| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Memilih Franchise/Waralaba Yang Benar Dan Aman

bisnis franchise, usaha waralaba

TIPS BISNIS - Franchise/Waralaba. Franchise atau waralaba sekarang ini hampir disa ditemukan di mana-mana, dan bisnis franchise menjadi telah menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin memulai usaha tanpa banyak risiko dan tidak perlu memulai dari nol. Banyak orang mulai mencari tahu mengenai peluang usaha franchise dengan berbagai alasan, dan jika Anda ingin memiliki tanggung jawab independen sekaligus menjadi bagian dari tim yang lebih besar dalam menjalankan sebuah bisnis, mungkin bisnis franchise adalah yang Anda cari.


Karena begitu banyak orang yang tertarik pada bisnis franchise dan karena memang sudah terbukti bahwa model bisnis franchise ini bekerja dengan baik, maka hal tersebut membuat jumlah peminatnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Franchise telah berubah menjadi suatu jenjang karir yang sangat populer bagi banyak perusahaan untuk melakukan ekspansi. Anda tentu sudah tidak asing dengan berbagai franchise mini market seperti franchise indomaret, atau franchise minuman. Baik sebagai bisnis utama ataupun bisnis sampingan, franchise memang memiliki banyak keunggulan.

Setelah Anda menentukan jenis bisnis franchise yang Anda inginkan, masih ada banyak hal lain yang harus Anda pertimbangkan. Jika Anda memutuskan untuk berkomitmen pada suatu bisnis franchise berarti Anda telah memberikan sebuah investasi besar untuk beberapa tahun ke depan, sehingga banyak yang harus Anda teliti. Coba ajukan pertanyaan ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli franchise:

Apakah franchise tersebut berkembang?

Beberapa bisnis franchise telah memiliki suatu brand global, sehingga mudah untuk dikenali, tetapi penting bagi pembeli franchise untuk tidak terlalu tergoda oleh brand yang telah mapan. Hal yang paling penting dan harus menjadi fokus Anda adalah apakah bisnis franchise tersebut menunjukkan adanya pekembangan. Berapa banyak unit baru yang dibuka pada tahun lalu, dan berapa banyak yang dijadwalkan akan dibuka tahun ini? Entah itu besar atau kecil, jika sebuah bisnis franchise tidak menunjukkan adanya perkembangan, baik itu pertambahan unit franchise baru, atau hal lainnya, maka Anda perlu berpikir kembali sebelum memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya.

Apa tanggapan dari pemilik franchise yang sudah berinvestasi saat ini?

Ketika Anda mengunjungi franchise yang Anda minati, cari tahu apa komentar pemiliknya untuk terhadap franchise yang tengah dijalaninya. Jika pemilik tersebut tampak senang dengan bisnis mereka, merasa optimis dengan masa depan bisnis mereka, dan menceritakan hal-hal positif mengenai kualitas dan ketersediaan dukungan perusahaan dan struktur manajemen yang hebat, mungkin bisnis franchise tersebut layak untuk Anda pertimbangkan. Jika umpan balik pemilik tersebut datar atau malah cenderung negatif, Anda harus mulai mencari bisnis franchise lainnya.

Apakah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang dukungan yang disediakan oleh perusahaan untuk pemilik dan staf?

Beberapa perusahaan yang bergerak pada bisnis franchise ada juga menawarkan dukungan lebih dari perusahaan franchise yang lain. Semua tergantung pada tingkat kejelian Anda dalam memilih bisnis franchise yang Anda cari, karena salah dalam memilih tentunya justru dapat menghancurkan investasi Anda. Bisnis franchise memang harus bisa menyediakan struktur bisnis yang baik, tetapi penting bagi Anda untuk memahami bagaimana pelatihan-pelatihan dan juga berbagai update yang mereka berikan untuk para frachisee mereka. Cari tahu tentang fitur-fitur dukungan lainnya seperti pelatihan online alat pemilik maupun staf. Jika Anda belum menemukan apa yang Anda cari, maka teruslah mencari.

Apa pengalaman bisnis seperti apa yang dimiliki oleh tim eksekutif?

Terlepas dari usia ataupun skala ukuran suatu bisnis franchise, Anda tetap harus mengenal siapa-siapa tim eksekutif yang menangani bagaimana bisnis Anda akan beroperasi nantinya. Sebuah tim eksekutif yang ideal harus terdiri dari para profesional yang memiliki pengetahuan luas dan yang telah membuktikan kemampuan bisnis mereka.

Berapa banyak kompetisi dan kejenuhan pasar yang akan Anda hadapi?

Jika ada terlalu banyak franchise-franchise baru atau terlalu banyak franchise di satu daerah, biasanya pelanggan cenderung bosan dan tentunya bisnis ini akan sulit untuk berkelanjutan. Hindari franchise yang cenderung enggan berinovasi dan bisnis franchise yang benar-benar akan memberikan produk atau jasa yang inovatif untuk sekarang dan tahun-tahun mendatang.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment