| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Anda Pebisnis Kecil? Manfaatkan Media Sosial!!

media sosial untuk bisnis kecil

MOTIVASI BISNIS - Media Sosial. Bagaimana jika ada yang mengatakan pada Anda bahwa Anda dapat mengelola bisnis Anda sekaligus dapat terus eksis di media sosial sebagai investasi online Anda? Bahkan, dalam banyak hal ini merupakan keuntungan menjadi salah satu dari pelaku bisnis kecil. Bila Anda memiliki sebuah bisnis besar, justru di situlah Anda memiliki banyak keterbatasan. Usaha kecil umumnya memiliki perangkat kecil yang lebih sederhana dalam memberikan masukan terhadap suatu keputusan, dan tentu saja itu yang membuat peluang usaha kecil menjadi lebih mudah dalam melaksanakan ide-ide kreatifnya.


Berikut adalah tiga hal (mengejutkan) yang menunjukkan bahwa ternyata usaha kecil yang umumnya merupakan bisnis modal kecil ternyata benar-benar memiliki keunggulan lebih dalam pemanfaatan media sosial ntuk bisnisnya.

1. Anda bisa bebas melakukan percobaan

Ini mungkin hal yang paling menarik yang hanya bisa dimiliki oleh bisnis kecil. Bisnis besar yang sudah dikenal banyak orang umumnya memiliki beberapa lapis manajemen. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru di akun media sosial sebuah bisnis besar, tentunya Anda perlu untuk mendapatkan banyak persetujuan dari beberapa manajer. Ribet bukan?

Namun tidak bila Anda adalah pelaku usaha kecil. Usaha kecil bisa dengan bebas bereksperimen dengan media sosial untuk melihat apa yang benar-benar cocok untuk usahanya. Mereka dapat merubah strategi baru jika memang strategi sebelumnya tidak berhasil dan tidak perlu khawatir ini itu.

2. Anda bisa menjadi lebih efektif

Banyak bisnis besar yang menggunakan Twitter, Facebook dan Instagram sepanjang hari. Tapi, hal itu hanya akan efektif jika Anda benar-benar menargetkan apa yang Anda katakan, dan memilih waktu yang tepat, bukan hanya melakukan posting dengan kata-kata dan foto yang justru membuat orang-orang menjadi jenuh.

Satu studi menemukan bahwa umumnya pelaku usaha kecil lebih sering menambahkan link dan hashtags di tweet mereka daripada pelaku bisnis besar, yang artinya Anda memberikan pengikut Anda lebih banyak kesempatan untuk terlibat dan terhubung.

3. Anda memiliki sentuhan pribadi

Jika Anda sangat menyukai Indomie, Anda tidak akan pernah mengklaim bahwa Indomie memiliki sentuhan pribadi di akun media sosial mereka. Indomie adalah perusahaan besar dengan banyak kantor cabang di seluruh Indonesia. Anda tidak akan pernah merasakan adanya sentuhan pribadi dari mereka

Sebuah usaha kecil, apapun jenis usahanya, sentuhan pribadi tersebut akan Anda rasakan. Manajer yang bertanggung jawab atas tweet mereka mungkin juga adalah pendiri perusahaan atau kepala salesman. Ini yang membuka berbagai kemungkinan serta peluang di media sosial. Pelaku bisnis kecil ini dapat mengirimkan tweet tentang bagaimana keseharian mereka, kemacetan jalan siang itu, atau bahkan tentang masalah keluarga. Ini dapat memberikan interaksi yang bersifat intim yang akan membantu pelanggan potensial merasa seperti mereka benar-benar akrab dengan Anda.

Jangan merasa Anda memiliki banyak kelemahan hanya karena Anda adalah pelaku usaha kecil. Dengan strategi yang tepat, posting-posting di media sosial dapat menjadi nilai lebih yang bisa anda manfaatkan.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment