| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Ini Dia 6 Strategi Untuk Menghasikan Blog Yang Sukses

blog yang sukses
PELAKU UKM. Blog sekarang ini sudah menjadi semacam kebutuhan pokok dalam bisnis. Baik sebagai personal blog, maupun berbagai fungsi lain, kehadiran blog merupakan sebuah bumbu pelengkap yang sangat penting. Tapi ada juga yang menjadikan blog itu sendiri sebagai industri. Sekarang ini banyak orang--dan semakin banyak lagi--yang benar-benar menjadikan kegiatan blogging sebagai sumber nafkah utama.

Ini bukan berita baru, sebab memang blogging terbukti bisa menjadi sumber uang yang potensial, baik itu berasal dari iklan, subscriber, merchandise, dan lain sebagainya. CukuP mudah bukan?

Menurut sumber yang kami dapat dari entrepreneur.com menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 kunci utama untuk bagi Anda untuk menciptakan blog yang bisa bertahan dan menjadi blog yang sukses. Berikut ini keenam stratgi dasar dalam menciptakan sebuah blog yang harus diketahui oleh setiap blogger profesional, terutama pemula :

1. Tentukan target pembaca Anda dan fokus padanya.

Cara terbaik untuk membangun sebuah audiens yang setia untuk setiap blog adalah dengan cermat dan jelas mendefinisikan target pasarnya sejak awal, lalu membuat konten yang dapat memenuhi kebutuhan audiens itu. 

Berfokus pada audiens tertentu dan mengembangkan konten yang sesuai khusus bagi orang-orang  itu membantu untuk memastikan akan ada minat yang kuat dalam konten blog Anda, dan mempermudah proses promosi blog Anda. Semakin sempit Anda menentukan target audiens Anda, semakin mudah akan untuk mengidentifikasi orang-orang, melayani kebutuhan mereka dengan konten Anda, dan menjangkau mereka dengan iklan dan pemasaran Anda. 

Mentargetkan audiens Anda bsa dilakukan dengan melakukan pemilahan berdasarkan definisi menggunakan salah satu atau beberapa kriteria, atau berbagai karakteristik demografi, seperti:
  • Usia
  • Komunitas
  • Pendidikan
  • Letak geografis
  • Hobi
  • Besaran penghasilan
  • Status pernikahan
  • Tempat tinggal
  • Jenis klamin
  • dll
Mencapai target demografi dalam dunia maya itu lebih mudah ketimbang mkakukannya pada dunia nyata. Cermati bagaimana Anda mendesain blog Anda agar lebih menarik pengunjung. Tata letak dan estetika penjualan sangat mempengaruhi tingkat kunjungan blog Anda. Tentu blog yang berisikan banyak sekali iklan bukalah blog yang nyaman untuk dikunjungi.

2. Cantumkan sesuatu yang lain dari yang lain dan unik kedalam blog Anda.

Memang pada kenyataannya cukup sulit untuk menghasilkan sebuah topik yang benar-benar original pada sebuah blog. Tapi Anda tetap harus bisa menghadirkan ssuatu yang unik serta konten yang inovatif. Untuk bisa melakukan ini Anda harus terus mencari inovasi baru dan cara berpikir baru kedalam tulisan Anda, apapun konten baru yang Anda buat.

Anda, sebagai seorang blogger, adalah individu yang unik dengan kepribadian Anda sendiri yang lain dari yang lain. Untuk membuat diri Anda mempunyai karakteristik, pastikan untuk memasukkan pengetahuan Anda, suara dan kepribadian ke blog Anda. Ini salah satu cara termudah untuk membuat Anda berbeda dari pesaing Anda.

Anda juga bisa membuat semacam hak cipta seperti menambahkan informasi penulis, waktu penulisan, dan lain sebagainya, atau dengan memasukkan ide pikiran Anda sendiri yang unik, ide, perspektif atau keahlian dalam setiap entri blog Anda.

Sesekali Anda kunjungi blog lain yang mempunyai tema niche yang sama dengan Anda. Lihat bagaimana isi konten yang mereka sajikan, kemudian Anda kembangkan cara-cara inovatif untuk melakukannya dengan lebih baik atau dengan cara yang menarik perhatian dan lebih unik. Anda boleh melakukan ini sekaligus untuk mengetahui tren paling up-todate yang sedang hangat. Satu yang perlu Anda ingat, hal ini bukan bertujuan untuk meniru.

Strategi lain yang penting dalam membuat dan menerbitkan sebuah blog yang sukses adalah dengan mengembangkan konten yang tidak tersedia di tempat lain di blogosphere atau di web. Jika isi blog Anda lebih unik dan inovatif maka semakin baik Anda menargetkan audiens Anda.

3. Menambah konten secara rutin.

Untuk membangun dan mendapatkan audiens yang setia, Anda harus menambahkan konten blog Anda secara rutin dari waktu ke waktu. Setiap entri blog baru harus memenuhi target audiens blog Anda, berisi konten yang bagus, dan saling berkaitan dengan konten yang diterbitkan sebelumnya. 

Agar blog Anda sukses, Anda harus tetap menjaga agar topik yang Anda terbitkan tetap berada pada topik utama blog Anda dan sebisa mungkin bisa memenuhi kebutuhan target audiens Anda. Ini artinya Anda harus bisa melakukan pemahaman yang menyeluruh tentang siapa audiens Anda, kemudian menyesuaikan fokus Anda pada tren dan tuntutan serta perubahan dari waktu ke waktu. 

Setelah Anda menetapkan jadwal untuk posting konten terbaru, sangat penting bagi Anda untuk menjaga jadwal itu, sehingga Anda mempunyai rencana yang sesuai dan itu juga bisa menjaga diri Anda untuk tidak terlalu ambisius. Lebih baik mentargetkan satu konten saja dalam seminggu, kemudian memberikan beberapa konten lain sebagai tambahan, diluar target posting. Banyak blogger menjanjikan konten baru setiap hari (atau beberapa kali sehari) dan tidak mampu memberikan. Sebuah cutra yang kurang bagus untuk Anda bukan?

4. Rubah blog Anda menjadi komunitas interaktif online.

Alih-alih memfokuskan secara eksklusif pada konten berupa artikel, Anda bisa merubah blog Anda menjadi sebuah komunitas interaktif online. Anda bisa melakukannya dengan mendorong audiens Anda untuk mengirim umpan balik dan komentar, berinteraksi satu sama lain, berbagi ide, dan meningkatkan konten Anda dengan menambahkan informasi mereka sendiri. 

Pastikan untuk memasukkan "Share" tombol ke setiap entri blog Anda. Ini berfungsi untuk mempermudah pembaca Anda untuk berbagi konten Anda melalui email, Facebook, Google+, Twitter atau LinkedIn. Hampir semua platform blogging populer menawarkan widget yang sudah memiliki platform yang mengintegrasikan "Share" tombol ke blog Anda. Hal ini dapat membantu Anda membangun audiens Anda secara lebih cepat.

5. Manfaatkan semua sumber daya yang ada untuk terus mempromosikan blog Anda.

Untuk membangun audiens itu mebutuhkan waktu. Tidak bisa lantas anda dalam sekejap mempunyai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan audiens tanpa melewati sebuah proses terlebih dahulu. Untuk mencapai semua itu diperlukan pemasaran, promosi terus menerus, bahkan jika perlu Anda bisa membuat iklan berbayar.

Dalam prosesnya, rentang waktu ini bisa Anda efektifkan sehingga Anda bisa memperoleh audiens dengan cepat dengan cara yang tepat. Anda bisa memanfaatkan komentar pada suatu forum, mengunjungi blog lain dan meninggalkan link blog Anda, aktif mempromosikan blog Anda di media sosial, dll. Semua itu sangat penting Anda lakukan secara rutin seperti Anda memposting sebuah artikel.

6. Jaga penampilan blog Anda.

Penampilan adalah satu dari beberapa faktor penting dalam menciptakan sebuah image. Desain yang baik, enak dipandang dan konten yang bersahabat dengan mata, serta isi dari blog itu sendiri harus menjadi perhatian utama Anda sebelum mempublikasikannya.

Periksa kembali setiap kata serta kalimat untuk menghindari adanya kesalahan ketik atau berbagai error lainnya yang bisa menimbulkan kesan buruk.



0 komentar:

Post a Comment