| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Memilih Label dan Kemasan Produk

Memilih Label dan Kemasan Produk
PELAKU UKM. Sebuah strategi pemasaran yang hebat dapat menjadi penentu antara produk yang sukses atau gagal. Bahkan pebisnis besar akan menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk menciptakan strategi pemasaran yang fantastis ketika meluncurkan produk baru. Untuk pemilik usaha kecil, bersaing dengan perusahaan besar dengan anggaran pemasaran yang besar tentu akan sangat sulit meski pemasaran secara online melalui website dan media sosial cukup membantu, namun hal ini belum cukup. 

Apa yang banyak diabaikan oleh para pebisnis kecil adalah kebutuhan untuk berinvestasi dalam pelabelan yang baik dan juga kemasan produk mereka. Kebanyakan mereka lebih berkonsentrasi pada mencetak selebaran, kampanye email dan membeli ruang iklan; padahal banyak konsumen akan lebih tertarik oleh kemasan yang baik. Bahkan, kemasan produk harus menjadi aspek kunci dari strategi pemasaran. Kita semua secara alami lebih tertarik pada visual dan tentusaja itu artinya kita leih tertarik pada penampilan.

Kemasan adalah branding Anda

Bagi Anda sebagai pemilik usaha kecil ini artinya bahwa Anda harus mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi pada kemasan produk dan label sebagai prioritas. Kemasan yang Anda pilih harus bisa mencerminkan dan memperkuat merek bisnis Anda. Warna harus melengkapi dan menonjolkan warna branding Anda.

Aspek lain untuk memperhitungkan dengan kemasan adalah target konsumen. Jika Anda mempunyai target pada pelanggan yang peduli lingkungan, misalnya, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan minimalis karena hal ini akan dipandang lebih ramah lingkungan. Atau, jika Anda membidik pada pasar kelas atas, kemasan Anda harus bisa menciptakan kesan kualitas dan kemewahan.

Pelabelan

Salah satu aspek yang paling penting dari kemasan bagi pemilik usaha adalah label, sekaligus juga salah satu hal yang paling sulit untuk mendapatkannya. Mencantumkan label pada kemasan produk, selain sebagai sebuah kesempatan bagi Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan potensial Anda, juga sebagai sumber informasi hukum yang berkaitan dengan hak merek Anda secara hukum. Meskipun produk yang berbeda pasti memiliki informasi yang berbeda, semua label harus mencakup informasi dasar seperti harga, nama, barcode dan informasi keselamatan jika produk berpotensi berbahaya. 

Penting bagi Anda untuk mencatumkan semua informasi secara akurat, terutama mengenai informasi hukum. Juga pastikan Anda juga mencantumkan informasi tersebut dalam bahasa Inggris jika Anda berniat untuk mengekspor produk tersebut. 

Pencantuman atau pemberian label merupakan persyaratan hukum sebuah produk, juga merupakan kesempatan bagi pemilik usaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial. Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan, Anda juga harus memperhitungkan kata-kata yang akan Anda gunakan untuk diletakkan pada label.

Kemasan online

Di era digital sekarang ini, Anda tidak lagi hanya harus mempertimbangkan kemasan produk fisik tetapi juga kemasan online juga. Kemasan online Anda akan meliputi desain website Anda, juga bagaimana Anda menampilkan produk Anda di situs Web Anda. Pikirkan baik-baik tentang bagaimana tampilan produk Anda secara online, Anda memilih latar belakang putih atau satu warna misalnya.

Kemasan dan pelabelan mungkin pada tidak terlalu mendapat perhatian pada beberapa bentuk pemasaran lainnya, karenanya jika Anda serius dalam mengikutsertakan dua hal ini dalam stretegi pemasaran Anda, tentunya akan sangat berdampak pada kesuksesan yang akan Anda raih.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemasan dan label merupakan salah satu media komunikasi Anda dengan pelanggan, karena bisa membuat produk anda lebih menonjol dari kompetitor, dan juga membantu dalam meningkatkan merek Anda.

Demikian.
Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment