| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Lancarnya Bisnis Rental Mobil

Anda pernah menyewa mobil? Meskipun angka penjualan mobil mengalami peningkatan setiap tahun, ternyata bisnis rental mobil ini setiap tahun juga terus mengalami kenaikan tingkat permintaan. Bahkan ada sebuah riset yang mengatakan bahwa bisnis rental mobil di Indonesia terus mengalami kenaikan 20% hingga 30% setiap tahunnya. dan untuk peluangnya di tahun 2014 ini dipastikan juga akan terus bersinar, juga  akan tetap begitu hingga beberapa tahun ke depan.

Bisnis rental mobil ini bisa dibilang merpakan sebuah peluang bisnis yang cukup stabil, karena kultur orang-orang Indonesia yang mempunyai mobilitas tinggi, terlebih dengan berbagai pembangun infrastruktur transportasi yang semakin membaik. Sebagai contoh, setelah Tol Cipularang diresmikan pada tahun 2005 lalu, mobilitas transportasi antara Bandung - Jakarta menjadi lebih padat dari sebelumnya. Banyak pelaku usaha yang diuntungkan di Bandung dan juga Jakarta, terutama yang bergerak pada sektor transportasi.

Bisnis travel Bandung - Jakarta pulang pergi langsung menjamur. Banyak factory outlet berdiri di berbagai tempat di Bandung, lokasi-lokasi kuliner, dan tak kalah juga diantaranya adalah bisnis rental mobil. Semua orang menyukai hal-hal yang praktis, terutama berkenaan dengan moda transportasi. Sekarang ini sarana transportasi masih dirasa kurang memuaskan untuk sebagian besar masyarakat kita. Mulai dari masalah waktu, keterbatasan trayek tujuan, hingga tingkat kenyamanan. Untuk perjalanan jarak jauh dan rutin mungkin usaha travel lebih dominan, namun ketika berurusan dengan kebutuhan berlibur atau refreshing, bisnis rental mobil sangat dominan dibanding dengan bisnis transportasi lainnya.

Ini yang kemudian membuat bisnis rental mobil ini semakin mengalami kenaikan permintaan, terutama pada momen hari raya, masa liburan, atau yang lebih rutin yakni ketika akhir pekan. Ada temuan menarik dari sebuah hasil survey yang pernah dilakukan di Bandung pada akhir pekan mengenai mobil rental. Hasil survey menunjukkan fakta bahwa sekitar 40% - 60% mobil-mobil yang berseliweran dari luar kota Bandung adalah mobil sewaan!

Mengapa Rental Mobil?

Mengapa orang memilih untuk rental mobil? Sebuah celah ini yang bisa Anda manfaakan. Ada banyak hal yang membuat orang memilih untuk rental mobil. Pertama,--tentu saja--karena mungkin dia tidak punya mobil, kemudian menyewa mobil. Kedua, tidak semua orang mau dipusingkan dengan urusan perawatan kendaraan, dan kemudian memilih untuk menyewa mobil, bahkan meskipun dia sudah punya mobil sendiri di rumahnya.

Karenanya, Anda sebagai pelaku bisnis rental mobil ini hendaknya selalu menyiapkan kondisi mobil yang Anda sewakan supaya berada pada kondisi terbaik, karena kita tidak tahu seperti apa medan yang akan dilalui oleh pelanggan Anda. Namun tentu saja harus ada perjanjian dengan pelanggan Anda mengenai kerusakan yang mungkin terjadi ketika mobil Anda sedang disewa.

Kalkulasikan kisaran biaya perawatan rutin armada mobil Anda. Jika Anda menerapkan tarif murah untuk biaya sewa armada Anda, perhitungan yang jeli harus bisa Anda lakukan, karena jika tidak, maka lupakan usaha rental mobil Anda.

Persiapan

Baiklah, akhirnya Anda memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis rental mobil ini. Lalu apa yang harus Anda persiapkan? Dari begitu banyak persiapan detail dalam membangun sebuah bisnis, berikut ini beberapa persiapan secara garis besar dalam bisnis rental mobil yang mungkin bisa Anda terapkan

  • Lokasi
Ini sangat berpengaruh pada tingkat awareness terhadap bisnis Anda. Jika lokasi Anda berada di tempat yang mudah dilihat orang, berarti itu tempat yang bagus. Namun jika lokasi Anda sedikit "sembunyi", Anda bisa memberi rambu penunjuk arah agar lokasi Anda diketahui orang lain.

Lokasi yang berdekatan dengan dealer mobil juga cukup bagus untuk bisnis rental mobil. Ini bisa memberikan pilihan bagi seseorang yang ingin membeli mobil untuk mungkin memilih menyewa lebih dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mobil sendiri.
  • Tenaga ahli
Katakanlah Anda hanya seorang pemilik modal dan ingin mempunyai bisnis rental mobil. Anda tentu membutuhkan orang lain yang ahli dalam bidang rental mobil untuk menjalankan usaha Anda bukan? Atau jika Anda memang terjun sendiri dalam pengelolaan usaha, mungkin Anda masih harus mempersiapkan teknisi untuk memperbaiki atau melakukan perawatan armada mobil Anda.

Carilah orang-orang yang kompeten yang bisa mendukung usaha Anda. Ini adalah bisnis yang menyangkut orang banyak, jadi untuk masalah SDM harus menjadi perhatian penting. Untuk memperkecil biaya, ada baiknya Anda menjalin kerjasama dengan bengkel mobil yang Anda nilai cukup bagus kinerja teknisinya.
  • Perijinan
Ini yang sangat-sangat sering dilupakan oleh para pelaku usaha. Masalah perijinan ini sangat penting bagi usaha Anda jika memang Anda berniat untuk membangun sebuah bisnis untuk jangka panjang. Jangan sampai ketika bisnis Anda semakin berkembang, kita kemudian terganjal masalah perijinan.
  • Armada
Dan ini adalah poin terakhir. Armada mobil. Ini yang menjadi sentral usaha Anda. Coba pelajari dulu pangsa pasar bisnis Anda. Jika Anda membidik kalangan menengah atas, tentu Anda juga harus menyediakan mobil-mobil kelas atas. Namun jika Anda membidik kalangan menengah ke bawah, Anda bisa menyediakan mobil-mobil yang irit bahan bakar dan bisa memuat lebih banyak penumpang.

Pemasaran

Bisa dibilang ini yang menentukan jalannya bisnis rental Anda. Jika semua persiapan sudah siap, hal yang harus Anda lakukan berikutnya tantu saja memasarkan bisnis Anda. Lalau bagaimana memulai perencanaannya?

Pertama, Anda harus menetapkan harga sewa. Ini yang bagi banyak orang--terutama kalangan menengah kebawah--sangat menjadi perhatian mereka. Jika Anda sudah menetapkan tarif sewa Anda, adanya kebijakan sistem pembayaran yang fleksibel bisa jadi pilihan, seperti misalnya harga sewa menjadi lebih murah dengan menjadi member tetap, atau memberi discount setelah beberapa kali penyewaan, tarif khusus untuk hari-hari tertentu, harga lebih murah untuk penyewaan lebih lama, dll. Anda bebas berkreasi.

Kedua, tentukan target pasar Anda. Jangan sampai salah menetapkan target pasar Anda. Misalya Anda menargetkan kalangan atas, lalu Anda juga menyiapkan mobil-mobil kelas premium. Namun mungkin lokasi Anda berada di lingkungan pasar kelas menegah kebawah atau lebih banyak dilewati oleh orang-orang menengah kebawah. Atau juga mungkin tarif Anda lebih murah dari tarif pasaran. Ini bisa menimbulkan kecurigaan konsumen terhadap bisnis Anda, bahwa mereka nantinya tidak memperoleh pelayanan seperti yang mereka harapkan.

Ketiga, layanan jasa. Anda bisa memberikan layanan lebih, seperti misalnya menyediakan layanan sopir gratis jika menyewa selama satu minggu. Ini sangat menarik jika pelanggan Anda adalah kalangan para hobi wisata. Silahkan kreasikan promosi Anda :)

Hal terakhir adalah keamanan armada Anda. Sudah banyak kasus mengenai pencurian mobil rental yang diberitakan. Ini juga perlu menjadi perhatian Anda pastinya. Antisipasinya, Anda haru lebih teliti terhadap calon pelanggan Anda. Dan sebagai langkah antsipasi, sekarang ini sudah banyak perangkat yang dapat melacak keberadaan kendaraan kita melalui GPS. Anda bisa beli secara lebih mudah di link ini. Ada beberapa jenis perangkat GPS Tracker sesuai kebutuhan Anda dengan berbagai harga dan fitur.

Semoga berguna..
Artikel terkait : KIAT MEMULAI USAHA RENTAL MOBIL

Jika artikel ini menarik menurut Anda jangan lupa di share ya. Jangan lupa juga klik "G +"untuk artikel ini.

[ INGIN USAHA ANDA KAMI MUAT DI HALAMAN DIREKTORI PELAKU USAHA? SILAHKAN ISI FORM INI. GRATIS KOK ]

1 komentar: