| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Monetisasi Website

Bagaimana Anda bisa memonetisasi website Anda? Awalnya kami ragu untuk mengangkat tema ini, karena mungkin memang tidak terlihat sebagai sebuah bentuk usaha. Namun ternyata banyak sekali orang-orang yang secara terbuka mengatakan bahwa dirinya secara total mendapatkan penghasilan dari bidang ini.

Ada satu cara untuk Anda supaya website milik Anda bisa menjadi mesin uang bagi Anda., yakni dengan monetisasi.

Monetisasi

Monetisasi adalah sebuah proses tindakan yang menghasilkan sebuah produk atau sebuah layanan dan merubahnya menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan uang bagi Anda. Jadi, jika Anda mempunyai sebuah website atau blog dan Anda memposting begitu banyak hal dan mendatangkan puluhan, raturan, bahkan mungkin ribuan pengunjung di website atau blog Anda namun Anda tidak menghasilkan uang dari semua itu, itu artinya Anda tidak memonetisasi website Anda.

Jadi, monetisasi secara garis besar adalah bagaimana Anda isa menghasilkan uang dari website Anda.

Mengapa Harus Monetisasi?

Ketika Anda sedang menulis sebuah artikel yang sangat menarik untuk Anda tampilkan di blog Anda, dan Anda memang sangat sering melakukan itu, apa pernah terpikir oleh Anda tentang apa saja yang Anda habiskan? Anda tentu membutuhkan daya listrik supaya komputer Anda bisa menyala. Anda mungkin juga telah membeli buku-buku sebagai bahan referensi untuk menulis artikel itu. Anda mungkin juga telah meghabiskan 5 gelas kopi serta 3 bungkus makanan ringan untuk menemani Anda mengetik artikel itu. Apa itu tidak memakan biaya? Tentu saja itu membutuhkan biaya. Sebagai contoh, Anda yang sedang mabaca artikel ini secara tidak langsung telah menyedot pengeluaran kami untuk 2 gelas susu coklat, sebungkus rokok, dan juga sebungkus nasi kuning :)

Ide awal dari proses monetisasi ini adalah bagaimana Anda bisa terus menghasilkan apa yang telah lama Anda hasilkan namun Anda mendapatkan sesuatu kembali atas apa yang Anda hasilkan. Dari ide awal itu kemudian berkembang menjasi sebuah bisnis, karena banyak orang mulai menyadari bahwa apa yang mereka lakukan ternyata bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Jika Anda benar-benar tertarik untuk memonetisasi website Anda, maka Anda juga harus mulai menghitung berapa banyak biaya yang Anda keluarkan dalam satu bulan untuk mengelola website Anda, lalu mulai memikirkan cara bagaimana supaya besaran biaya yang telah Anda keluarkan bisa kembali kepada Anda, atau bahkan dengan sedikit keuntungan di luar modal yang Anda keluarkan sebagai bentuk bisnis monetisasi website milik Anda.

Bagaimana Caranya?

Ini adalah cara yang paling mudah dan paling klasik yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Dengan membuka sebuah online store yang menjual berbagai macam barang, atau dengan menjual sebuah jasa layanan seperti layanan servis komputer misalnya. Itu adalah sebuah awal bagaimana Anda bisa memonetisasi website Anda.

Namun jika website Anda lebih banyak berisi konten berupa artikel, video atau berbagai jenis konten lainnya yang secara umum bukan menjual sebuah produk ataupun jasa layanan, maka Anda perlu memikirkan cara lain untuk website Anda supaya bisa menghasilkan uang bagi Anda.

Salah satu cara yang bisa anda coba diantaranya :

Sponsorship

Katakanlah Anda adalah seorang profesinal yang ahli dalam suatu bidang. Mungkin Anda seorang ahli mesin, ahli komputer, ahli menggambar, ahli menulis cerita pendek, ahli pemasaran barang, dan lain sebagainya. Anda membuat banyak sekali atikel mengenai hal-hal yang sangat Anda sukai dan kuasai atau mungkin beberapa video mengenai hal yang Anda dalami itu ke dalam blog Anda. 

Sebagai contoh, misalnya Anda adalah seorang ahli dalam bermain gitar. Lalu Anda mulai menulis mengenai berbagai teknik gitar, juga beberapa video tutorial bermain gitar. Lama kelamaan Anda akan mendapatkan traffic yang cukup banyak pada blog Anda. Pada tahap ini, mungkin Anda bisa mulai menghubungi sebuah pabrikan gitar dan mengatakan pada mereka "Saya mempunyai sebuah website yang isinya mengenai segala sesuatu berkaitan dengan gitar dan telah memiliki banyak pengunjung yang ingin belajar gitar. Besar kemungkin mereka akan membeli produk Anda. Maukan perusahaan Anda men-sponsori website saya?"

Tentu saja satu sponsorship akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengelola website. Anda akan membutuhkan beberapa sponsor pastinya. Terkecuali memang website Anda sangat bagus dan bisa menarik sebuah perusahaan besar untuk memberikan spnsor untuk Anda. Di sini Anda harus menguasai teknik memasarkan sebuah website kepada calon sponsorship Anda. Anda boleh menggunakan berbagai bentuk penawaran yang relevan dengan konten website serta timbal balik yang bisa Anda beri jika mereka memutuskan untuk memberikan sponsor bagi Anda.

Persiapan lain yang harus anda siapkan jika ingin mencari sponsorship bagi website Anda adalah Anda harus memastikan bahwa software analytic atas website Anda aktif dan berjalan, karena dengan begitu Anda bisa memberikan laporan kepada calon sponsor Anda. Pihak sponsor tentu tidak akan memberikan uang kepada sembarang orang. Anda harus bisa memberikan data nyata untuk bisa menyakinkan mereka. Mereka ingin mengetahui beapa banyak kunjungan pada website Anda dalam satu bulan. Mereka ingin mengetahui kapan waktu tersibuk website Anda mendapat banyak kunjungan. Mereka ingin mengetahui berapa rata-rata kunjungan perhalaman pada website Anda, dan berbagai data yang mereka butuhkan.

Jika Anda memeiliki angka kunjungan hanya 500-1000 kunjungan/bulan, mungkin pihak sponsor tidak akan mempedulikan Anda. Namun jika Anda memiliki angka kunjungan 10.000-20.000 kunjungan/bulan, mungkin Anda akan mulai mendapat perhatian. Atau mungkin Anda punya 100.000 kunjungan perbulan, Anda yang mungkin akan mereka hubungi :)

Membership

Ide awalnya untuk monetisasi dengan cara membership ini kurang lebih seperti pada cara sponsorship. Namun pada cara ini, pihak sponsor adalah para pengunjung website Anda.

Untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus mempunyai konten website yang sangat-sangat bagus, sehingga Anda bisa membuat orang-orang untuk membayar Anda untuk bisa mengakses website Anda. Pada cara ini Anda harus membuat website Anda menjadi 2 bagian. Satu bagian merupakan bagian website yang bisa diakses secara gratis, dan satu lagi merupakan bagian website yang bisa diakses khusus bagi pengunjung yang bersedia membayar sebagai member.

Ini juga merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk memonetisasi website Anda. Bayangkan, jika katakanlah Anda menerapkan tarif membership sebesar Rp.50.000/bulan. Jika member anda hanya 10 orang, mungkin itu belum begitu berarti. Namun jika jumlahnya terus bertambah, katakanlah mencapai 1000 orang, bukankah itu sebuah penghasilan untuk Anda?

Satu yang harus Anda perhatikan adalah nilai konten yang Anda tawarkan. Anda tentunya tidak ingin member Anda membayar sebentar lalu pergi begitu saja karena kecewa oleh konten yang Anda berikan tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Terlebih saat ini sebuah berita kekecewaan yang disebar melalui internet bisa menyebar lebih cepat dan lebih merusak. Ini akan menjadi mimpi buruk bagi website Anda.

Banner, Adsense, Iklan Baris

Mungkin ini adalah cara paling banyak dipakai oleh orang-orang sekarang ini. Tipikal monetisasi dengan cara ini adalah proses menetisasi yang dikelola oleh sebuah advertising website. Pada Adsense, ini adalah advertising platform dari Google.

Dengan ini Anda akan menerima pembayaran atas semua iklan yang mereka tampilkan pada website Anda. Pihak advertiser yang menentukan sistem sharing pembayaran, dan Anda sama sekali tidak bisa mengatur iklan apa saja yang akan tampil pada website Anda.

Afiliasi (Affiliate Program)

Cara terakhir untuk memonetisasi webside Anda adalah dengan cara afiliasi.
Afiliasi adalah sebuah cara untuk memonetisasi sebuah website dengan sistem komisi. Anda bisa memilih iklan apapun yang ingin Anda letakkan pada website Anda, dan jika seseorang meng-klik iklan itu lalu terjadi sebuah transaksi jual beli, maka Anda mendapat komisi dari pengiklan yang berafiliasi dengan Anda. Besaran komisi berbeda-beda pada setiap afiliasi, berkisar antara 1% - 10%, terkadang juga ada yang memberi hingga 50%.

Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari website adalah tergantung bagaimana Anda menentukan koten website Anda, juga bagaimana Anda memasarkan website Anda sehingga bisa menarik banyak pengunjung. Kami akan membahas lebih lanjut lagi mengenai bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari website pada artikel lainnya. Silahkan bookmark halaman ini sehingga Anda akan mudah menemukan kembali :)


Referensi buku yang bisa Anda baca berkaitan dengan artikel ini :

http://tokoone.com/senjata-lengkap-bisnis-online/?affid=11437
SENJATA LENGKAP BISNIS ONLINE
Klik Di Sini


0 komentar:

Post a Comment