| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Jasa Kurir Dalam Kota - Berpacu dengan Waktu

jasa kurir dalam kota
PELAKU UKM. Jasa pengiriman selama ini dikenal identik dengan bisnis jasa pengiriman barang-barang ke kota-kota tujuan di seluruh dunia. Tapi nyatanya kebutuhan akan jasa pengiriman ini tidak selalu untuk kebutuhan pengiriman luar kota atau luar negeri saja. Pengiriman untuk area dalam kota juga ternyata sangat banyak peminatnya, bahkan kian berkembang dari waktu ke waktu seiring bertambah padatnya kegiatan bisnis dalam kota itu sendiri.

Anda yang hobi menonton film mungkin pernah menonton film berjudul "Premium Rush". Film yang dibintangi oleh Joseph Gorgon-Levitt ini bertemakan sekelompok orang yang bekerja sebagai kurir dalam kota yang dalam kegiatannya mengantarkan barang lebih memilih menggunakan sepeda. Yang menarik adalah pada bagaimana sebuah ide untuk menciptakan sebuah peluang bisnis pengiriman yang memanfaatkan kesibukan dunia bisnis di kota besar.

Peluang yang ditangkap adalah bahwa bisnis pengiriman barang tidak selalu untuk keperluan antar kota, tidak semua pelaku bisnis mempunyai waktu untuk melalukan pengiriman sendiri atau menyuruh orang lain untuk mengirim barang mereka, serta perhitungan ketepatan waktu barang tiba di tujuan.

Bisnis jasa ini bukan hal baru di luar negeri sana, namun untuk Indonesia mungkin masih belum banyak dikenal. Jasa kurir dalam kota ini banyak berkembang di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota-kota besar lainnya, meski tidak begitu banyak. Justru karena belum begitu banyak dilirik, bisnis ini terbilang cukup menjanjikan untuk ditekuni.

Bisnis Individu

Jasa kurir dalam kota ini sekarang umumnya masih dikelola secara individu, artinya memang belum banyak yang berdiri sebagai sebuah peruahaan industri. Dalam kenyataannya memang pelaku bisnis ini adalah orang yang bergerak sendiri, tanpa ada sebuah perusahaan yang menaungi. Mungkin karena memang belum banyak yang bisa melihat peluang bisnis di bidang satu ini.

Sejauh ini baru ada 1 perusahaan yang serius bergerak di bidang jasa ini, yakni Velotrax.com, namun perusahaan ini hanya berdomisili di Jakarta, dan itupun hanya pada wilayah-wilayah tertentu saja.

Persiapan

Menjalankan sebuah bisnis tentunya tidak mungkin jika tanpa persiapan terlebih dahulu, diantaranya :

  • Motor/Sepeda
Kedua moda transportasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus bisa memperhitungkan sendiri mengenai waktu tempuh, biaya operasional, dan biaya perawatan.
  • Alat Komunikasi
Anda tentu butuh alat komunikasi, minimal handphone untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Alat Keselamatan
Safety first. Selalu utamakan keselamatan diri Anda. Logikanya, jika sampai seseorang atau sebuah perusahaan sampai menyewa jasa kurir dalam kota untuk mengirim sesuatu, artinya barang tersebut sangat urgent. Bisnis kurir dalam kota ini tentunya merupakan bisnis yang mempunyai tingkat urgensi padat karena barang harus tiba secepatnya. Tapi tentu saja Anda tidak boleh melupakan keselamatan diri Anda. Selalu kenakan alat keselamatan Anda.
  • Tas/Box
Ini untuk membawa paket bawaan Anda. Usahakan menggunakan tas/box yang efisien sehingga tidak mengganggu perjalanan pengiriman Anda.
  • Pengenalan Kota
Satu hal yang paling penting adalah pengetahuan yang cukup baik mengenai denah kota, baik itu wilayah kecamatan, jalur yang harus ditempuh, jam-jam macet, jalur tikus, dll. Ini berkaitan dengan waktu tempuh serta efisiensi waktu, tenaga dan biaya yang harus Anda keluarkan, juga kepercayaan pelanggan Anda tentunya.

Jika Anda masih kesulitan untuk mencari nama jalan atau kesulitan mencari jalur tercepat, Anda bisa saja menggunakan GPS. Alat ini sekarang sudah sangat mudah didapat dan akurasi informasi yang dihasilkan juga cukup baik.

Layanan

Dari segi layanan yang pada mulanya hanya mengantarkan paket kiriman dari satu tempat ke tempat lain dalam suatu kota, bisnis ini kemudian bisa dikembangkan menjadi banyak cabang jasa lainnya, seperti ojek online, pembelian tiket, kurir belanja, dan jasa lainnya yang menggunakan sepeda atau motor.

Bagi Anda yang mempunyai kreatifitas untuk menciptakan peluang lainnya dari bisnis ini tentu akan sangat berpeluang menambah pundi penghasilan Anda

Pemasaran
  • Media Promo
Tidak bisa disangkal, media promosi untuk jenis bisnis jasa satu ini yang efektif adalah menggunakan media sosial. Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mengamati media sosial apa yang banyak digunakan oleh target pelanggan Anda, karena orang-orang cenderung faatik pada salah satu jenis media sosial jika berkaitan dengan bisnis.

Jika Anda menargetkan pelanggan para pelaku bisnis fashion seperti distro, alat kecantikan, serta pernah-pernik busana lainnya, Anda harus aktif menggunakan instagram. Jika Anda mempunyai target kalangan perkantoran, Anda bisa membuka akun LinkedIn atau Google+. Atau juga Anda bisa mengikuti beberapa grup bisnis atau page bisnis di Facebook. Silahkan pilih media sosial mana yang menurut Anda disanalah kebanyaka sasaran pelanggan yang Anda targetkan berada.

Selain media sosial, penggunaan cutting sticker juga bisa menjadi media promo yang efisien. Anda tentu pernah menemukan sticker bertuliskan "kapanlagi.com" bukan? Sticker sebuah alamat website tersebut telah membuat website itu sekarang banyak dikenal masyarakat. Anda bisa mengaplikasikannya pasa bisnis Anda.
  • Tarif
Penerapan tarif mau tidak mau pastinya berpengaruh pada kontinyuitas penggunaan jasa yang Anda tawarkan. Jika terlalu mahal pastinya pelanggan akan beralih pada pesaing Anda. Untuk menjaring pelanggan tantunya Anda perlu memberikan tarif promosi. Tarif khusus untuk setiap pengiriman pertama, atau tarif khusus untuk hari tertentu atau jam tertentu misalnya..

Anda juga bisa menawarkan tarif berlangganan, dimana setiap pelanggan yang mengambil tarif berlangganan akan mendapat prioritas waktu dan potongan harga. Silahkan berkreasi..

Kendala

Kendala pada bisnis kurir biasanya adalah :
  • Cuaca
Terkadang cuaca sekarang ini memang sulit diprediksi. Terkadang hujan, tekadang terik sepanjang hari. Anda harus bersiap terhadap hambatan cuaca.
  • Kemacetan lalu-lintas
Kota besar dan kemacetan memang masih menjadi hal yang "rutin". Pengetahuan Anda mengenai jalur mana yang rawan kemacetan juga jalur alternatif yang bisa diambil serta mengetahui kapan jam-jam sibuk di jalan akan sangat membantu Anda mengatasi masalah kemacetan. Anda juga harus bisa memperkirakan waktu tempuh yang Anda butuhkan. Jangan mengobral janji akan tiba dalam waktu 30 menit misalnya, jika ternyata Anda bisa tiba setelah 1 jam.
  • Kerusakan Kendaraan
Sebetulnya ini hal wajar. Namun dalam bisnis jasa, waktu dan pelayanan adalah segalanya. Pastikan kendaraan Anda selalu berada pada kondisi optimal.

Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa kendala. Dan tidak ada kendala yang tidak menghasilkan keuntungan jika kendala tersebut terlalui.. Berminat untuk mencoba?

0 komentar:

Post a Comment