| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Mengapa Video Marketing sangat Penting Bagi Bisnis Anda

PELAKU UKM. Dengan semakin berkembangnya media internet, sebuah cara yang baru dan inovatif dalam bidang marketing dan advertising terus dituntut untuk terus berkembang. Selalu ada saja kreasi dan cara yang digunakan untuk meraih pengunjung dan pelanggan lebih luas dari sebalumnya, namun ada satu metode yang rasanya banyak dilewatkan oleh para pelaku bisnis dalam strategi mereka, yakni video marketing. Video marketing ini sangat berperan bukan hanya sebagai advertising tool, tapi juga bisa meningkatkan traffic website/blog. Inilah yang menjadi pertimbangan mengapa video marketing sangatlah penting pada sebuah bisnis, terutama bisnis berbasis internet, apapun bentuknya.

video marketing

Kita semua tahu bahwa YouTube merupakan platform video online yang paling banyak dikenal, dan Google sebagai induk dari YouTube juga adalah search engine terbesar di dunia. Tentunya Google akan lebih mengutamakan sumber yang didapat dari salah satu platform jaringan mereka jika ada seseorang yang mencari sesuatu pada search engine. Menggunakan YouTube sebagai salah satu tool dalam strategi marketing Anda tentu akan sangat mendongkrak SEO website/blog Anda.

Video marketing sekarang ini merupakan cara yang populer digunakan karena efektifitasnya sebagai salah satu media komunikasi dengan pelanggan. 70% pengguna media sosial lebih memilih video ketimbang gambar atau tulisan. Orang cenderung lebih mudah memahami dan menagkap informasi berupa video. Jika bisnis Anda berada pada bidang produksi atau layanan, video harus menjadi salah satu dari strategi marketing Anda.

Jika dikelola dengan baik, video marketing dapat menguntungkan bisnis Anda dalam banyak hal. Kualitas tentu harus diperhatikan bila Anda ingin supaya video yang Anda buat bisa menarik banyak orang, hingga mendorong mereka untuk memberikan feedback positif, bahkan mau membagikan video Anda ke komunitas mereka. Orang akan tahu, mana video yang berkualitas dan mana video yang asal-asalan. Berikan fokus yang lebih untuk hal ini, dan Anda akan menerima hasil yang setimpal.

Video marketing tidak hanya meningkatkan fluktuasi traffic dan SEO, namun juga berpengaruh pada brand awareness website/blog dan secara tidak langsung, bisnis Anda tentunya, menjadikan kehadiran Anda secara online sehingga memungkinkan menjadi top leader pada niche Anda, dan yang paling penting adalah meluaskan cakupan bisnis Anda.

Berikut ini beberapa alasan mengapa video marketing sangat penting untuk bisnis Anda, terutama pelaku bisnis UKM..

1. Meningkatnya statistik pengguna

93% dari 600 profesional pemasaran yang disurvei mengatakan mereka telah menggunakan konten video pada tahun 2013 dan 82 persen dari mereka mengatakan mereka menemukan itu efektif, menurut ReelSEO. Empat puluh satu persen orang dewasa di AS menonton video online. Coba bayangkan berapa intens penggunaan video online untuk pemasaran digital pada tahun 2014.

2. Konten lebih dalam kurang waktu

Rentang durasi perhatian dari pengguna internet berkurang setiap tahun dengan perubahan jenis konten bersama online. Video adalah jenis konten digital yang menunjukkan peningkatan dalam penggunaannya. Orang-orang menonton video di mana saja karena tidak mempunyai waktu membaca teks, terutama pada tablet atau ponsel. (Catatan:. Jika basis pelanggan Anda terletak di tempat dengan lambat konektivitas internet/wi-fi, skenario akan berbeda dan Anda harus mengoptimalkan strategi pemasaran digital yang sesuai).

3. Banyak plikasi mobile yang mendukung fitur video

Seperti yang kita tahu, sekarang ini mayoritas akses internet dilakukan untuk sosial media, karena sekarang berbagai sosial media bisa di akses menggunakan perangkat mobile. Berita baiknya adalah bahwa banyak dari aplikasi-aplikasi sosial media tersebut ssekarang ini sudah mendukung format video. Aplikasi seperti Facebook, Instagram, Pinterest, Path, dll.

4. Bercerita melalui video semakin digemari

Salah satu tren yang sedang berlangsung di internet sekarang ini adalah video yang isinya menceritakan tentang sesuatu. Sebuah kesaksian, sebuah penceritaan kisah, menerangkan produk, konsultasi, dll. Bentuknya bisa berupa manusia nyata, atau animasi. Jadi ada alur cerita yang menarik untuk disimak, tidak melulu seperti iklan yang kaku dimana seseorang bicara menjelaskan mengenai sebuah produk tertentu. Buatlah sebuah video yang memiliki alur cerita yang menarik.

Lalu video-video seperti apa yang baik untuk disematkan pada website/blog Anda? Berikut ini beberapa format pilihan video yang bisa Anda gunakan :
  • Video testimonial
  • Video demo produk
  • Video "about us"
  • Video instruksional/tutorial
  • Video interview
  • Video animasi
  • Video kreatif
  • Video dengan bintang endorsement
Bagaimana menurut Anda? Apa Anda akan mulai menggunakan video sebagai salah satu media marketing Anda?


0 komentar:

Post a Comment