| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Tips Mengoptimalkan SEO Website Anda

Search engine optimizing
Search Engine Optimizing (SEO). Bagaimana Anda bisa mengoptimalkan website Anda supaya bisa berada di posisi teratas--atau setidaknya berada di halaman pertama--pada indeks sebuah search engine. Hal ini memang sangat penting dalam dunia bisnis di internet. Jika bisnis Anda mudah ditemukan oleh calon konsumen, maka hampir bisa dipastikan ransaksi akan lebih banyak terjadi. Karenanya, banyak perusahaan besar atau para pelaku bisnis perorangan yang berlomba meningkatkan posisi indeks bisnisnya. Namun ternyata untuk mengoptimalkan indeks search engine ini tidak semua orang mengetahui seluk beluk caranya, sehingga banyak website yang tidak memperoleh posisi indeks sesuai keinginannya.

Semua usaha Anda menyebar berbagai backlink di berbagai media sosial atau bagan komentar blog/website, dll, semua itu percuma jika website Anda sendiri tidak SEO friendly (ramah SEO). Tingkat keramahan SEO ini bergantung pada 2 hal :
  1. Desain website
  2. Konten website
Kami akan sedikit memberikan gambaran bagaimana Anda bisa membuat konten website yang ramah SEO. Untuk membuat website yang ramah SEO, yang Anda harus perhatikan pertama kali adalah penggunaan keyword yang tepat pada website Anda.

Anda bisa melakukan evaluasi mengenai keyword menggunakan beberapa keyword research tool berikut ini :

Berikut ini beberapa bagian website yang menentukan website Anda ramah SEO atau tidak.

URL

Idealnya, domain website atau alamat website atau yang dikenal dengan sebutan URL milik Anda merupakan sebuh nama yang mudah untuk diingat (singkat, sederhana, dan mempunyai relevansi dengan produk atau bisnis atau layanan Anda). Anda juga bisa menggunakan brand nama usaha anda jika memang perusahaan Anda sudah dikenal luas. Jika Anda seorang pemula, tidak ada salahnya menggunakan nama brand yang ingin Anda usung, atau juga bisa menggunakan nama yang relevan dengan bisnis Anda jika ternyata nama yang Anda pilih ternyata sudah ada yang menggunakan.

Yang perlu Anda perhatikan dalam memilih alamat website adalah bahwa Anda harus memastikan bahwa nama yang Anda pilih belum terdaftar. Untuk mengetahuinya Anda cukup memasukkan alamat website yang Anda ingin gunakan tersebut pada search engine. Jika ternyata alamat website tersebut muncul di search engine berarti alamat tersebut itu sudah terdaftar, dan artinya Anda tidak bisa menggunakan alamat tersebut. Lalu usahakan total keseluruhan alamat URL yang Anda pilih itu tidak lebih dari 65 karakter huruf. Ini mungkin bukan masalah jika URL mungkin hanya merujuk kepada domain utama Anda, seperti misalnya http://www.amazon.com. Namun lain halnya jika harus merujuk kepada salah satu bagian halaman atau artikel pada website Anda.

Banyak website yang menggunakan URL yang panjang, bahkan beberapa bisa dikatakan super panjang dalam merujuk ke sebuah halaman, seperti contohnya :

http://www.amazon.com/gp/product/B0007TJ5OG/102-8372974-4064145?V=glance&n=502394&m=ATVPDKIKX0DER&n=3031001&s=photo&v=glance#sthash.y1At5C4.dpuf

Bukankah itu sangat panjang dan melelahkan? Contoh terakhir diatas adalah sebuah URL yang merujuk pada sebuah halaman website, namun kami jamin URL tersebut akan dengan segera dilewatkan oleh search engine. Mungkin memang URL tersebut secara otomatis dibuat denga parameter yang dinamis oleh sistem, namun bukan berarti tidak bisa dirubah. Anda bisa merubah URL tersebut menggunakan tools berikut

Title dan Meta Tags

Meta tags merupakan elemen penting dalam sebuah website. Dan yang paling utama adalah meta title tags dan meta description tags, karena kedua elemen itulah yang muncul di search engine ketika seseorang mengetik sebuah keyword dan memberi daya tarik bagi orang itu untuk meng-klik atau tidak sebuah link.

Meta Tags

Title Tag

Konten meta title tags ini adalah yang muncul pada tampilan search engine di atas. Lalu ketika sseorang mengunjungi link URL Anda, meta title tag tadi akan muncul sebagai judul website Anda tepat di atas URL Anda.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk konten meta title tag yang ramah SEO diantaranya :
  • Rentang jumlah karakter yang ideal untuk meta title tags adalah antara 10 - 60 karakter (termasuk spasi). Mengguakan title yang panjang sebenarnya tidak mempengaruhi SEO, namun tetap saja akan terpotong, karena tidak semua bagian title akan ditampilkan. Jika Anda menggunakan title yang panjang, ada baiknya menempatkan kata yang paling menggambarkan mengenai bisnis Anda.
  • Jangan memasukkan banyak keyword pada title tags. Gunakan keyword yang benar-benar mewakili dan relevan dengan bisnis Anda. Terlalu banyak keyword justru akan terbaca sebagai scam ataupun spam oleh search engine.
Description Tag

Konten pada description tag ini hanya tampak oleh pengguna search engine pada hasil pencarian. Biasanya search engine justru mencari keyword yang di cari oleh pengguna search engine dari konten yang berada di description tag ini.

Header Tags

Susunan header tags ini dimulai dengan header yang paling penting dari h1 hingga h6.


Bagaimana Anda memulai sebuah paragraf tulisan pada website Anda? Apakah Anda memulainya dengan sedikit kalimat pembuka, basa-basi, lalu baru kemudian masuk kepada isi konten sesungguhnya? Secara teori dalam menulis, sebuah artikel memang hendaknya tersusun dengan baik, mulai dari kalimat pembuka, isi, kemudian penutup. Namun jika menyangkut dengan kebutuhan SEO, mungkin pakem itu harus sedikit berubah.

Gunakanlah kalimat pembuka yang secara langsung menggambarkan mengenai bisnis Anda, apa penawaran Anda, dan kalimat lainnya yang isinya memotivasi orang lain untuk mengunjungi website Anda. Anda harus bisa mengira-ngira keyword apa yang sangat mendekati dengan bisnis Anda. Misalnya website Anda adalah website yang menjual jasa konsultasi desain interior serta menjual furniture yang murah namun tetap berkualitas. Coba bandingkan paragraf pembuka di bawah ini :

Contoh 1

Selamat datang di website kami. Setiap orang pastilah menginginkan rumahnya nampak indah dan nyaman serta enak dipandang. Anda juga pasti salah satunya. Kebanyakan orang merasa bosan berada di rumahnya sendiri, dan salah satu penyebabnya adalah karena penempatan interior rumah yang mungkin tidak tepat sehingga mempengaruhi mood penghuninya.....

Contoh 2

Furniture rumah murah, mudah, elegan? Anda tak perlu mencari lagi. Hubungi kami. Harga mulai Rp.500rb sudah termasuk jasa konsultasi...

Pengguna internet adalah orang yang sangat paham dengan keinginannya. Jika seseorang sedang mencari furniture murah, maka ia akan cenderung mengetik "furniture murah" di search engine. Bisa Anda bandingkan paragraf pembuka mana yang akan muncul di search engine? Sudah tentu yang kedua. Keywordnya lengkap, kalimat motivasi ada, dan nilai plus berupa layanan berbau gratis akan lebih mendorong seseorang untuk meng-klik website Anda.

Gambar, Video, Flash

Sebuah website sekarang ini tidak bisa mengesampingkan keberadaan gambar, video, serta flash sebaga ibagian dari konten website. Sebuah website yang hanya berisi tulisan akan terasa sangat datar dan tidak menarik, sebaik apapun isi tulisannya. Orang-orang cenderung lebih tertarik keada website yang kaya konten, diantaranya gambar, video, dan juga flash.

Namun yang harus Anda perhatikan bahwa Anda juga harus menyertakan keyword konten website Anda pada kode HTML gambar, video ataupun flash pada website Anda.

Konten Halaman

Ini adalah bagian inti dari website Anda. Ini adalah apa yang menjadi alasan orang-orang mengunjungi website Anda. Struktur konten website yang baik adalah sebuah keharusan. Dan terkait dengan optimalisasi SEO, hal tersebut artinya menyangkut beberapa poin berikut :

Rasio HTML Terhadap Teks

Sebuah halaman yang kaya akan teks tentunya akan menjamin berlimpahnya keyword, dan itu akan memberi pilihan lebih banyak bagi search engine untuk mengindeks keyword website Anda. Namun jumlah rasio perbandingan antara knten teks dengan knten HTML juga mempunya proporsi tertentu agar bisa dikategorikan ramah SEO.

Cara menghitung rasio perbandingan ini kurang lebih seperti ini :

Persentasi rasio = ukuran teks / ukuran halaman web x 100
  • Rasio persentasi antara 0 - 25 persen. Ini bisa dibilang website Anda sebagai "code bloat". Anda perlu menambahkan lebih banyak teks pada halaman website Anda.
  • Rasio persentasi antara 26 - 70 persen. Ini adalah jumlah rasio yang ideal. 
  • Rasio presentasi leih besar dari 70 persen. Pada ambang angka ini website Anda terlalu banyak mengandung konten teks, dan sering kali search engine menganggapnya sebagai spam.
Anda bisa menghitung berapa rasio persentasi website Anda di sini.

Kepadatan Keyword (Keyword Density)

Setelah Anda sudah meneliti beberapa keyword untuk website Anda dan siap untuk menyematkannya. Berapa banyak keyword yang harus Anda sematkan pada website Anda? Pada masanya dulu, banyak pakar SEO yang menganjurkan untuk menyematkan antara 2 - 15 keyword, bahkan ada yang menganjurkan lebih. Namun itu adalah masa lalu. Sekarang ini menggunakan cara itu sudah tidak lagi efektif untuk mendongkrak SEO Anda.

Pada kenyataannya, bagi search engine modern masa kini jumlah keyword tidak lagi berarti. Sistem alogaritme search engine sekarang ini lebih memperhitungkan tingkat relevansi keyword dengan konteks dari konten di mana keyword itu disematkan.

Lalu apa yang bisa Anda lalukan? Berikut beberapa poin penting yang bisa Anda lakukan :
  • Fokuslah pada isi konten yang Anda tulis. Biarlah keyword mengalir bersama isi konten.
  • Konten yang Anda tulis harus mudah dibaca. Gunakanlah kata-kata yang mudah diucapkan.
  • Sesekali lihatlah website kompetitor yang mempunyai tingkat SEO lebih tinggi dari Anda. Coba cek kepadatan keyword yang mereka gunakan. Mungkin itu bisa memberi Anda sedikit gambaran.
Keunikan

Anda harus memiliki konten yang unik dan belum pernah dimuat pada website manapun sebelumnya. Semakin Anda menunjukkan keunikan, maka search engine akan dengan cepat mengetahuinya, karena artinya website Anda memiliki perilaku yang ramah SEO.

Itu dia beberapa hal yang mungkin bisa Anda pelajari mengenai bagaimana cara kerja SEO dan bagaimana membangun sebuah website yang ramah SEO. Bagi Anda yang sekarang ini tengah merintis sebuah online store atau sebuah website, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.


0 komentar:

Post a Comment