| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Rekening Bersama - Solusi Pembayaran Transaksi Online?

rekening bersama
PELAKU UKM. Sebagian dari Anda mungkin sebagai penjual pernah beberapa kali gagal melakukan closing penjualan produk Anda secara online. Atau Anda sebagai pembeli pernah mengalami penipuan yang berkedok online shop. Itulah kenyataan dari transaksi secara online di Indonesia. Berbagai kasus penipuan yang berkedok online store ini memang sudah menjadi salah satu faktor pengganjal proses jual-beli secara online di negeri ini.

Lalu muncul sebuah ide untuk membentuk sebuah "rekening bersama". Bukan berupa rekening bank, namun sebuah lembaga yang dipercaya bersama untuk menghimpun dana pembayaran untuk emmastikan transaksi terselenggara dengan baik hingga proses akhir. Mekanismenya sederhana; jika A menjual produk tas (misalnya) secara online, lalu B berminat untuk membeli, maka semestinya B harus melakukan pembayaran pada A, dan A harus mengirimkan tas yang dibeli oleh B. Pada penerapan rekening bersama, pembayaran harus melalui C sebagai pemegang rekening bersama.

Jadi, B harus melakukan transfer pembayaran ke C terlebih dahulu, kemudian C memberi kabar pada A bahwa pembayaran sudah diterima. Setelah mendapat konfirmasi dari C, maka A baru mengirimkan barang yang dipesan. Lalu B kemudian mengkonfirmasi pada C setelah barang yang dipesan sudah diterima. Baru kemudian C melakukan transfer pembayaran pada A.

Sekilas mungkin sedikit rumit dan tidak praktis, tapi cara ini dinilai efektif untuk menghindari berbagai penipuan yang terjadi dengan dalih transaksi online. Bahwa B akan merasa aman, karena jika A tidak mengirim barang yang dipesan, maka C akan mengembalikan uang pembayarannya secara penuh. Lalu bagi A juga menguntungkan, karena hanya pembeli yang serius dan benar-benar mau membayar yang brtransaksi.

Jika kita belajar dari metode transaksi online di luar negeri, konsep rekening bersama ini juga sudah banyak digunakan, bahkan pada banyak situs online store asing, penggunaan rekening bersama ini sudah menjadi syarat mutlak untuk semua transaksi yang terjadi di situs mereka. Ada yang menyediakan layanan rekening bersama mereka sendiri, ada juga yang mengandalkan situs lain yang memang khusus bergerak sebagai rekening bersama, seperti PayPal misalnya. Situs ini sudah menjadi situs pembayaran online paling banyak digunakan di internet.

Untuk skala lokal, situs pembayaran lokal sekarang ini belum banyak dikenal. Sebagian besar masih mengandalkan layanan dari masing-masing situs online store. Satu hal yang pasti, jika Anda akan melakukan transaksi online, maka ada baiknya Anda menanyakan apakah online store itu memiliki layanan rekening bersama atau tidak.

Semoga bermanfaat. Amin...



0 komentar:

Post a Comment