| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Situs Mobile - Aplikasi Wajib Online Marketing

mobile version
PELAKU UKM. Anda pasti pernah mengakses sebuah situs dengan alamat url yang berawalan "m", seperti misalnya m.facebook.com misalnya. Itu adalah alamat situs internet berbasis mobile. Facebook merupakan salah satu situs yang pertama kali menggunakan aplikasi url khusus untuk diakses oleh perangkat mobile seperti tablet serta berbagai jenis smartphone lainnya.

Internet sekarang ini memang sudah menjadi sebuah dunia bisnis yang baru. Sebuah era yang merubah paradigma bisnis di mana dulu yang besar mengalahkan yang kecil, kini sudah berubah menjadi yang cepat mengalahkan yang lambat. Tidak peduli seberapa skala sebuah bisnis, jika bisnis itu dijalankan dengan mekanisme bisnis yang cepat, maka bukan sesuatu yang mengherankan jika akhirnya bisnis tersebut akan mengalahkan pesaing besar.

Kemudahan Akses

Hampir 30% masyarakat Indonesia sekarang ini sudah mengerti mengenai internet. Itu artinya sekitar 70 juta orang yang sekarang ini "melek internet", dan berpotensi sebagai target bisnis. Sebuah jumlah yang sangat menggiurkan jika mengingat bawa pemerintah mentargetkan bahwa pada tahun 2015 nanti minimal 50% masyarakat Indonesia sudah bisa mengakses internet secara nasional.

Peningkatan jumlah pengguna internet tersebut juga tidak terlepas dari kemajuan teknologi yang ada. Jika dulu akses internet hanya bisa diakses menggunakan komputer, sekarang ini internet sudah bisa diakses juga menggunakan perangkat handphone. Bahkan kini fungsi handphone pun semakin bergeser menjadi media pengakses internet secara mobile. Berbagai vendor semakin gencar mengeluarkan berbagai gadget canggih ke pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Sekarang di kota-kota besar hampir semua orang bisa mengakses intenet. hasil penelitian menunjukkan bahwa 30% dari total pengguna internet di Indonesia adalah para remaja. Berbagai kemudahan dalam mendapatkan akses internet sekarang ini membuat para pelaku usaha tidak boleh memandang enteng akan potensi internet bagi kelangsungan bisnisnya.

Fitur Mobile

Tahukan Anda bahwa Indonesia merupakan 5 besar negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia? Dengan jumlah pengguna smartphone sebanyak 47 juta orang (inet.detik.com), itu artinya lebih dari setengah dari jumlah pengakses internet ternyata mengakses internet menggunakan perangkat smartphone.

Berbeda dengan PC atau laptop, layar smartphone ini tentunya jauh lebih kecil. Ini membuat tampilan situs-situs yang dikunjungi menjadi sedikit berbeda, karena hanya beberapa bagian saja yang bisa ditampilkan, dan bagian lainnya bisa dilihat dengan menggunakan scroll bar. Sebuah konsekuensi yang harus dialami karena keterbatasan ukuran layar display tentunya. Sampai kemudian muncul sebuah ide untuk membuat website menjadi lebih nyaman dilihat bagi pengguna mobile devise ini.

Aplikasi ini mulai banyak dinikmati semenjak Facebook pertama kali mengaplikasikannya bagi user mereka yang mengakses menggunakan smartphone. Dan cara ini terbukti mampu membuat Facebook kemudian menjadi salah satu url paling sering dikunjungi serta menjadi media sosial terbesar saat ini dengan user lebih dari 1,2 miliar di seluruh dunia. Apa rahasianya?

Rahasianya adalah kemudahan akses dan kenyamanan tampilan serta navigasi yang lebih sederhana dengan fitur mobile. Faktor itu yang membuat orang-orang kemudian bisa berlama-lama mengunjungi suatu website.

Kelebihan

Setiap kemajuan teknologi pasti menyuguhkan berbagai kelebihan, termasuk pada penggunaan fitur mobile. Beberapa kemudahan tersebut diantaranya :

  • Tampilan lebih jelas
Karena diprogram khusus untuk perangkat mobile, maka tampilan juga akan nampak lebih jelas, karena hanya menampilkan bagian website yang paling penting saja. Berbeda dengan tampilan website secara keseluruhan yang menampilkan semua bagian situs. Tampilan penuh ini jelas akan membutuhkan space lebih besar, dan pada smartphone hal itu hanya bisa dilakukan dengan tampilan kecil, sehingga untuk merujuk pada satu bagian website harus melakukan zoom in terlebih dahulu. Jauh dari praktis.

Dengan penggunaan aplikasi tampilan mobile, semua itu tidak menjadi masalah.
  • Minim iklan
Keberadaan iklan adalah hal baik bagi pemilik website, karena bisa memberi pemasukan. Namun keberadaan iklan ini bagi sebagian pengunjung website sangatlah mengganggu. Kabar baiknya, pada tampilan mobile sebuah website iklan-iklan ini biasanya tidak ditampilkan. Mungkin karena keterbatasan ruang tampilan yang tersedia, maka tidak ada ruang tersisa untuk disisipkan iklan, meski tidak semua mobile website melakukan penghapusan iklan ini, setidaknya tampilan website menjadi lebih bersih dari iklan.
  • Akses lebih cepat
Sudah menjadi rahasia umum bahwa koneksi internet di Indonesia ini bukan yang tercepat di dunia. Berbagai keluhan akan lambatnya koneksi internet di negara ini sudah menjadi konsumsi sehari-hari pengguna internet. Kondisi "lemot" ini akan lebih terasa ketika membuka halaman dengan konten yang cukup berat karena terdapat fitur-fitur aplikasi penunjang halaman website tersebut.

Pada fitur mobile, semua konten tersebut dipangkas habis. Karena konten minimalis ini, ukuran file juga menjadi kecil, sehingga lebih ringan untuk diakses. Jika pada full display pada komputer bisa hingga 500kb/halaman, maka pada fitur mobile hanya berkisat 10-30kb/halaman.. Cukup ringan untuk mempercepat akses website bukan?
  • Kebebasan mengakses halaman
Orang-orang mengakses internet untuk berbagai kepentingan. Berbagai kepentingan tersebut pada akhirnya menuntut orang-orang untuk bisa terus memperoleh akses internet, dan hal itu hanya bisa didapat dengan memanfaatkan smartphone.

Tidak bisa dipungkiri kehadiran smartphone di tengah-tengah masyarakat semakin meningkatkan traffic pengguna internet di seluruh negara. Fakta ini yang kemudian harus direspon oleh para pemilik website dengan menghadirkan fitur terbaik pada konten websitenya, termasuk versi mobile atas websitenya.

Salah satu kunci sukses bisnis adalah dengan membuat bisnis Anda mudah untuk diakses oleh calon pelanggan. Semakin mudah dan semakin nyaman orang-orang bisa mengakses bisnis Anda, maka Anda akan berpeluang lebih untuk menguasai pasar internet atas produk/jasa yang Anda. Mungkin untuk mencapai hal tersebut Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat versi mobile atas website Anda.

0 komentar:

Post a Comment