| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Entrepreneur Itu Harus "Be Yourself"

be yourself
PELAKU UKM. Entrepreneurship atau kewirausahaan mempunyai arti yang sangat luas. Meskipun sangat banyak sekali orang yang mengklaim dirinya sebagai seorang entrepreneur, pada kenyataannya entrepreneur adalah sebuah bidang pekerjaan yang sangat unik, karena memiliki gambaran yang berbeda dari setiap pelakunya mengenai kesuksesan dan bagaimana cara untuk mencapainya.

Jika itu merupakan jalan hidup Anda, mengapa Anda tidak bisa menjadi diri Anda sendiri saja? Jawabannya adalah faktor eksternal. Keluarga, teman, lingkungan sosial, kesuksesan, uang, dan lain sebagainya. Semua itu kemudian menjadi beban pibadi Anda dan kemudian semakin menjauhkan diri Anda dari Anda yang sebenarnya.

Bila semua tekanan tesebut mulai menggerogoti diri Anda, berikut ini 3 alasan mengapa Anda harus tetap menjadi diri Anda sendiri :

Menjadi diri sendiri membuat Anda lebih berani

Untuk bisa menjalankan bisnis sendiri memang membutuhkan keberanian. Menjadi berani bukan berarti Anda tidak memiliki rasa takut atau tanpa keraguan, tapi lebih kepada menjadikan rasa takut dan keraguan sebagai radar yang menuntun langkah Anda, dan menjadikan bisikan untuk menyerah sebagai cambukan untuk terus melangkah.

Anda bisa dan berhak menentukan seberapa jauh harapan orang lain terhadap diri Anda dan mempengaruhi diri Anda. Tentukan batasan sampai mana Anda mau mendengar dan menurut, lalu Anda kembali pada tujuan awal Anda.

Menjadi diri sendiri bisa membangun kepercayaan diri

Ketika Anda menjalani hidup dengan menjadi diri sendiri, membiarkan hal-hal unik dan menarik dari diri Anda keluar dengan bebas, maka Anda akan menemukan seuatu yang sangat luar biasa yang bisa menjadi modal utama Anda dalam menjalani usaha Anda : rasa percaya diri Anda.

Mampu menghadapi tantangan dan memiliki keberanian untuk melaluinya tentu saja bisa sekaligus meningkatkan rasa percaya diri. Semakin Anda membiarkan diri Anda untuk menjadi diri sendiri, Anda akan semakin percaya pada diri Anda sendiri. Seperti efek bola salju yang akan terus membantuk diri Anda menjadi pribadi yang lebih besar lagi dengan sendirinya.

Menjadi diri sendiri mendorong anda untuk menghargai orang lain

Ketika Anda ingin menjadi diri sendiri, maka Anda juga harus belajar untuk memberi kesempatan pada orang lain menjadi diri mereka sendiri. Terkadang kita ingin kebebasan dalam menentukan diri kita sendiri, namun kita justru sering memaksakan kehendak pada orang lain yang tidak memiliki pandangan yang sama dengan kita.

Anda tentu pernah berada pada situasi ketika Anda menemui seseorang yang mempunyai pandangan yang jauh berbeda dengan Anda. Bagaimana Anda menyikapinya? Menjadi diri sendiri ternyata sangat besar pengaruhnya bagi diri Anda untuk membangun rasa peduli dan menghargai terhadap orang lain. Ini bisa menjadi sebuah landasan emosional Anda kelak.

Ketiga alasan itu yang harus Anda ingat, karena jika Anda mulai memiliki pemikiran "orang lain selalu benar", maka Anda tidak akan pernah menjadi seorang entrepreneur yang sebenarnya, karena langkah Anda selalu ditentukan oleh persepsi , pengharapan dan arahan orang lain terhadap Anda.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment