| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Perencanaan Dan Prioritas - Kunci Sukses Bisnis Kecil

tips bisnis, trik usaha

TIPS BISNIS - Bisnis Kecil. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin tidak selalu punya waktu untuk duduk dan membicarakan mengenai strategi bisnis, meskipun hal tersebut penting Anda lakukan. Dengan menempatkan fokus pikiran Anda pada apa yang ingin Ada capai, juga bagaimana cara Anda akan mencapainya, setiap goal pada bisnis Anda akan jauh lebih mudah untuk dicapai.

Meskipun perusahaan-perusahaan besar dan juga korporasi sudah terbiasa dengan adanya perencanaan tahunan atau bahkan triwulanan, sesi ini tidak secara eksklusif hanya untuk pemain besar. Perencanaan yang tepat dapat membantu pelaku usaha kecil mengatur alur bisnisnya menuju sukses, sementara prioritas-prioritas secara rinci dapat membantu Anda dan tim Anda untuk tetap berada pada trek.


Mulailah dari bagian akhir

Cara terbaik untuk mencapai kesuksesan adalah dengan memvisualisasikan apa arti sukses bagi Anda dan bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan keuntungan agar dapat memberi semua karyawan Anda kenaikan gaji? Apakah Anda ingin memberikan tambahan di toko atau membuka cabang di lokasi lain? Mulailah perencanaan untuk masa depan dengan membayangkan apa yang Anda inginkan, dan mulai membntuk kerangka bisnis Anda dari sana.

Perencanaan efektif  Vs Perencanaan efisien

Sering kali, rencana-rencana yang telah Anda buat terputus di tengah jalan atau cenderung tidak produktif karena terlalu banyak fokus yang Anda masukkan dalam agenda bisnis Anda. Alih-alih membahas semua yang ada dalam agenda perencanaan, akan lebih baik jika Anda lebih mengalihkan fokus Anda pada efektivitas perencanaan yang Anda buat. Hal ini umumnya akan lebih efektif jika hanya membahas beberapa poin utama saja, sehingga seluruh tim dapat sepenuhnya memahami tugasnya masing-masing, daripada membanjiri anggota tim dengan terlalu banyak informasi. Konsisten pada agenda yang ada memang penting, tetapi memberi kesempatan bagi tim untuk berdiskusi, berdebat dan menghasilkan kesepakatan bersama tentu lebih penting dalam suatu proses perencanaan.

Libatkan semua

Menjalankan suatu bisnis memang bisa sangat rumit, itu sebabnya Anda merekrut karyawan. Seorang manajer dapat membantu Anda meringankan beban pekerjaan, namun mereka juga harus ikut terlibat dalam setiap perencanaan agar mereka dapat bekerja secara efektif. Setelah rencana disepakati dan diselesaikan, baru kemudian Anda komunikasikan rencana Anda ke tim manajemen Anda dan akhirnya kepada seluruh karyawan, dan pastikan semua orang sejalan dan berkomitmen untuk bergerak sesuai dengan program yang disepakati bersama. Tanpa mengambil langkah penting ini, rencana Anda hanya tinggal rencana. Melibatkan semua orang yang ada dalam lingkup bisnis adalah kunci yang akan membuat suatu rencana bisnis Anda pada akhirnya membuahkan hasil yang Anda inginkan.

Untuk mengoptimalkan suatu sukses, Anda memang dituntut untuk selalu bekerja ekstra dan senantiasa menjelaskan kepada tim Anda, bahwa yang terpenting dalam mencapai sukses itu tidak hanya pada apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis, tetapi juga mengapa semua itu perlu dilakukan. Karyawan akan jauh lebih termotivasi ketika mereka memiliki sebuah alasan atas kegiatan sehari-hari mereka dan juga pemahaman mendalam mengenai apa yang ingin mereka capai bersama. Pastikan untuk tetap benar-benar transparan mengenai rencana Anda dan bagaimana setiap orang juga ikut berkontribusi dalam pencapaian itu.

First thing first

Setelah rencana bisnis Anda sudah tertanam pada setiap anggota tim, tiba waktunya bagi Anda untuk mengambil tindakan. Dan inilah bagian yang tersulit. Memilih suatu prioritas secara tepat hampir sama artinya dengan perbedaan antara perusahaan yang tidak pernah bergerak maju dengan perusahaan yang selalu ingin memenuhi dan melebihi ambisi dan tujuan mereka.

Mulailah dengan menyusun prioritas individu-individu yang menggerakkan rencana Anda ke depan. Anda sebagai pemilik bisnis, manajemen dan seluruh karyawan Anda harus datang untuk bekerja setiap hari dengan daftar prioritas mereka yang secara berkesinambungan mendorong jalannya keseluruhan bisnis menuju sukses. Kadang-kadang justru dengan melihat gambaran besar dapat membuat semuanya nampak kabur. Itulah mengapa fokus pada skala yang lebih kecil dapat membawa Anda lebih dekat dalam mencapai keberhasilan.

Menjalankan bisnis memang sulit, dan menyusun rencana tahunan atau kuartalan mungkin akan memakan waktu, bahkan melelahkan. Rencana bisnis bagi perusahaan memang sangat penting untuk menjaga stabilitas perusahaan, dan juga penting bagi perusahaan untuk mencari dan mencapai pertumbuhan serta keberhasilan.

Semoga bermanfaat. Amin

0 komentar:

Post a Comment