang yang dapat berpikir besar dan positif biasanya dapat melakukan hal besar yang manjadi cita-cita dan orang dengan pikiran kecil dan cenderung negatif akan mendapatkan hasil yang sebaliknya.

Sebenarnya kita semua tanpa terkecuali memiliki banyak sekali yang bisa dikembangkan. Namun sedikit dari kita yang tahu bagaimana cara untuk mengenal dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Berikut ini beberapa cara untuk mengenali potensi diri, antara lain :

  1. Kenali diri sendiri. Buat daftar pertanyaan dan jawab dengan jujur. Misalnya, apa yang membuat Anda bahagia? Apa yang Anda inginkan dalam hidup ini? Apa kelebihan dan kekuatan Anda? Apa kelemahan dan kekurangan Anda?
  2. Tentukan tujuan hidup. Tentukan tujuan hidup Anda untuk jangka pendek maupun jangka panjang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda.
  3. Kenali motovafi hidup. Setiap manusia mempunyai motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Apa yang bisa mencambuk Anda untuk membangun kekuatan dan dukungan moril sehingga menghasilkan karya terbaik.
  4. Hilangkan pikiran negatif. Jangan menyalahkan orang lain dalam menghadapi hambatan. Evaluasi langkah Anda, kemudian melangkah lagi.
  5. Jangan mengadili diri sendiri. Jika menghadapi hambatan dan kegagalan untuk mencapai tujuan jangan menyesal dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran yang berharga untuk maju.
  6. Bertanya pada orang terdekat. Misalnya rangtua, kakak, adik, saudara, keluarga, atau teman. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, karena itu diperlukan orang lain untuk menyadarkan kita.
  7. Banyak membaca, melihat dan merasakan. Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi.
Sesuatu hal yang dilakukan tentu tidak akan berbuah hasil manis jika dilakukan tanpa adanya konsisten. Bila Anda mengerjakan sesuatu hanya dalam beberapa hari atau beberapa bulan saja, maka tentu saja hasil dari potensi diri yang Anda kerjakan belum terlihat. Maka cobalah untuk tetap konsisten, dan yakin serta percayalah bahwa apa yang Anda cita-citakan akan segera terwujud.

Semoga bermanfaat. Amin..



0 komentar:

Post a Comment