| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Kenapa Anda Harus Mempunyai Akun "Google+" ?

pentingnya google+
Apa yang membuat Google+ menjadi begitu penting bagi pelaku bisnis? Beberapa waktu lalu kami sempat membahas beberapa keuntungan menggunakan media sosial untuk mendongkrak bisnis Anda. Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda pilih, bahkan beberapa pelaku usaha malah ada juga yang menggunakan lebih dari 5 media sosial untuk menjaring pelanggan. Diantaranya yang populer sekarang ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path, Foursquare, LinkedIn, Youtube, Google+, dan masih banyak lagi.

Bagi masyarakat Indonesia mungkin media sosial seperti Facebook, Twitter serta Path memang sudah sangat akrab. Bahkan bisa dibilang setiap orang yang mempunyai akses internet rata-rata mempunyai setidaknya satu akun media sosial. Ini artinya sebuah kemudahan bagi pelaku bisnis untuk menjangkau pangsa pasarnya, sehingga penggunaan mesia sosial sangat perlu bagi kelangsungan bisnis.
Seperti yang kita ketahui, syarat sebuah bisnis untuk bisa bertahan dan berkembang adalah dengan memiliki :
  • good product
  • good team work
  • good brand awareness
  • good service
  • good price
Kami ucapkan selamat jika ternyata bisnis Anda memiliki kesemua kriteria tersebut diatas. Jika masih belum, maka Anda harus segera menemukan cara untuk memperbaiki kekurangan Anda, karena bisa jadi kompetitor Anda akan dengan mudah mengungguli Anda.

Dalam hal pengembangan brand awareness, media sosial sangatlah cocok untuk Anda gunakan. Tapi bagaimana menggunakan media sosial sebagai media untuk membangun brand awareness serta memilih media sosial mana yang akan memberi dampak paling signifikan terhadap bisnis Anda, ini yang berbeda pada setiap jenis bisnis, karena setiap media sosial meski sekilas memiliki fitur yang sama, tetap saja mempunyai karakteristik yang berbeda serta pengguna yang menyasar pada segmen yang berbeda pula.

Lalu media sosial mana yang mempunyai fitur lebih terutama untuk pelaku bisnis? Sebenarnya penggunaan media sosial bagi pelaku bisnis hanyalah sebagai media untuk membangun brand awareness. Penggunaan media sosial sebagai media untuk menjual sebuah produk akhir-akhir ini sudah tidak lagi efektif, jadi jika Anda masih melakukan penjualan melalui media sosial, maka segera tinggalkan. Kenapa? Secara psikologi, pengguna media sosial sekarang ini sudah sangat sering menemukan iklan hampir di manapun, jadi jika dirinya melihat ada iklan di media sosial mereka (timeline, etc), ia cenderung mengacuhkannya, atau bahkan meng-klik "unfollow". Jika seseorang ingin mencari sesuatu atau membei sesuatu, mereka akan mencarinya lewat search engine.

Kenyataannya, penggunaan search engine memang menjadi pilihan pertama seseorang untuk mencari sesuatu yang diinginkan. Sebuah kenyataan bahwa masyarakat sekarang memang menggunakan media sosial hanya sebagai media untuk bersosial, dan search engine untuk mencari sesuatu. Dan Anda sebagai pelaku bisnis harus segera menyadarinya. Fungsi media sosial hendaknya hanya berisi berbagai konten menarik yang kemudian mengarahkan pengikut akun Anda menuju website atau blog utama Anda di mana penawaran serta jual beli yang sesungguhnya terjadi.

Cara itu mungkin saja efektif jika memang konten yang Anda suguhkan memang sangat menarik, sehingga menarik jumlah pengikut yang bisa Anda arahkan ke website atau blog bisnis Anda. Namun cara ini hanya mampu menjangkau sebanyak jumlah pengikut Anda saja. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan ekspansi? Satu-satunya cara adalah dengan mengoptimalkan SEO Anda.

Akun media sosial seperti Twitter, Path, atau Instagram memang populer di Indonesia, namun akun-akun ini sangat jarang sekali, bahkan bisa dibilang tidak terdeteksi oleh search engine. Facebook mungkin terkadang masih terbaca oleh search engine, tapi itu sangat jarang terjadi, karena karakteristik media sosial adalah adanya update dari waktu ke waktu, terkadang dalam hitungan hari, jam, bahkan dalam hitungan menit. Ini yang menyebabkan akun media sosial jarang terindeks oleh search angine. Apa ada pilihan lain?

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan sudah mempunyai akun Google+. Sebuah akun media sosial besutan dari Google ini memang tergolong baru bagi pengguna media sosial di Indonesia. Tapi keberadaan Google+ sebagai media sosial wajib bagi pelaku bisnis belum banyak diketahui, padahal jika penggunaannya benar-benar dimaksimalkan sebagai bagian dari perangkat bisnis, maka hasilnya akan sangat signifikan bagi perkembangan bisnis Anda, terutama pelaku bisnis online.

Beberapa kelebihan dari Google+ ini diantaranya :

Tampilan foto serta video sangat baik

Bagi Anda yang mengutamakan visual dalam mempromosikan produk, Google+ ini juga mampu menampilkan foto dengan tingkat definisi tinggi.

Target pasar lebih terarah

Anda bisa meletakkan pengikut Anda berdasarkan kategori lingkaran yang Anda buat sendiri. Ini lebih memudahkan Anda dalam menyebarkan setiap update yang Anda share, karena tidak harus semua pengikut Anda yang menerima update yang Anda share. Anda bisa mengatur siapa-siapa yang akan menerima update dari Anda.

Anda bisa menggunakan fitur komunitas yang tersedia pada layanan Google+ jika Anda ingin mencapai target pasar yang lebih spesifik lagi.

Meningkatkan SEO website

Seperti yang kita ketahui, sampai sekarang Google merupakan search engine terbesar di dunia. Sebagai salah satu produk besutan Google, tantunya Google+ ini memiliki fitur yang lebih mudah untuk terbaca di search engine Google. Ini terbukti ketika kami memposting sebuah artikel mengenai bisnis yoghurt, sehari setelah posting, kami search di Google, ternyata posting yang secara otomatis dishare juga di akun Google+ (Si Konyos) sudah terindeks dan berada di pasisi ke-2 pada halaman pertama search engine.

Bisa Anda bayangkan betapa itu akan sangat embantu SEO website Anda. Posisi ke-2 dari sekitar 562.000 hasil pencarian yang menggunakan keyword "bisnis yoghurt". Dengan menggunakan Google+ dengan mudah bisa meningkatkan Search Engine Result Page (SERP) website Anda. Memaksimalkan SERP berarti juga sangat baik bagi SEO website Anda.

Praktis

Akun Google+ ini sudah secara otomatis terintegrasi dengan semua layanan Google lainnya, seperti email, Google Hangout, Adsense, Adword, Analytics, dan lain-lain. Cukup satu akun untuk semua layanan Google. Praktis bukan?

Silahkan Anda buktikan sendiri kemapuhan dari Google+ ini..

0 komentar:

Post a Comment