| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

"dot.id" Domain Resmi Indonesia Sudah Resmi Dirilis

apapun.id
PELAKU UKM. Selama ini domain-domain internet dari Indonesia lebih akrab dengan domain co.id. Namun sejak 17 Augustus 2014 lalu, publik bisa langsung menggunakan domain ".id". Domain .id merupakan country code top level domain (CCTLD) untuk Indonesia. Penggunaannya menegaskan bahwa pemilik domain tersebut berasal dari Indonesia.

Sejak Internet dikenal di Indonesia 21 tahun lalu, domain .d baru bisa dinikmati sebagai domain tingkat dua (DTD). Sekarang ini ada 11 DTD .id yang digunakan, diantaranya : co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, biz.id, my.id, desa.id, go.id, dan mil.id.

kehadiran domain internet berakhiran .id membuka kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan alamat situs web yang sesuai dengan merek dagangnya. Domain .id juga bisa menjadi alternatif bagi perusahaan di Indonesia yang tidak mendapatkan domain internasional .com sesuai merek. Hal ini memang sangat penting bagi pemilik merek untuk membeli domain .id, karena keberadaan domain .com dinilai sudah sangat terbatas seiring dengan sudah banyaknya pihak yang memanfaatkannya.

Setelah rilis pertengahan Agustus 2014 lalu, ribuan doamin langsung didaftarkan. Banyak diantaranya yang mendaftarkan domain yang sama. Untuk domain yang sama, maka akan diputuskan melalui lelang. Sesi pendaftaran nama doamin ini dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama adalah periode Sunrise untuk pemegang merek. Sesi ini diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan untuk mendaftarkan brand merek mereka. Kedua adalah periode Grandfather, diperuntukkan bagi para pemilik domain yang sebelumnya sudah menggunakan DTD lama untuk beralih ke .id. Ketiga adalah periode Landrush.

Menurut Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi), penggunaan domain .id ini diklaim lebih aman ketimbang domain lainnya. Hal ini karena Pandi bisa menjaga domain .id tidak dipakai untuk aktivitas yang melanggar hukum di Indonesia, seperti perjudian, pornografi, hingga penipuan, sebab Pandi mempunya hak untuk mencabut kepemilikan domain tersebut. Ini sangat memungkinkan, karena Pandi memiliki semua data pemilik domain .id.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftarkan domain Anda sendiri, Anda perlu menyiapkan berbagai dokumen tentang identitas warga negara Indonesia yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor.

Di lain hal, pemakaian domain .id juga mempercepat akses, sebab server domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi. Jadi ketika komputer atau perangkat mobile dari Indonesia yang memanggil situs web dengan domain berakhiran .id, aksesnya akan lebih cepat, karena DNS-nya berada di Indonesia dan leih hemat bandwidth. Bahkan untuk mempercepat akses web domain internet .id, Pandi akan memasang server DNS domain .id di Chine tahun 2014 ini. Hal ini dinilai bisa membuat pengguna di Amerika Serikat dan Eropa bisa lebih cepat dalam mengakses situs web yang menggunakan domain .id.

Tertarik untuk beralih ke domain lokal??
Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment